Boladunia

Kisah Henrik Larsson, Raih Gelar Liga Inggris Bareng MU Hanya dalam 2 Bulan

Henrik Larsson didatangkan Manchester United pada 2007.

Rauhanda Riyantama

Henrik Larsson saat bermain di Manchester United. (ANDREW YATES / AFP)
Henrik Larsson saat bermain di Manchester United. (ANDREW YATES / AFP)

Bolatimes.com - Henrik Larsson bisa dibilang adalah salah satu pemain sepak bola yang beruntung. Ketika usianya sudah menginjak 35 tahun pada Januari 2007, dia dapat kesempatan bermain di Manchester United.

Bisa membela tim sekaliber The Red Devils di usia yang cukup senja dan ada di ujung kaier merupakan berkah buat Larsson. Terlebih, Sir Alex Ferguson yang saat itu masih melatih pernah menyebut tak akan merekrut pemain tua.

Sir Alex memang pernah merekrut pemain di usia senja pada 2001, yaitu Laurent Blanc, yang saat itu berusia 35 tahun.

Setelah itu, Sir Alex pernah berikrar tak akan merekrut pemain tua lagi karena dinilai tak akan bertahan dalam jangka waktu lama. Contohnya Blanc, dia cuma dua musim di Old Trafford lalu pensiun di 2003.

Anomali lantas terjadi di Januari 2007 ketika Manchester United meminjam Henrik Larsson dari tim asal Swedia, Helsingborg.

Uniknya, Larsson dipinjam dengan durasi sangat singkat, yaitu 10 minggu atau dua bulan saja. Saat itu, Man United sebetulnya punya banyak striker seperti Wayne Rooney, Alan Smith, Louis Saha, dan Ole Gunnar Solskjaer.

Namun, Saha dan Smith saat itu sering diterpa cedera, sementara Solskjaer yang saat itu berusia 33 tahun akan segera menyatakan pensiun.

Alhasil, Sir Alex hanya bisa mengandalkan Rooney di lini depan. Hadirnya Larsson diharapkan bisa menambal lini serang Man United.

Keputusan Sir Alex terbilang berhasil. Larsson membuktikan diri masih bisa memberi kontribusi selama 10 minggu masa baktinya.

Mantan bintang Celtic itu bermain 7 kali di Premier League, 4 kali di FA Cup, dan 2 kali di Liga Champions dengan mencetak 3 gol. Performa itu membuat Manchester United sempat ingin memperpanjang kontraknya.

Akan tetapi, Henrik Larsson menolak untuk memperpanjang kontraknya di sana dan kembali ke Helsingborg yang berjasa membesarkan namanya .

Larsson akhirnya meninggalkan Man United pada Maret 2007. Dua bulan setelah dia pergi, Manchester United mampu menjadi kampiun Premier League 2006/07.

Meski Larsson tidak memenuhi syarat bermain minimal 10 kali untuk bisa tercatat meraih gelar Premier League, dia mendapat dispensasi dari Premier League setelah Man United meminta tambahan dua medali untuk Henrik Larsson dan Alan Smith.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini