9 Legenda Barcelona yang Hengkang secara Gratis, Messi Menyusul?

Berikut deretan legenda Barcelona yang hengkang secara cuma-cuma dari Camp Nou.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 14 Juli 2021 | 14:30 WIB
Ekspresi kecewa Lionel Messi setelah Barcelona terbantai atas tim promosi, Granada di pekan kelima La Liga, Minggu (22/9/2019) dini hari tadi. [JORGE GUERRERO / AFP]

Ekspresi kecewa Lionel Messi setelah Barcelona terbantai atas tim promosi, Granada di pekan kelima La Liga, Minggu (22/9/2019) dini hari tadi. [JORGE GUERRERO / AFP]

Bolatimes.com - Di musim panas 2021 ini, Barcelona tengah disibukkan dengan usahanya mempertahankan sang megabintang, Lionel Messi.

Sebagaimana diketahui, Messi saat ini berstatus tanpa klub pasca kontraknya bersama Barcelona usai untuk pertama kalinya sejak tahun 2000.

Dengan status tanpa klub tersebut, Messi bisa saja dipinang klub lainnya. Untuk itu, Barcelona melalui sang Presiden, Joan Laporta, tengah gencar memperpanjang kontrak pemain berjuluk La Pulga tersebut.

Baca Juga: 5 Seleb Cantik yang Doyan Olahraga, Ada Gisella Anastasia

Negosiasi pun tengah dijalani oleh pihak Barcelona dan pihak Lionel Messi. Namun hingga artikel ini dibuat, belum ada kesepakatan yang tercapai.

Joan Laporta sendiri menegaskan bahwa pihak Barcelona tengah menimbang kontrak anyar Messi berdasarkan kondisi finansial klub yang tengah krisis.

Namun, Laporta tetap optimis bahwa Barcelona dan Messi akan sepakat melanjutkan kerjasama keduanya yang telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu.

Baca Juga: Punya Body Aduhai, Intip 5 Potret Sahila Hisyam saat Olahraga

Meski demikian optimisme Laporta takkan berarti apa-apa andai pihak Messi menolak kontrak anyar tersebut, sehingga La Pulga bisa saja menyusul jejak 9 legenda Barcelona yang hengkang secara gratis.

Siapa saja 9 legenda Barcelona tersebut? Simak ulasan berikut ini.

1.       Andres Iniesta

Baca Juga: 9 Potret Seksi Dinar Candy, Body Goals Idaman Wanita

Kapten Barcelona, Andreas Iniesta. (sumber: fcbarcelona.com).
Kapten Barcelona, Andreas Iniesta. (sumber: fcbarcelona.com).

Andres Iniesta menjadi salah satu legenda hidup Barcelona yang pergi dari Camp Nou dan bergabung klub lain secara gratis.

Kepergian Iniesta secara gratis ini tak lepas dari fakta bahwa kontraknya bersama Barcelona telah usai di usianya yang ke-34 tahun pada 2018 lalu.

Pasca hengkang dari Barcelona secara gratis, Iniesta berlabuh ke Jepang dan bermain untuk Vissel Kobe hingga saat ini.

Baca Juga: 7 Pesepak Bola yang Kariernya Hancur Akibat Kecanduan Alkohol

2.       Xavi Hernandez

Xavi Hernandez saat bela Brcelona pada tahun 2009 (Jaime Reina/AFP)
Xavi Hernandez saat bela Brcelona pada tahun 2009 (Jaime Reina/AFP)

Sebelum Andres Iniesta berlabuh ke Asia usai pergi secara cuma-cuma dari Barcelona, ada nama Xavi Hernandez.

Xavi memutuskan pergi dari Barcelona pada 2015 lalu usai kontraknya tak diperpanjang yang sekaligus mengakhiri kebersamaannya dengan Blaugrana dengan total 767 penampilan.

Usai hengkang dari Barcelona, Xavi bergabung dengan Al-Sadd di Qatar dan menjadi pelatih klub tersebut pasca pensiun di tahun 2019.

3.       Eric Abidal

Mantan pemain Barcelona, Eric Abidal. (Lluis Gene/AFP)
Mantan pemain Barcelona, Eric Abidal. (Lluis Gene/AFP)

Lalu ada Eric Abidal yang memutuskan pergi secara gratis dari Barcelona pada 2013 dengan bergabung AS Monaco.

Dua tahun sebelumnya, Abidal didiagnosa menderita tumor hati. Namun ia berhasil operasi dan sempat memainkan laga final Liga Champions selama 90 menit di tahun 2011.

Pasca mengabdi dua tahun selanjutnya, ia pun memutuskan kembali ke Prancis dan bergabung AS Monaco.

4.       Dani Alves

Pemain Barcelona Dani Alves bersama tiga trofi Liga Champions (AFP)
Pemain Barcelona Dani Alves bersama tiga trofi Liga Champions (AFP)

Dani Alves pun tak luput dari kebijakan Barcelona yang melepasnya secara gratis pada 2016 dengan bergabung Juventus.

Sejatinya, ia masih terikat kontrak dengan Barcelona hingga 2017. Namun, Dani Alves mengambil keputusan mengaktifkan klausul di mana dirinya bisa pergi secara gratis.

5.       Victor Valdes

Kiper legendaris Barcelona ini juga menjadi salah satu pemain yang hengkang secara gratis dari Camp Nou.

Ia dilepas oleh Barcelona pada 2014 dan harus berstatus tanpa klub sebelum dipinang Manchester United pada Januari 2015.

6.       Thierry Henry

Thierry Henry saat membela Barcelona pada tahun 2010 (Cristina Quicler/AFP)
Thierry Henry saat membela Barcelona pada tahun 2010 (Cristina Quicler/AFP)

Mantan bintang Arsenal ini juga masuk dalam daftar legenda Barcelona yang dilepas secara gratis.

Ia selepas musim ketiganya di Barcelona setelah munculnya Pedro Rodriguez yang membuatnya jarang mendapat menit bermain dan dilepas ke Amerika Serikat yakni ke tim Red Bulls New York pada 2010.

7.       Patrick Kluivert

Pelatih Kamerun, Clarence Seedorf (kanan) dan asistennya Patrick Kluivert saat mendampingi skuatnya menghadapi Nigeria di Piala Afrika 2019. (Giuseppe CACACE / AFP)
Pelatih Kamerun, Clarence Seedorf (kanan) dan asistennya Patrick Kluivert saat mendampingi skuatnya menghadapi Nigeria di Piala Afrika 2019. (Giuseppe CACACE / AFP)

Berstatus penyerang legendaris tak menjamin Patrick Kluivert tidak akan dilepas Barcelona secara cuma-cuma.

Setelah tampil apik dengan mencetak 122 gol dalam 257 penampilan dalam enam musim, Kluivert dilepas ke Newcastle United pada 2004.

8.       Rivaldo

Pemain Real Madrid, Roberto Carlos dan Pemain Barcelona, Rivaldo (AFP)
Pemain Real Madrid, Roberto Carlos dan Pemain Barcelona, Rivaldo (AFP)

Mantap peraih Ballon d'Or ini pun menjadi korban selanjutnya. Ia dilepas Barcelona secara gratis pada 2002.

Rivaldo dilepas ke AC Milan pada 2002 secara gratis karena tak sesuai dengan gaya bermain Louis van Gaal, pelatih Barcelona kala itu.

9.       Pep Guardiola

Pep Guardiola. (sumber: Squawka)
Pep Guardiola. (sumber: Squawka)

Pep Guardiola pun dilepas oleh Barcelona secara gratis semasa menjadi pemain. Ia dilepas saat usianya baru 30 tahun.

Setelah 11 tahun mengabdi bersama Barcelona, kebersamaan Guardiola dan Blaugrana harus berakhir pada 2001.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak