Boladunia

Christine Sinclair, Pencetak Gol Terbanyak Timnas yang Ungguli Ronaldo

Christine Sinclair unggul 76 gol dari Ronaldo

Irwan Febri Rialdi

Christine Sinclair. (Twitter/@canadasocceren)
Christine Sinclair. (Twitter/@canadasocceren)

Bolatimes.com - Cristiano Ronaldo baru saja mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak di level internsional dengan torehan 111 gol. Namun demikian, bomber asal Timnas Portugal itu masih kalah mengilap ketimbang pencapaian Christine Sinclair.

Heroiknya, Sinclair adalah pesepak bola wanita. Pemain asal Kanada ini unggul jauh soal urusan gol dengan catatan 187 gol.

Saat Ronaldo mencatatkan diri sebagai pemecah rekor gol terbanyak, di saat itu pula bintang anyar Man United ini disandingkan dengan Sinclair. Bagaimana kisahnya?

Sinclair secara penampilan sudah lebih dulu masuk ke Timnas Wanita Kanada. Per 2000, wanita yang kini berusia 38 tahun itu sudah mencicipi atmosfer sepak bola internasional.

Menariknya, sebelum berkompetisi resmi di Vancouver Breakers yang notabene klub profesional pertamanya, Sinclair sudah dulu berbaju Timnas Wanita Kanada. Lebih istimewa lagi, saat menjalani tahun pertama untuk tim nasional negaranya, ia menorehkan 15 gol dari 18 pertandingan.

Tinta emas yang ditancapkan Sinclair terus berlanjut bersama Timnas Wanita Kanada. Negaranya bahkan memberikan penghargaan sebagai ikon sepak bola Kanada.

Sejatinya, pesepak bola dari Kanada juga punya nama Alphonso Devies. Pemilik nama terakhir sukses besar bersama Bayern Muenchen di Jerman.

Namun, Devies tak segemilang Sinclair yang baru mencuat pada 2018 bersama Die Roten. Sinclair bahkan jadi pesepak bola wanita satu-satunya (mungkin) yang menerima penghargaan sebanyak 11 kali beruntun yang diberikan oleh federasi sepak bola negaranya yakni pada 2004 hingga 2014.

Prestasi teranyar yang diraih oleh Sinclair adalah sukses mengantar negaranya meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020. Perlu dicatat, usianya sudah 38 tahun.

Bicara Olimpiade, ini adalah pencapaian terbaik yang ditorehkan wanita yang bersekolah di University of Portland ini. Sebab, beberapa edisi Olimpiade sebelumnya, ia hanya bisa meraup medali perunggu sebanyak 2 kali.

Kendati tak lagi muda, Sinclair tercatat masih aktif sebagai pesepak bola profesional. Per 2013 hingga saat ini, Sinclair bermain untuk Portland Thorns.

Jika membandingkan Sinclair-Ronaldo, pemilik nama terakhir 'hanya' menghuni posisi kesembilan pencetak gol terbanyak di level internasional. Sementara Sinclair, masih nyaman duduk di pucuk.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini