Boladunia

7 Pemain yang Kariernya Redup di Tangan Mikel Arteta

Tujuh pemain ini disia-siakan Mikel Arteta.

Rauhanda Riyantama

Gelandang Arsenal, Mesut Ozil (Ian Kington/AFP)
Gelandang Arsenal, Mesut Ozil (Ian Kington/AFP)

Bolatimes.com - Sejak Mikel Arteta menangani Arsenal, entah berapa banyak pemain yang keluar dari Emirates Stadium baik secara permanen ataupun dengan status pinjaman.

Lebih dari 1,5 tahun sudah Arteta menukangi Arsenal mengambil alih posisi Unai Emery yang dipecat pada November 2019 lalu.

Sejak saat itu, Arteta melakukan revolusi besar-besaran yang berimbas pada nasib para pemain Arsenal. Alhasil banyak pemain yang memilih hengkang atau bahkan dipinjamkan.

Perginya para pemain ini didasari banyak alasan. Entah itu performanya yang menurun, tak masuk dalam skema Arteta, hingga butuh adanya penyegaran di setiap lini.

Bukan berarti Arteta salah sepenuhnya. Dalam sebuah revolusi atau Rebuild tim memang dibutuhkan tumbal untuk memperlancar proses membangun ulang tim tersebut.

Sayangnya, para pemain yang jadi tumbal Arteta ini kebanyakan para pemain top yang masih punya sentuhan emas atau masa depan cerah.

Lantas, siapa saja para pemain yang kariernya meredup di tangan Mikel Arteta?

1. Mesut Ozil

Tak ada yang meragukan kualitas Mesut Ozil sebagai playmaker. Sayangnya, karena sebuah alasan tertentu pemain berkebangsaan Turki jarang dimainkan hingga tak dimasukkan Arteta ke dalam skuadnya. Hingga akhirnya eks Real Madrid itu pun dilego ke Fenerbahce.

2. Willian

Willian merupakan salah satu pemain yang meroket bersama Chelsea. Di musim panas 2020, Arsenal mendapat tanda tangannya secara gratis. Sayangnya, bersama Arsenal pria asal Brasil ini tak menunjukkan performa impresif hingga akhirnya rela memutus kontraknya dan kembali ke Brasil.

3. Matteo Guendouzi

Matteo Guendouzi masih berusia muda, cocok dengan misi Arteta melakukan penyegaran tim. Namun pada akhirnya ia tak masuk skema Arsenal dan Arteta yang kemudian membuatnya dipinjamkan dan akan dilepas permanen pada musim depan.

4. William Saliba

Jika bertanya pada fans Arsenal, hampir seluruhnya menolak ide Arteta yang meminjamkan William Saliba. Pasalnya, pemain asal Prancis ini dianggap penting dan memiliki kualitas lebih dibanding bek senior The Gunners lainnya. Namun apa daya, kini Saliba harus menjalani masa peminjaman dan bahkan tak masuk skuat Meriam London musim lalu.

5. Hector Bellerin

Sebelum Arteta tiba, Hector Bellerin merupakan pilihan utama Arsenal di pos bek kanan. Namun kedatangan kompatriotnya tersebut membuat Bellerin kehilangan tempat. Alhasil kini ia harus menerima dirinya dipinjamkan ke Real Betis.

6. Lucas Torreira

Lucas Torreira menjadi salah satu gelandang andalan Arsenal di masa Unai Emery. Ia pun tampil baik di musim perdananya. Namun ketika Arteta tiba, ia harus rela menjadi bagian kesepakatan transfer Thomas Partey hingga akhirnya ia dipinjamkan dan terbuang kembali musim ini ke Fiorentina.

7. Gabriel Martinelli

Sejatinya Gabriel Martinelli tampil cukup apik bersama Arteta. Sayangnya cedera membuatnya harus kehilangan tempat. Kini saat sudah pulih, ia harus bersaing dengan para pemain top lainnya di posisinya. Dengan usia yang masih muda, ia masih bisa berkembang apalagi jika mampu mengikuti kemauan Arteta.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini