Boladunia

Roberto Carlos hingga Eto'o, 5 Pemain Top yang Pernah Gabung Anzhi

Anzhi Machachkala memiliki pesona tersendiri untuk memikat pemain-pemain top dunia

Irwan Febri Rialdi

Samuel Eto'o/Instagram
Samuel Eto'o/Instagram

Bolatimes.com - Ada masa ketika tim asal Rusia, Anzhi Makhachkala, menjadi atensi dunia karena mampu mendatangkan pemain-pemain bintang. Semua itu bisa dilakukan karena miliarder bernama Suleyman Kerimov membeli klub tersebut.

Suleyman membeli saham kepemilikan Anzhi pada 2011 dengan biaya fantastis: 9 juta USD atau setara Rp 165 triliun. Dengan dana segar berlimpah, Anzhi mampu memboyong sejumlah pemain bintang.

Setidaknya ada belasan pemain top Eropa yang diboyong Anzhi dari periode 2011 hingga 2013. Meski tidak sedikit dari pemain-pemain tersebut yang sudah tidak muda lagi.

Namun, semua berubah ketika terjadi pemotongan anggaran yang besar pada Agustus 2013. Anzhi kehilangan sebagian besar pemain kuncinya sehingga finis di posisi terakhir klasemen Liga Rusia 2013/14 dan terdegradasi.

Lantas, siapa saja pemain bintang yang pernah diboyong Anzhi dalam periode duit berlimpah mereka?

1. Roberto Carlos

Pemain label bintang yang datang ke Anzhi Makhachkala pertama adalah Roberto Carlos pada 2011. Dia didatangkan dengan cuma-cuma dari Corinthias, namun Anzhi memberinya gaji Rp 168 miliar selama dua tahun.

Namun, cuma satu musim Carlos bertahan di Anzhi dengan mencatatkan 28 penampilan dan mencetak 5 gol.

2. Samuel Eto'o

Ketika didatangkan pada 2011, Eto'o menjadi pemain dengan gaji tertinggi di dunia. Dia mendapat gaji 20 juta euro per musim. Mantan pemain Barcelona itu membayarnya dengan 36 gol dari 73 pertandingan.

3. Lassana Diarra

Awalnya Diarra hanya akan bergabung dengan status pinjaman ke Anzhi pada Agustus 2012, namun dia akhirnya pindah secara permanen. Diarra hanya bermain 28 kali, kemudian pindah pada musim 2013/14 ke Lokomotiv Moscow.

4.  Yuri Zhirkov

Anzhi Makhachkala memboyong Zhirkov dari Chelsea dengan mahar sekitar 13,2 juta poundsterling pada Agustus 2011. Awalnya dia dikontrak 4 tahun, namun Zhirkov akhirnya pindah ke Dynamo Moscow pada Agustus 2013.

Selama dua musim bersama Anzhi, pemain asal Rusia tersebut menorehkan 63 penampilan dengan 3 gol.

5. Willian

Bisa dibilang, Willian adalah pemain bintang yang ketika dibeli oleh Anzhi masih dalam usia emasnya. Pada Januari 2013, Anzhi merekrutnya dari Shakhtar Donetsk dengan biaya 35 juta euro yang saat itu menjadikanya pemain termahal Anzhi.

Kebersamaan Willian dengan Anzhi hanya sebentar, dia cuma mencetak 1 gol dari 17 penampilan. Di musim 2013/14, Chelsea lantas memboyongnya dengan harga 30 juta poundsterling.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini