Boladunia

Profil Eldor Shomurodov, Striker Anyar AS Roma Pernah Gasak Evan Dimas Cs

Eldor Shomurodov menjadi pemain baru di AS Roma.

Husna Rahmayunita

Striker Genoa asal Uzbekistan Eldor Shomurodov berebut bola dengan pemain AC Milan. (AFP)
Striker Genoa asal Uzbekistan Eldor Shomurodov berebut bola dengan pemain AC Milan. (AFP)

Bolatimes.com - Striker AS Roma, Eldor Shomurodov, tercatat sebagai penyerang timnas Uzbekistan yang memiliki pertautan dengan Timnas Indonesia.

Sebab, saat masih memperkuat Timnas Uzbekistan U-19, Eldor Shomurodov pernah menumbangkan Timnas Indonesia U-19 yang saat itu diperkuat oleh Evan Dimas dan kawan-kawan.

Perjumpaan kedua tim terjadi pada ajang Piala Asia U-19 2014. Saat itu, Evan Dimas dan kawan-kawan diasuh oleh Indra Sjafri.

Pada pertandingan pertama Grup B, Timnas Indonesia U-19 harus menghadapi Uzbekistan. Pada laga yang digelar di Stadion Thuwunna, Yangon, 10 Oktober 2014 itu, Eldor Shomurodov juga bermain sejak menit awal.

Sayangnya, Evan Dimas dan kawan-kawan harus bertekuk lutut dari timnas Uzbekistan pada pertandingan pertama Grup B ini.

Pada akhir laga, Uzbekistan sukses menang dengan skor 3-1 lewat dol yang dicetak oleh Dostonbek Khamdanov (18’), Zabikhillo Urinboev (22’), dan Otabek Shukurov (87’).

Eldor Shomurodov. (Dok. AS Roma)
Eldor Shomurodov. (Dok. AS Roma)

Sementara itu, skuad timnas Indonesia U-19 yang berada di bawah asuhan Indra Sjafri hanya mampu mencetak satu gol balasan lewat Paulo Sitanggang (58’).

Kurang lebih tujuh tahun sejak pertemuan itu, karier Eldor Shomurodov semakin melesat. Kini, ia mengawali petualangan baru bersama AS Roma.

Profil Eldor Shomurodov

Eldor Shomurodov merupakan penyerang asal Uzbekistan yang lahir di Jarkurgan pada 29 Juni 1995.

Karier profesional Eldor Shomurodov berawal bersama Mash’al Mubarek setelah resmi promosi dari tim U-21 pada 1 Januari 2014.

Sebelumnya, ia sudah bermain bersama tim muda Mash’al Mubarek sejak tahun 2011. Setelah tiga tahun, akhirnya Shomurodov berhasil naik kelas ke tim utama.

Debutnya bersama tim yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga Uzbekistan itu tercipta pada 12 April 2014 saat melawan Olmaliq.

Selama musim 2014, dia mencatatkan sembilan penampilan bersama Mash’al Mubarek. Saat itu, usianya masih terbilang muda, yakni 19 tahun.

Satu musim berselang, Shomurodov memilih hengkang untuk bergabung bersama Bunyodkor pada 2015.

Pada musim pertamanya bersama Bunyodkor, ia sukses mencatatkan 19 pertandingan dan menyumbang sembilan gol di kompetisi.

Setelah puas bermain di kompetisi domestik, tawaran dari luar negeri akhirnya datang. Tim pertama yang disinggahi Shomurodov ialah FC Rostov, klub yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga Rusia. Kesepakatan kontrak itu terjadi pada 15 Juli 2017. 

Setelah tiga tahun malang melintang di Rusia bersama FC Rostov, karier Shomurodov semakin melesat.

Hal ini tak terlepas dari catatan apiknya bersama FC Rostov yang sukses membukukan 91 pertandingan dan menyumbang 18 gol serta 12 assist.

Bakatnya tercium oleh salah satu klub Italia, Genoa. Ia pun akhirnya direkrut Genoa pada 1 Oktober 2020.

Perekrutan ini juga menjadi sejarah tersendiri. Eldor Shomurodov menjadi pemain Uzbekistan kedua yang berkompetisi di Serie A.

Sebelum dirinya, pemain Uzbekistan pertama yang tercatat pernah bermain di Liga Italia ialah Ilyos Zeytulayev.

Pada musim pertamanya bersama Genoa, Shomurodov sukses membukukan 32 pertandingan dengan catatan delapan gol dan dua assist.

Penampilan itulah yang mengantarkan dirinya ke AS Roma. Klub Ibu Kota ini akhirnya merekrut Shomurodov dan telah diresmikan pada Selasa (3/8/2021) lalu.

Penyerang berusia 26 tahun ini mendapatkan kontrak jangka panjang hingga 2026. Il Lupi, julukan AS Roma, rela menggelontorkan dana sebesar 17,5 juta euro untuk mengangkut Shomurodov ke Ibu Kota.

Dengan kontrak ini, Eldor Shomurodov akan menjalani pengabdian bersama AS Roma selama lima tahun.

Saat ini, Shomurodov juga tercatat sebagai penyerang andalan timnas Uzbekistan. Ia sudah membukukan 21 gol selama 44 penampilannya bersama timnas Uzbekistan.

Itulah profil Eldor Shomurodov.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini