Boladunia

Kisah Del Piero Tolak Mentah-mentah Pinangan Sir Alex Ferguson

Del Piero menolak pinangan Sir Alex Ferguson untuk pindah ke Manchester United.

Husna Rahmayunita

Alessandro Del Piero (Dok. weloba.com/Galih)
Alessandro Del Piero (Dok. weloba.com/Galih)

Bolatimes.com - Alessandro Del Piero adalah salah satu pemain bintang yang jadi incaran banyak klub besar di masa jayanya. Salah satunya datang dari Manchester United di era Sir Alex Ferguson.

Dalam perjalanan kariernya, Juventus menjadi entitas yang tak bisa dipisahkan dari Del Piero. Dari 1993 hingga 2012, sudah banyak gelar kolektif dan prestasi individu yang diraih pemain asal Italia tersebut.

Ketajaman Del Piero di lini depan pernah membuat Sir Alex Ferguson kepincut untuk memboyongnya ke Old Trafford. Bahkan, Fergie--begitu Sir Alex--biasa disapa, meminta langsung Del Piero bergabung.

Momen itu terjadi ketika Juventus tersangkut masalah calciopoli pada 2006 yang membuat Bianconeri harus turun kasta ke Serie B.

Saat itu memang cukup banyak pemain penting Juventus yang memilih hengkang, ambil contoh Fabio Cannavaro yang pindah ke Real Madrid.

Namun, Del Piero merupakan salah satu pemain yang tetap setia membela 'Si Nyonya Tua' meski turun kasta.

del piero/instagram
del piero/instagram

Del Piero menolak pinangan Sir Alex Ferguson untuk pindah ke Manchester United. Alasannya, Del Piero tak ingin menjadi pengecut dengan meninggalkan klub yang membesarkan namanya ketika sedang terpuruk.

"Jadi saya menghubungi perwakilan Juve, dan agen anak itu (Del Piero). Dia menolak bahkan sebelum mendengarkan proposal saya, mengatakan kepada saya bahwa Juve adalah tempat terbaik untuknya dan, meskipun dia menghormati Man United, dia tidak akan pernah bisa mengkhianati warna hitam dan putih," ujar Sir Alex kepada Tribuna.

Keputusan Del Piero untuk bertahan di Juventus terbayar tuntas ketika mereka berhasil promosi lagi ke Serie A pada musim 2007/08 atau hanya satu musim di Serie B.

"Pada tahun 2008, saya melihatnya lagi dan dia menyapa saya dengan pelukan. Dia meminta maaf karena menolak tawaran saya. Saya meletakkan tangan saya di bahunya dan meyakinkannya kembali, 'Anda ingin menyelamatkan Juventus, dan Anda berhasil'," kenang Fergie.

Pada 2018 silam, Alessandro Del Piero sendiri sudah mengonfirmasi bahwa dirinya sempat hampir bergabung dengan Manchester United di era Sir Alex Ferguson.

"Ya, Ferguson pernah menawari saya kemungkinan untuk bisa bekerja sama. Namun, pada akhirnya hal itu tidak pernah terjadi," kata Del Piero kepada MUTV.

Del Piero tercatat bergabung ke Juventus pada 1993. Dia menorehkan lebih dari 700 pertandingan di lintas ajang dengan koleksi 290 gol dan 91 assist.

Setelah hengkang dari Juventus pada 2012, Alessandro Del Piero bermain di Liga Australia bersama Sydney FC dan Delhi Dynamos di Liga India. Del Piero memutuskan pensiun pada Oktober 2015.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini