Peraturan Permainan Sepak Bola yang Perlu Diketahui, Ada 10 Hal Pokok

Sepak bola memiliki peraturan untuk mengatur jalannya pertandingan. Berikut peraturan permainan sepak bola yang perlu diketahui

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 29 September 2021 | 14:37 WIB
Ilustrasi sepak bola. (Shutterstock)

Ilustrasi sepak bola. (Shutterstock)

Bolatimes.com - Peraturan permainan sepak bola yang perlu diketahui. Sebagai suatu permainan, sepak bola memiliki sederet aturan untuk membuat permainan berlangsung dengan adil dan tak memberatkan suatu pihak.

Saat ini, banyak aturan yang tercipta dalam sepak bola. Sebagai contoh ada aturan Offside, Handball, durasi permainan, hingga ukuran lapangan yang digunakan untuk permainan.

Peraturan permainan dalam sepak bola ini diatur dalam sebuah dokumen berjudul ‘FIFA Laws of the Game’ yang wajib dipatuhi oleh negara-negara yang berstatus anggota FIFA.

Baca Juga: Pengertian Formasi Sepak Bola, Sejarah dan Asal Usulnya

Peraturan dasar sepak bola atau Laws of the Game sendiri pertama kali digagas oleh Ebenezer Cobb Morley yang kemudian dianggap bapak sepak bola modern.

Aturan ini pertama kali disebarkan lewat media massa yakni koran kepada masyarakat pada tahun 1863. Tujuan aturan ini disebarkan agar para klub amatir sepakat dengan satu aturan dalam permainan.

Selain itu, Morley mengajak seluruh perwakilan klub untuk membahas dan menentukan aturan dalam sepak bola. Aturan pertama yang dikenal yakni perihal offside.

Baca Juga: Mantap Nyapres, Manny Pacquiao: Tinju Sudah Berakhir

Peraturan itu pun bukanlah karangan Morley sendiri. Ia menciptakannya berdasarkan pengamatannya terhadap suatu pertandingan yang ia tonton kala itu yang mana memiliki aturan khusus saat bertanding pada tahun 1848.

Hingga akhirnya aturan gagasan Morley yang ditetapkan dalam pertemuan itu lahir dan masih diterapkan hingga saat ini seperti jersey klub, wasit, perlengkapan pemain, durasi, pelanggaran, bola masuk atau keluar permainan dan perhitungan skor.

Seiring berkembangnya waktu, muncul  peraturan lainnya seperti tendangan penalti, penggunaan kartu kuning dan merah, pergantian pemain hingga soal Back Pass (atau umpan ke arah kiper).

Baca Juga: Link Live Streaming Bhayangkara FC vs Persik Kediri, Kick-off 20.30 WIB

FIFA Laws of the Game

Dalam dokumen ‘FIFA Laws of the Game’ sepak bola memiliki beberapa aturan pokok di dalamnya yang mengatur permainan dalam sepak bola itu sendiri. Pokok-pokok tersebut antara lain:

1. Ukuran Lapangan seperti panjang lapangan, dimensi garis-gari lapangan dan panjang serta tinggi tiang gawang.
2. Pemain
3. Durasi Permainan
4. Aturan Permainan seperti Kick Off, Offside, Lemparan ke Dalam, Tendangan Gawang, dan Penalti.
5. Perlengkapan pemain seperti Jersey, celana, kaus kaki, pelindung tulang kering, dan sepatu.
6. Bola seperti ukuran, berat bola serta tekanan udara di dalam bola.
7. Wasit sebagai pengadil yang ditemani oleh asisten wasit dan dua hakim garis.
8. Tendangan Bebas sebagai aturan yang memberikan keuntungan bagi suatu saat mendapat pelanggaran atau saat suatu tim melakukan pelanggaran.
9. Tendangan Penalti yang diberikan saat suatu tim melakukan pelanggaran di kotaknya sendiri. Di dalamnya juga dibahas mengenai jarak tendangan penalti yakni 11 meter dengan aturan kiper tak bola bergerak melewati garis dan pemain selain algojo tak boleh masuk ke kotak sebelum bola ditendang.
10. Pergantian Pemain yang mengatur jumlah pergantian yakni maksimal 3 kali. Namun aturan ini tak berlaku untuk laga persahabatan ataupun dalam keadaan kahar.

Baca Juga: Link Live Streaming PSS Sleman vs Persebaya Surabaya, Kick-off 20.45 WIB

Itulah sederet aturan pokok dalam sepak bola yang termaktub dalam ‘FIFA Laws of the Game’ yang kemudian harus dipatuhi dan diterapkan oleh negara-negara anggota FIFA lainnya.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak