Boladunia

Demba Ba Pensiun, Gol Ikoniknya saat Steven Gerrard Terpeleset Jadi Sorotan

Demba Ba sukses memanfaatkan blunder fatal Gerrard.

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto

Demba Ba dan Steven Gerrard. (ANDREW YATES / AFP)
Demba Ba dan Steven Gerrard. (ANDREW YATES / AFP)

Bolatimes.com - Mantan striker Chelsea dan Timnas Senegal, Demba Ba, resmi memutuskan pensiun. Bersamaan dengan itu, gol ikonik Ba saat memanfaatkan blunder Steven Gerrard kembali jadi sorotan.

Melalui akun Twitter @dembabafoot, pria berusia 36 tahun ini memutuskan untuk gantung sepatu. Demba Ba mengucapkan rasa terima kasih kepada banyak pihak yang telah hadir dalam karier profesionalnya.

"Dengan hati yang dipenuhi rasa syukur, saya mengumumkan akhir karier bermain saya," buka Demba Ba.

"Saya ingin ucapkan terima kasih kepada semua orang yang pernah bertemu dengan saya dan membatu saya tumbuh, setiap klub dan manajer telah memberi saya kesempatan, para penggemar atas dukungannya dan keluarga serta teman-teman atas cinta tanpa syarat mereka. Dari lubuk hati saya, terima kasih," pungkasnya.

Bersamaan dengan pensiunnya Demba Ba, momen gol ikoniknya ke gawang Liverpool yang memanfaatkan blunder Gerrard terpeleset kemudian kembali jadi sorotan.

Gol Demba Ba tersebut memang ikonik serta membekas di ingatan para pecinta sepak bola, khususnya Liga Ingggris. Sebab, gol Ba membuat Liverpool gagal meraih juara di Liga Inggris musim 2013/2014.

Momen gol ikonik Ba ini terjadi pada 27 April 2014 di Anfield. Kala itu, Liverpool bertengger di puncak klasemen sementara Liga Inggris dan punya kans besar untuk meriah trofi karena kompetisi menyisakan tiga pertandingan lagi.

Akan tetapi, asa The Reds untuk puasa gelar saat itu buyar karena blunder fatal sang kapten, Gerrard. Di menit-menit akhir babak pertama, Gerrard diberi umpan mudah oleh Mamadou Sakho di area sendiri.

Dewi fortuna seperti tak memihak ke Liverpool karena secara mengejutkan Gerrard gagal mengontrol bola dengan sempurana. Bola yang lepas kemudian diserobot Demba Ba dan berhasil berhadapan langsung dengan Simon Mignolet.

Demba Ba tak menyia-nyiakan peluang emas dan menghukum Liverpool atas kesalahan Gerrard. Dia mencetak gol pembuka di laga itu yang membuat fokus pemain Liverpool buyar.

Meski Liverpool terus menyerang dalam laga itu, tapi mereka tak bisa menembus pertahanan Chelsea. Bahkan, Willian menggandakan keunggulan Chelsea hingga membuat Liverpool yang masih ditangani Brendan Rodgers harus gigit jari.

Pada akhir kompetisi, Liverpool yang sebelumnya punya kans besar untuk menjadi juara malah gagal. Sebab, mereka disalip oleh Manchester City yang akhirnya unggul dua poin dari skuat The Reds.

Berkat kegagalan Liverpool merengkuh trofi juara Liga Inggris tersebut, gol Demba Ba yang memanfaatkan Gerrard terpeleset menjadi sangat ikonik dengan dirinya.

Berita Terkait

Berita Terkini