Boladunia

5 Bintang Masa Lalu Arsenal yang Masih Aktif Bermain sampai Sekarang

Meski sudah berusia senja, ternyata bintang masa lalu Arsenal ini masih aktif bermain.

Rauhanda Riyantama

Alex Song saat masih memperkuat Arsenal. (GLYN KIRK / AFP)
Alex Song saat masih memperkuat Arsenal. (GLYN KIRK / AFP)

Bolatimes.com - Awal era 2000-an memang menjadi salah satu momen terbaik yang pernah dirasakan oleh Arsenal. Saat itu, mereka sempat diperkuat beberapa nama pemain bintang.

Pada era itu, Arsenal menjadi salah satu kontestan di Liga Inggris yang mampu mematahkan dominasi Manchester United di bawah dinasti Sir Alex Ferguson.

Saat itu, Arsenal memiliki sederet pemain bintang, baik yang dipromosikan dari akademi maupun ditransfer dari klub lain.

Bahkan, sampai saat ini pemain-pemain itu masih aktif berkarier sebagai pemain, meski memang tak bermain di kompetisi level tertinggi.

Dari sejumlah pemain yang pernah memperkuat Arsenal di era 2000-an, berikut Bolatimes.com menyajikan nama-nama yang masih aktif bermain sampai saat ini.

1. Gael Clichy

Sebagian besar karier Gael Clichy memang dihabiskan dengan berkostum Arsenal. Bek kiri asal Prancis ini telah bermain bersama The Gunners sejak tahun 2003.

Sejumlah kesuksesan pernah diraih Clichy, seperti meraih gelar Liga Inggris 2003/2004 dan Piala FA pada 2005.

Kemudian, pada tahun 2011, dia memutuskan untuk mencari tantangan baru bersama Manchester City. Bersama The Citizens, kariernya berlangsung cukup lama.

Yang terakhir, setelah sempat berstatus tanpa klub usai kontraknya bersama Basaksehir berakhir, Clichy tercatat sebagai pemain Liga Swiss, Servette FC.

2. Alex Song

Pemain yang memiliki nama lengkap Alexandre Dimitri Song Billong ini sempat enam tahun memperkuat The Gunners.

Saat itu, pemain berkebangsaan Kamerun ini telah mencatatkan 205 penampilan bersama Arsenal. Namun, pada tahun 2012 dia memilih bergabung dengan Barcelona.

Sayangnya, gelandang tangguh ini justru tak mendapatkan sinarnya ketika pindah ke kompetisi sepak bola Negeri Matador.

Dia justru menghabiskan banyak waktunya untuk menjalani masa peminjaman bersama West Ham United.

Yang terakhir, pemain berusia 34 tahun ini tercatat sebagai anggota tim AS Arta Solar7 sejak November 2020.

3. Sebastian Larsson

Gelandang asal Swedia, Sebastian Larsson, sempat menimba ilmu bersama tim junior Arsenal setelah pindah dari Eskilstuna.

Setelah tiga tahun bermain di tim U-18, Sebastian Larsson sempat promosi ke tim utama pada pertengahan tahun 2004.

Namun, ia akhirnya dilepas ke Birmingham pada 2006. Setelah itu, dia berpindah-pindah untuk memperkuat Sunderland, hingga Hull City.

Yang terakhir, pemain berusia 36 tahun ini kembali ke negara asalnya untuk bermain bersama AIK.

4. Fran Merida

Arsenal pernah merekrut pemain alumni akademi Barcelona, atau La Masia, pada tahun 2005. Sosok pemain yang saat itu diangkut ialah Fran Merida.

Namun, Fran Merida hanya mampu mencatatkan 17 penampilan untuk The Gunners, sebelum akhirnya dijual ke Atletico Madrid.

Selain Atletico Madrid, Fran Merida sempat tercatat sebagai pemain SC Braga, Hercules CF, Atletico Paranaense, SD Huesca, hingga Osasuna.

Yang terakhir, gelandang berusia 31 tahun ini tercatat sebagai pemain Espanyol. Dia bergabung sejak 19 Agustus 2020 dan kontraknya akan berakhir pertengahan tahun 2022.

5. Jay Bothroyd

Salah satu pemain yang sukses menjuarai FA Youth Cup 2000 bersama Arsenal dan masih aktif bermain sampai saat ini ialah Jay Bothroyd.

Sayangnya, Bothroyd justru tak pernah mendapat kepercayaan untuk tampil bersama tim utama Arsenal hingga akhirnya dijual ke Coventry dengan harga 1,3 juta pounds.

Saat ini, di usianya yang telah mencapai 39, Bothroyd masih aktif bermain di Jepang bersama Hokkaido Consadole Sapporo.

Sebelumnya, dia pernah tercatat bermain bersama klub Liga Inggris seperti Blackburn Rovers, Charlton Athletic, Wolverhampton, Stoke City, Cardiff City, Queens Park Rangers, hingga Sheffield United.

Setelah itu, pemain yang berposisi sebagai penyerang ini sempat bergeser ke Liga Thailand untuk memperkuat Muangthong United.

Lalu, ia memutuskan untuk berkiprah di kompetisi sepak bola Jepang mulai tahun 2015 saat bermain bersama Jubilo Iwata.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini