Boladunia

7 Fakta Menarik Duel Italia vs Spanyol, Kekalahan Pertama Gli Azzurri

Italia mengalami kekalahan pertama sejak September 2018.

Rauhanda Riyantama

Bek Italia Leonardo Bonucci mendapat kartu merah usai menyikut Sergio Busquets di laga semifinal UEFA Nations League antara Italia vs Spanyol di Stadion San Siro, (6/10/2021). (MARCO BERTORELLO / POOL / AFP)
Bek Italia Leonardo Bonucci mendapat kartu merah usai menyikut Sergio Busquets di laga semifinal UEFA Nations League antara Italia vs Spanyol di Stadion San Siro, (6/10/2021). (MARCO BERTORELLO / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Spanyol sukses menang lawan Timnas Italia 2-1 pada semifinal UEFA Nations League 2021 di San Siro, Kamis (7/10/2021). Berkat hasil tersebut, La Furia Roja lolos ke partai puncak. 

Dalam pertandingan tersebut, timnas Spanyol asuhan Luis Enrique tampil dominan. Mereka bahkan sudah mencetak dua gol saat jeda turun minum.

Italia makin kesulitan mengejar ketertinggalan setelah bermain dengan 10 orang pasca Leonard Bonucci diganjar kartu kuning kedua pada menit ke-42 atau sebelum Torres mencetak brace jelang jeda.

Sementara itu, gol semata wayang Gli Azzurri dicetak oleh Lorenzo Pellegrini di babak kedua, tepatnya pada menit ke-83.

Kekalahan atas Spanyol tak hanya membuat Italia gagal mewujudkan ambisi untuk mengawinkan trofi Euro 2020 dengan UEFA Nations League tahun ini.

Merujuk data Opta, terdapat beberapa rekor buruk yang harus diukir Gli Azzurri --julukan timnas Spanyol-- pasca kekalahan dari La Furia Roja.

Hasil ini membuat laju tak terkalahkan timnas Italia di semua kompetisi berhenti di angka 37. Sebelum pertandingan ini, kekalahan terakhir timnas Italia terjadi pada 10 September 2018 oleh Portugal.

Selain itu, kekalahan ini juga membuat timnas Italia untuk pertama kalinya kebobolan lebih dari satu gol dalam satu pertandingan sejak takluk 1-3 dari Prancis pada Juni 2018.

Berikut 7 fakta menarik usai laga Italia vs Spanyol berakhir 1-2 dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Timnas Italia akhirnya kalah juga setelah 37 pertandingan beruntun tak terkalahkan di semua kompetisi.
  2. Gli Azzurri untuk pertama kalinya kebobolan lebih dari satu gol dalam satu pertandingan sejak takluk 1-3 dari Prancis pada Juni 2018.
  3. Untuk kedua kalinya timnas Italia kalah penguasaan bola (29,8 persen) dari lawan sejak ditangani Roberto Mancini. Laga pertama adalah saat mereka menghadapi Spanyol di semifinal Euro 2020 (25,2 persen).
  4. Timnas Spanyol untuk pertama kalinya berhasil mencetak lebih dari satu gol saat menghadapi Italia di kandangnya sejak November 1998 dalam laga persahabatan (2-2).
  5. Ferran Torres telah mencetak enam gol hanya dari tujuh tembakan tepat sasaran untuk timnas Spanyol di semua kompetisi.
  6. Timnas Italia untuk pertama kalinya kalah di laga kandang kompetitif sejak 8 September 1999.
  7. Sejak 1 September 2020, Ferran Torres telah mencetak 10 gol untuk Spanyol hanya dalam 20 pertandingan. Dua kali lipat dari pemain manapun dalam periode tersebut, termasuk Alvaro Morata yang cuma mengemas 5 gol.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini