5 Pesepak Bola Hebat Brasil yang Pulang Kampung Bermain di Negara Sendiri

David Luiz, Hulk, hingga Willian memutuskan pulang kampung setelah berkelana di Eropa

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 27 September 2021 | 18:42 WIB
David Luiz tampil bersama Arsenal saat menghadapi Burnley. [DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP]

David Luiz tampil bersama Arsenal saat menghadapi Burnley. [DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP]

Bolatimes.com - Tak dimungkiri, Brasil merupakan salah satu negara penghasil pelakon sepak bola di dunia. Tak sedikit para warga negara mereka yang berkarier di pelbagai belahan dunia.

Ada yang sukses, ada pula yang tidak. Namun buat mereka yang sukses, di Eropa, katakalah, biasanya akan pulang ke Brasil untuk membela salah satu klub di tanah kelahiran mereka.

Berikut Bolatimes rangkum, 5 pemain top dari Brasil yang kini mentas di liga domestik usai berpetualang di Benua Biru:

Baca Juga: Beda Grup dengan Indonesia di Piala AFF 2020, Ini Reaksi Pelatih Filipina

1. Joao Miranda

Bek senior Inter Milan, Joao Miranda saat menghadapi Cagliari di lanjutan Serie A musim 2018/2019. (MIGUEL MEDINA / AFP)
Bek senior Inter Milan, Joao Miranda saat menghadapi Cagliari di lanjutan Serie A musim 2018/2019. (MIGUEL MEDINA / AFP)

Miranda dikenal sebagai pemain Inter Milan dan Atletico Madrid. Selama 11 musim, dia sudah membela kedua tim itu dengan sederet prestasi.

Rinciannya: 5 gelar domestik diraih Miranda bersama Atletico di mana satu di antaranya adalah La Liga musim 2013/14. Di Inter, memang dia tak meraih gelar tapi nyaris bermain reguler.

Baca Juga: Digoda Greysia Polii, Ini Reaksi Kocak Pebulu Tangkis Korea Selatan

Usia senja kemudian membuatnya berpindah klub. Pada 2019 lalu, Miranda pindah ke Jiangsung Suninhg di Liga China. Namun, karena klub tersebut bubar, Miranda memilih pulang ke kampung halamannya untuk bermain bersama Sao Paulo di usia 37 tahun.

2. Hulk

Pemain Shanghai SIPG, Hulk. (HECTOR RETAMAL / AFP)
Pemain Shanghai SIPG, Hulk. (HECTOR RETAMAL / AFP)

Awal 2021, Hulk memutuskan untuk pulang ke Brasil. Sebelumnya ia membela Shanghai SIPG selama 4 musim. 

Baca Juga: 5 Pesepak Bola yang Pernah Hina Cristiano Ronaldo, Ada Legenda Juventus

Sebelum ke Liga China, pemain bernama lengkap Givanildo Vieira de Sousa, ini juga sempat mentas di Eropa. Dua klub sempat ia bela selama 8 musim yakni FC Porto dan Zenit Petersburg.

Selama berkarier di Eropa, Hulk sudah mencetak lebih dari 150 gol. Ia juga sudah menyumbang 14 trofi buat kedia tim yang disebutkan sebelumnya. 

Terkini, Hulk bermain untuk Atletico Minero dan mengingat usianya sudah 35 tahun, besar kemungkinan ia akan tetap di Brasil.

Baca Juga: Kisah Samir Nasri, Pesepak Bola Kariernya Hancur karena Doping

3. Diego Costa

Diego Costa merayakan golnya ke gawang Real Madrid (Twitter)
Diego Costa merayakan golnya ke gawang Real Madrid (Twitter)

Costa adalah pemain yang lahir di Brasil. Namun, untuk urusan kewarganegaraan dan tim nasional, dirinya memilih Spanyol.

Menariknya, Costa kini bermain di Brasil untuk Atletico Minero. Ini merupakan kali pertama ia bermain untuk klub di tanah kelahirannya sejak dia berkarier sebagai pesepak bola.

Costa adalah penyerang yang cukup berprestasi. Sebelum mudik ke Brasil, ia pernah memperkuat Atletico Madrid dan Chelsea dengan total meraih 10 trofi jika dijumlahkan saat membela keduanya.

4. David Luiz

David Luiz tampil bersama Arsenal saat menghadapi Burnley. [DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP]
David Luiz tampil bersama Arsenal saat menghadapi Burnley. [DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP]

Luiz sudah malang melintang di sepak bola Eropa. Sejumlah klub dengan nama besar pernah ia bela dan membawa juara.

Namun pada 2019 lalu, Luiz memilih pulang ke Brasil untuk bergabung dengan Flamengo. Hal itu lantaran kontraknya tak diperpanjang oleh Arsenal yang merupakan tim terakhir yang dia bela.

Luiz tak hanya bermain di Arsenal. Chelsea, Benfica, Paris Saint Germain adalah klub-klub yang pernah ia bela selama di Benua Biru.

5. Willian

Willian saat merayakan golnya bersama Arsenal. (Richard Heathcote / POOL / AFP)
Willian saat merayakan golnya bersama Arsenal. (Richard Heathcote / POOL / AFP)

Sama seperti Luiz, Willian juga menyudahi kariernya di Eropa bersama Arsenal. Hanya, di klub gang disebutkan barusan, Willian dianggap tak banyak memberikan kontribusi.

Namun, Willian bukan tak bersinar di Eropa. Sebelum di Arsenal, pemain 33 tahun ini sukses di Chelsea dengan menggamit 5 trofi selama 7 musim.

Terkini, Willian bermain untuk Corinthians. Adapun, klub ini adalah klub pertamanya dulu saat menjadi pesepak bola.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak