Boladunia

Mengenal Martin Braithwaite, Pemain Paling Kaya Raya di Barcelona

Meski bukan bintang, Martin Braithwaite ternyata jadi pemain terkaya di Barcelona.

Rauhanda Riyantama

Penyerang baru Barcelona, Martin Braithwaite. (Twitter/@FCBarcelona).
Penyerang baru Barcelona, Martin Braithwaite. (Twitter/@FCBarcelona).

Bolatimes.com - Nama Martin Braithwaite mungkin kerap diolok-olok oleh pecinta sepak bola, utamanya pendukung Barcelona. Meski demikian, ia tercatat sebagai pemain terkaya Blaugrana pasca Lionel Messi tak lagi berstatus pemain di Camp Nou.

Di balik gemparnya kabar Lionel Messi tak lagi berstatus pemain Barcelona, muncul kabar bahwa gelar pemain terkaya di Blaugrana saat ini adalah Martin Braithwaite.

Ya, pemain asal Denmark ini menjadi pemain terkaya Barcelona dengan kekayaan menyentuh 181 juta poundsterling (Rp3,6 triliun) hanya dari bisnis Real Estate-nya.

Padahal, Braithwaite hanya memiliki penghasilan 85 ribu poundsterling (Rp1,7 miliar) per pekannya. Penghasilannya ini hanya menempatkannya di urutan ke-14 pemain dengan penghasilan terbesar di Barcelona.

Dengan nilai kekayaan dari bisnis Real Estate yang menyentuh Rp3,6 triliun, Braithwaite hanya tertinggal  Rp2,1 triliun dari Messi yang mengantongi kekayaan 289 juta poundsterling.

Setelah Messi tak lagi berstatus pemain Barcelona, kini Braithwaite pun memegang status pemain terkaya di Camp Nou melebihi beberapa bintang lainnya.

Lantas, bagaimana bisa pemain berusia 30 tahun ini mengantongi kekayaan hingga triliun rupiah tersebut?

Momen Martin Braithwaite dan Lionel Messi saat berpelukan. (JOSEP LAGO / AFP)
Momen Martin Braithwaite dan Lionel Messi saat berpelukan. (JOSEP LAGO / AFP)

Profil Martin Braithwaite

Jika tak bergabung dengan Barcelona pada 2019, Martin Braithwaite mungkin takkan dikenal banyak orang seperti saat ini.

Karier Braithwaite sendiri tak terbilang bagus sejak awal.  Ia memulai karier sepak bolanya sejak 2007 dengan bergabung tim muda klub lokal Denmark, FC Midtjylland.

Tak sampai setahun, Braithwaite dilepas ke tim lainnya yakni tim muda Esbjerg dan menembus tim senior pada 2009.

Empat tahun berselang, ia berpetualang ke Prancis dengan bergabung Toulouse hingga 2017 dan berkarier di Inggris dengan bergabung Middlesbrough.

Tak sampai setahun, Braithwaite dipinjamkan pada Januari 2018 ke Girondins Bordeaux dan dilepas Middlesbrough secara permanen ke klub Spanyol yakni CD Leganes pada 2019.

Bersama CD Leganes, kariernya menanjak dan membuat Barcelona, yang saat itu kehilangan Luis Suarez dan Ousmane Dembele karena cedera, memboyong Martin Braithwaite.

Kepindahannya ke Barcelona sejatinya terbilang mulus. Meski sempat dicecar, Braithwaite kerap menjadi pahlawan Blaugrana lewat gol-golnya.

Namun, Braithwaite tak ada henti-hentinya membuat kontroversi, termasuk pada 2020 lalu saat ia meminta nomor punggung 10 milik Lionel Messi kala La Pulga tengah berkonflik dengan Barcelona dan mengancam hengkang.

Tindakan ini pun tak ayal menjadi cemoohan mengingat status Braithwaite yang hanya penyerang darurat dan tak punya kehebatan layaknya penyerang-penyerang yang pernah membela Barcelona.

Kekayaan Berlimpah Ruah

Meski kerap menjadi bahan olok-olok media dan pendukung Barcelona, Martin Braithwaite nyatanya menjalani hidup yang menyenangkan dengan kekayaan yang ia miliki.

Seperti yang telah dibahas di atas, ada alasan mengapa Braithwaite menjadi pemain terkaya di Barcelona saat ini meski gajinya hanya berada di urutan ke-14 di antara para pemain Blaugrana.

Martin Braithwaite merayakan kelolosan Timnas Denmark ke perempatfinal Euro 2020. (OLAF KRAAK / POOL / AFP)
Martin Braithwaite merayakan kelolosan Timnas Denmark ke perempatfinal Euro 2020. (OLAF KRAAK / POOL / AFP)

Kekayaan Braithwaite sendiri didapat dari usaha Real Estate-nya di Amerika Serikat. Usaha tersebut bernilai Rp2,9 triliun.

Padahal, Braithwaite hanya menginvestasikan uang sebesar 617 ribu poundsterling saja di usaha tersebut kepada pamannya pada 2017 silam.

Saat ini, perusahaan Braithwaite yang bernama NYE Companies telah berkembang 25 kali lipat lebih besar dari 2017 dan ia beserta pamannya memiliki 1500 apartemen.

Disebutkan pula, keduanya masih memiliki 500 properti lainnya yang tersebar di Philadelphia dan New Jersey, Amerika Serikat.

Selain Real Estate, Braithwaite juga memiliki usaha Clothing bernama Trente yang dibangun dengan sang Istri, Anne-Laure Braithwaite.

Tak hanya menyasar dunia fesyen, Braithwaite juga menjadi pemilik restoran bernama Gave yang berlokasi di Barcelona.

Dengan banyaknya usaha dan kekayaan tersebut, Martin Braithwaite yang kerap diolok-olok penampilannya, ternyata memiliki manajemen keuangan yang baik hingga mendapat keuntungan berlipat dari investasinya.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini