Boladunia

6 Pertandingan Sepak Bola Dibubarkan Mendadak, Termasuk Gegara Bom Palsu

Teranyar laga Brasil vs Argentina.

Husna Rahmayunita

Lionel Messi dalam laga Argentina vs Brasil Kualifikasi Piala Dunia 2022. (AFP/Nelson Almeida)
Lionel Messi dalam laga Argentina vs Brasil Kualifikasi Piala Dunia 2022. (AFP/Nelson Almeida)

Bolatimes.com - Baru-baru ini, pertandingan sepak bola Timnas Brasil vs Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL terpaksa dihentikan. Alasannya, tiga penggawa Argentina memberikan keterangan palsu terkait COVID-19.

Pemerintah Kesehatan Brasil seketika turun tangan dan menghentikan permainan kendati baru berjalan 6 menit. Nah, selain pertandingan di atas, Bolatimes merangkum pertandingan yang dibubarkan mendadak.

Selengkapnya, berikut 6 pertandingan sepak bola yang dibubarkan mendadak beserta alasannya.

1.  Pelanggaran prokes

Pertandingan Timnas Brasil vs Argentina dalam gelaran Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL disetop oleh Badan Pengawasan Kesehatan Nasional Brasil (Anvisa). 

Pemain Brasil Neymar (kiri) dan pemain Argentina Lionel Messi berbicara sebelum pertandingan sepak bola kualifikasi Amerika Selatan mereka untuk Piala Dunia 2022 di Neo Quimica Arena, juga dikenal sebagai Corinthians Arena, di Sao Paulo, Brasil, pada 5 September 2021. (AFP/Nelson Almaida)
Pemain Brasil Neymar (kiri) dan pemain Argentina Lionel Messi berbicara sebelum pertandingan sepak bola kualifikasi Amerika Selatan mereka untuk Piala Dunia 2022 di Neo Quimica Arena, juga dikenal sebagai Corinthians Arena, di Sao Paulo, Brasil, pada 5 September 2021. (AFP/Nelson Almaida)

Anvisa menghentikan pertandingan di Neo Quimica Arena, Senin (6/9/2021) dini hari WIB. Padahal saat itu, laga dua tim besar Amerika Selatan baru berlangsung enam menit.

Menurut Anvisa, empat pemain Argentina yakni Cristian Romero, Giovani Lo Celso, Emiliano Martinez, dan satu pemain cadangan Emiliano Buendia melanggar aturan kesehatan Brasil.

Keempatnya dinilai tak menjalani karantina padahal mereka terbang dari Inggris karena membela tim Premier League hingga dijemput petugas keamanan.

2. Wabah Flu

Pada naskah pertama ini, kejadian mungkin tak jauh berbeda dengan laga Brasil vs Argentina yang terhenti karena wabah corona. Pada 1996, wabah flu sempat menghentikan laga Middlesbrough vs Blackburn.

Para penggawa Middlesbrough terpaksa tak bisa turun gelanggang lantaran 23 pemain mereka terinfeksi flu. Panitia pelaksana kemudian menghentikan pertandingan untuk ditundak keesokan harinya.

Blackburn yang tak terima meminta mereka menang WO. Tapi, keputusan akhir menelurkan bahwa Boro, julukan Middlesbrough, mendapat pengurangan 3 poin dan denda 50 ribu pound.

3. Gerhana Matahari

Fenomena alam yakni gerhana matahari sempat membuat salah satu laga yakni Torquay vs Poursmouth ditunda. Kejadian ini jatuh pada 11 Agustus 1999.

Uniknya, kepolisian setempat meminta pertandingan ditunda. Alasannya cukup nyeleneh, karena tak jauh dari stadion Torquay, masyarakat setempat ingin menyaksikan gerhana matahari ketimbang sepak bola dan kepolisian harus menjaga lokasi nobar gerhana matahari tersebut.

4. Tiang Gawang Belum Terpasang

Ini jadi kejadian unik selanjutnya. Salah satu liga amatir di Inggris, Teighmount vs Crediton United harus batal mendadak karena tak ada tiang gawang.

Penyebabnya begini. Teighmount selaku tuan rumah mengalami keterlambatan distribusi tiang gawang. Alhasil laga tak bisa berjalan.

Oleh sang tuan rumah, laga diminta ditunda. Sang lawan juga mengamini dan pertandingan kemudian dilanjutkan beberapa hari setelahnya.

5. Gegara Panggung Konser Madonna yang Ambruk

Pada 2009, diva dunia, Madonna, dijadwalkan manggung di Marseille, Prancis, tepatnya di stadion Veldrome. Nahas, di waktu persiapan, panggung yang disiapkan ambruk dan menewaskan 2 pekerja konstruksi.

Alhasil, laga-laga Marseille dan event yang sudah dijadwalkan ditunda. Untuk sepak bola, Marseille terpaksa mengungsi selama 2 bulan dan pengelola kompetisi juga merevisi sejumlah jadwal.

6. Ancaman Bom Palsu

Pekan terakhir Premier League mempertemukan Man United vs Bournemouth di Old Trafford. Hanya, jelang pertandingan ada insiden yang memantik perhatian.

Adalah bingkisan yang ditemukan di sebuah toilet di dalam stadion. Kuat dugaan isi dari bingkisian itu adalah bom.

Sebab, tak biasanya para petugas televisi yang menayangkan pre-match show di laman parkiran. Ini jadi tanda-tanda insiden besar akan terjadi.

Alih-alih bom, bingkisian itu berisikan alat peraga. Alhasil, dalam 24 tahun, ini adalah kali pertama laga di Old Trafford para pendukung dibubarkan.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini