Profil Gerrit Holtmann, Pemain Filipina yang Cetak Sejarah di Bundesliga

Gerrit Holtmann adalah pemain naturalisasi Filipina.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 24 Agustus 2021 | 18:17 WIB
Gerrit Holtmann yang kini berseragam VfL Bochum. (INA FASSBENDER / AFP)

Gerrit Holtmann yang kini berseragam VfL Bochum. (INA FASSBENDER / AFP)

Bolatimes.com - Pemain naturalisasi Filipina, Gerrit Holtmann, menjadi perbincangan hangat setelah menampilkan aksi memukau pada pekan kedua Bundesliga 2021-2022.

Gerrit Holtmann, yang saat ini berstatus sebagai pemain VfL Bochum, sukses mengobrak-abrik sektor pertahanan FSV Mainz saat kedua tim berduel pada Sabtu (21/8/2021).

Saat itu, dia sukses melewati total enam pemain FSV Mainz dan mengakhiri aksinya dengan lesakkan ke gawang lawan.

Baca Juga: Tak Banyak yang tahu, Ini Arti Tato Kecupan Bibir di Perut Lionel Messi

yang tercipta pada menit ke-21 ini sekaligus membuka keunggulan Bochum atas FSV Mainz 05. Bochum akhirnya menambah satu gol untuk memastikan kemenangan 2-0 atas tim lawan.

Bagi Bochum, ini menjadi kemenangan pertama mereka sejak promosi ke Bundesliga. Pada laga sebelumnya, mereka meraih hasil minor setelah tumbang 0-1 dari Wolfsburg.

Sementara itu, bagi Gerrit Holtmann, satu gol ini terasa begitu spesial. Sebab, ada sejarah yang terukir dari aksi impresif itu.

Baca Juga: 4 Pemain Top Alumni Chievo Verona, Ada yang Pernah Main di Liga Indonesia

Holtmann tercatat sebagai pemain Filipina dan ASEAN pertama yang sukses mencetak gol di pentas Bundesliga.

Gerrit Holtmann yang kini berseragam VfL Bochum. (INA FASSBENDER / AFP)
Gerrit Holtmann yang kini berseragam VfL Bochum. (INA FASSBENDER / AFP)

Profil Gerrit Holtmann

Gerrit Holtmann merupakan pemain kelahiran Bremen, Jerman, pada 25 Maret 1995. Ia tercatat sebagai pemain binaan Werder Bremen.

Baca Juga: Profil Chievo Verona, Klub Italia yang Resmi Bubar karena Bangkrut

Dia berlatih di sana bersama Werder Bremen Youth sejak tahun 2010. Ia terus naik level dan sempat memperkuat Werder Bremen di berbagai kelompok usia.

Saat ini, pemain yang biasa beroperasi sebagai penyerang atau sayap kiri ini bermain untuk VfL Bochum. Sebelumnya, Gerrit Holtmann didatangkan oleh VfL Bochum pada bursa transfer musim panas tahun 2020.

Ketika itu, pemain berkaki kidal ini direkrut Bochum dari FSV Mainz 05 pada 4 Agustus 2020. Musim lalu, dia menjadi sosok penting di balik keberhasilan Bochum menjuarai kompetisi kasta kedua Liga Jerman.

Baca Juga: Ejek Dada Pesepak Bola Wanita, Presiden Tanzania Banjir Hujatan

Dari total 30 penampilannya, Holtmann sukses mencetak empat gol dan enam assist untuk Bochum. Keberhasilan ini membuat Bochum berhak naik kasta untuk tampil di Bundesliga atau kasta tertinggi pada musim 2021-2022.

Dikutip dari Tiebreakertimes, Holtmann mendapatkan paspor Filipina lewat jalur naturalisasi sejak Maret 2021 karena ibunya.

Meskipun Holtmann pernah mencatatkan penampilan bersama timnas Jerman U-20, tapi ia masih bisa memperkuat timnas Filipina.

Pada Juni lalu, misalnya, pemain berusia 26 tahun ini dipanggil untuk memperkuat timnas Filipina pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Namun, karena urusan administrasi dan kelengkapan dokumen yang masih belum selesai, ia tak bisa memperkuat Timnas Filipina.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak