Boladunia

Kevin Walker, Pesepak Bola Swedia yang Lebih Dikenal sebagai Penyanyi

Kevin Walker pernah mengikuti audisi ajang pencarian bakat di Swedia.

Rauhanda Riyantama

Kevin Walker. (billboard.com)
Kevin Walker. (billboard.com)

Bolatimes.com - Sangat jarang ditemukan pesepak bola aktif yang juga merambah dunia musik. Namun hal ini tidak berlakuk buat Kevin Walker, pemain asal Swedia yang justru kondang sebagai penyanyi.

Bahkan, nama Kevin Walker justru lebih dikenal sebagai seorang musisi ketimbang pesepak bola. Padahal, sejak kecil dirinya sudah menggeluti dunia bola sepak.

Walker sendiri merupakan sosok kelahiran Orebro di selatan Swedia pada 3 Agustus 1989. Ia adalah putra eks pesepak bola dan manajer Irlandia, Pat Walker, yang pernah mewakili Irlandia di Timnas U-21.

Sejak usia dini, Walker sudah menggeluti dunia sepak bola dengan bergabung bersama klub lokal Varbergs BolS pada 1994. Setelah beberapa kali berganti akademi dan tim junior, Walker pindah ke Orebro pada 2005. Kebetulan Orebro ini merupakan tim yang dilatih oleh ayahnya sendiri.

Satu tahun kemudian, Orebro promosi ke Allsvenskan, liga tertinggi di Swedia. Namun, setelah satu musim di sana, Orebro terdegradasi. Ayahnya dipecat sebagai manajer dan Walker pindah ke AIK.

Akan tetapi, Walker gagal mendapatkan tempat di tim utama dan menghabiskan tiga dari empat tahunnya dengan status pinjaman ke Vasby United, Assyriska FF, dan terakhir GIF Sundsvall.

Klub terakhir yang disebutkan ternyata membawa keberuntungan lain buat Walker. Video dia bernyanyi bersama rekan-rekannya menjadi viral dan menarik perhatian produser dari sebuah kompetisi bernyanyi di Swedia.

Di tahun 2013, Kevin Walker mengikuti sebuah audisi menyanyi bernama Idol Sverige atau Pop Idol edisi kesembilan. Uniknya, stasiun televisi yang menyiarkan lomba menyanyi ini juga memegang hak siar Liga Swedia.

Oleh karena itu, ketika tim yang dibela Walker saat itu GIF Sundsvall harus digeser jadwal bermainnya jika bentrok dengan jadwal Walker tampil di ajang menyanyi. Hal ini dilakukan agar Walker bisa melakukan kedua hal tersebut, bermain sepak bola dan menyanyi.

Kevin Walker akhirnya memenangi ajang tersebut. Selain mendapat hadiah, Walker juga mendapat kesempatan rekaman dengan Universal Music Swedia.

Dari ajang itu, Walker merilis lagu berjudul 'Belong' yang bisa menduduki posisi kedua tangga lagu Swedia. Pada 2020, dia melepas single baru berjudul 'Humble By Life'.

Kendati lebih terkenal sebagai seorang penyanyi, Kevin Walker nyatanya tak pernah meninggalkan sepak bola. Di usianya yang kini menginjak 32 tahun, Walker kembali memperkuat Orebro FC, klub kasta tertinggi di Liga Swedia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini