7 Pesepak Bola yang Kariernya Hancur Akibat Kecanduan Alkohol

Alkohol jadi biang hancurnya karier bagi beberapa pesepak bola ini.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 14 Juli 2021 | 12:30 WIB
Mantan penyerang Inter Milan, Adriano Leite Riberio (Damien Meyer/AFP)

Mantan penyerang Inter Milan, Adriano Leite Riberio (Damien Meyer/AFP)

Bolatimes.com - Alkohol menjadi salah satu musuh atlet, salah satunya di dunia sepak bola. Tak terhitung berapa banyak pemain yang hancur kariernya akibat kecanduan minuman keras.

Sepak bola Indonesia dibuat geger dengan keputusan Persipura Jayapura yang mencoret dua pemainnya yakni Boaz Solossa dan Tinus Pae karena kasus indisipliner.

Diketahui, kasus indisipliner itu dikarenakan dua mantan pemain kawakan Mutiara Hitam tersebut mengaku telah menenggak minuman keras.

Baca Juga: Seksi Abis, Georgina Rodriguez Tampil Berbikini saat Snorkeling

Baik Boaz dan Tinus Pae menenggak minuman keras dua hari jelang pertandingan uji coba melawan Persita Tangerang.

“Saya dan Tinus harus bercerita mengenai kronologi sebelum uji coba melawan Persita pada hari Minggu (13/06/21). Dua hari sebelumnya kami memang minum (minuman keras). Setelah itu hari Minggu kami uji coba,” pengakuan Boaz.

Di sisi lain, pelatih Persipura, Jacksen F Tiago, tak menyebut secara detail perbuatan indisipliner yang dilakukan mantan dua penggawanya tersebut.

Baca Juga: Inggris Diprediksi Jadi Calon Kuat Juara Piala Dunia 2022

Hanya saja, pelatih berdarah Brasil tersebut menyebut apa yang dilakukan Boaz dan Tinus berbahaya dan bisa membahayakan nyawa.

Terlepas dari kisruh tersebut, jika benar pencoretan Boaz dan Tinus akibat mengkonsumsi alkohol, maka kejadian ini menambah panjang deretan pesepak bola yang kariernya anjlok bahkan hampir hancur akibat kecanduan minuman keras.

Siapa saja deretan pemain tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Pamer Potret Liburan, Georgina Rodriguez Cium Mesra Cristiano Ronaldo

1.       Adriano

Adriano dijaga oleh gelandang Manchester United, Michael Carrick saat Liga Champions 2009 (Giuseppe Cacace/AFP)
Adriano dijaga oleh gelandang Manchester United, Michael Carrick saat Liga Champions 2009 (Giuseppe Cacace/AFP)

Adriano dulunya dikenal sebagai penyerang berbahaya. Bahkan ia disebut lebih hebat dari Ronaldo Nazario, penyerang legendaris asal Brasil.

Kehebatan olah bolanya terlihat saat ia membela Inter Milan. Sayangnya, kariernya hancur seketika karena kecanduan alkohol.

Baca Juga: Kerap Dianiaya, Nadia Christina Mantap Bercerai dengan Alfath Faathier

Adriano jatuh terlalu dalam dan kecanduan alkohol. Ia menyebutkan dirinya kecanduan alkohol karena sang ayah tiada.

Saking kecanduan nya, Adriano pernah datang ke sesi latihan Inter Milan dalam keadaan mabuk.

2.       Roman Shirokov

Mantan kapten Timnas Rusia, Roman Shirokov. (Instagram)
Mantan kapten Timnas Rusia, Roman Shirokov. (Instagram)

Di Rusia, minuman keras atau beralkohol merupakan hal yang biasa diminum mengingat hawa dingin di kawasan tersebut.

Namun, kebiasaan tersebut membuat karier Roman Shirokov hancur. Diketahui, ia pecandu alkohol berat sehingga banyak klub yang ia bela tak tahan dengan sikapnya.

Tak ayal, Shirokov tak mampu bertahan lama dengan klub yang ia bela dan kerap bergonta-ganti tim pasca meninggalkn Zenit St. Petersburg pada 2014 silam.

3.       George Best

George Best/net
George Best/net

Dari Inggris ada nama pemain legendaris Manchester United, George Best. Ia menjadi legenda bagi tim berjuluk Setan Merah dan tim nasional Inggris.

Sayangnya, karier hebatnya tersebut ia barengi dengan kehidupan malam yang identik dengan alkohol dan wanita sehingga menghancurkan reputasinya.

Imbas kehidupan malam yang ia lakoni di masa muda membuatnya menanggung akibatnya yakni transplantasi hati pada tahun 2002 sebelum meninggal pada 2005.

4.       Diego Maradona

Diego Maradona saat berada di sesi latihan bersama  Dorados pada 4 Januari 2019 (Pedro Pardo/AFP)
Diego Maradona saat berada di sesi latihan bersama Dorados pada 4 Januari 2019 (Pedro Pardo/AFP)

Pemain sekelas Diego Maradona pun bisa menghindari pengaruh alkohol di hidupnya. Pemain legendaris ini mengakui dirinya adalah seorang pemabuk.

Semasa bermain, ia bahkan tak menampik bahwa dirinya senang mengkonsumsi minuman keras. Bahkan parahnya lagi, ia sempat kecanduan obat terlarang.

Alhasil, Maradona pernah dihukum tak boleh bermain akibat kecanduan narkoba.

5.       Jimmy Greaves

Lagi-lagi dari pemain legendaris, ada nama Jimmy Greaves yang merupakan penyerang tajam Inggris yang pernah membela Chelsea, Tottenham Hotspur, dan AC Milan.

Kehidupannya sebagai pemain ternama di era 70 an pun membawanya ke kehidupan malam yang identik dengan alkohol.

Perbedaannya, Greaves mampu melawan kecanduannya akan minuman keras di akhir tahun 70 an sehingga tetap bugar di usianya yang ke-81 tahun ini.

6.       Paul Gascoigne

Legenda Timnas Inggris, Paul Gascoigne
Legenda Timnas Inggris, Paul Gascoigne

Paul Gascoigne menjadi pemain paling berbakat yang pernah dimiliki Inggris. Pria yang akrab disapa Gazza ini juga tak lepas dari kontroversi.

Semasa bermain, Gazza identik dengan alkohol yang membuat kariernya meredup cepat. Bahkan, pasca pensiun, ia pun masih kerap menenggak minuman keras hingga keluar masuk panti rehabilitasi.

7.       Tony Adams

Tony Adams. (Adrian Dennis/AFP).
Tony Adams. (Adrian Dennis/AFP).

Kapten legendaris Arsenal ini juga tak lepas dari pengaruh alkohol semasa dirinya masih aktif bermain.

Pada tahun 1990 an, Tony Adams mengaku ia kecanduan alkohol kepada publik. Beruntung ia mendapat bantuan sehingga masih bisa aktif bermain hingga 2002.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak