Boladunia

Tak Ada Indonesia, Ini 3 Timnas Terburuk di Dunia

Meski Timnas Indonesia minim prestasi, bukan berarti skuat Garuda masuk dalam daftar timnas terburuk di dunia

Irwan Febri Rialdi

Skuat Timnas Australia saat menghajar Samoa Amerika dengan skor 31-0.
Skuat Timnas Australia saat menghajar Samoa Amerika dengan skor 31-0.

Bolatimes.com - Prestasi dan sejarah menjadi dua aspek yang menjadi parameter menentukan tim nasional (timnas) terbaik. Sementara itu, parameter berbeda digunakan untuk melihat timnas terburuk.

Timnas terburuk bisa dilihat dari sepak terjang mereka pada pertandingan-pertandingan yang dijalani juga statistik. Tentu akan berbeda dengan timnas yang punya penampilan lebih baik atau sudah dikenal sebagai tim kuat.

Prestasi menjadi tolok ukur paling menonjol jika membandingkan timnas terburuk dan timnas terbaik. Namun, parameter lain yang tak kalah penting adalah jumlah kekalahan dan kemasukan yang dialami oleh daftar tiga timnas terburuk berikut ini.

1. Anguilla

Untuk timnas terburuk yang pertama hadir dari negara di Amerika Utara (CONCACAF), Anguila. Tercatat dari 80 pertandingan yang timnas Anguilla jalani, mereka hanya meraih 8 kali kemenangan atau 9,2%.

Sisa hasil lainnya timnas Anguilla menelan 67 kekalahan dan 5 kali imbang. Kekalahan terbesar Timnas Anguilla terjadi pada 10 November 2019 saat dikalahkan Trinidad dan Tobago 15-0.

Pada pertandingan terakhir mereka di Kualifikasi Piala Dunia melawan Panama, Anguilla menelan kekalahan 0-13. Saat ini Anguila berada di peringkat ke-210 FIFA atau paling terakhir.

2. San Marino

Berada di benua yang dikenal memiliki banyak tim nasional yang kuat, San Marino menjadi timnas terburuk kedua di daftar ini. Tercatat dari 178 pertandingan resmi yang dilakoni San Marino, mereka hanya meraih sekali kemenangan atau dengan persentase 0,56% saja.

Dari sekian ratus pertandingan itu, San Marino cuma berhasil mencetak  25 gol dan kemasukan 748 gol. Kini mereka menghuni peringkat ke-209 FIFA atau satu setrip di atas Anguila.

3. Samoa Amerika

Di daftar terakhir timnas terburuk adalah negara di Oceania, Samoa Amerika. Dari 51 pertandingan resmi yang mereka jalani, Samoa Amerika cuma meraih 4 kemenangan dan sisanya menelan 45 kekalahan serta 2 kali imbang.

Ada catatan buruk dari negara yang menghuni peringkat ke-192 FIFA itu. Pada April 2001, Samoa Amerika dihajar Australia dengan skor 31-0.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini