Boladunia

Jadon Sancho Dibuang City, Kini Pecahkan Rekor Transfer Termahal Kedua MU

Jadon Sancho dibeli Manchester United dari Borussia Dortmund seharga Rp 1,46 triliun.

Rauhanda Riyantama

Winger Borussia Dortmund, Jadon Sancho usai mencetak gol ke gawang SC Paderborn pada laga lanjutan Bundesliga 2019/2020, Senin (1/6/2020) dini hari WIB. [Lars Baron / POOL / AFP]
Winger Borussia Dortmund, Jadon Sancho usai mencetak gol ke gawang SC Paderborn pada laga lanjutan Bundesliga 2019/2020, Senin (1/6/2020) dini hari WIB. [Lars Baron / POOL / AFP]

Bolatimes.com - Jadon Sancho dibuang Manchester City, kini jadi rekor transfer termahal kedua di Manchester United. Ya, pemain muda Inggris ini akan berseragam Setan Merah musim depan usai kesepakatan transfer dengan Borussia Dortmund rampung.

Borussia Dortmund sendiri ‘memungut’ Sancho dari Manchester City jauh saat ia masih berusia belia. Begini perjalanan pemain 21 tahun itu.

Direkrut Tapi Tidak Dimainkan

Pada tahun 2015 lalu, Sancho secara resmi direkrut oleh Manchester City dari akademi Watford. Namun setelah dua tahun bergabung, dirinya tak kunjung mendapat kesempatan bermain untuk tim utama yang dipegang oleh Pep Guardiola.

Pada 2017, pihak Manchester City menawarkan kontrak profesional sebesar 30.000 poundsterling dan dijanjikan akan dibawa dalam tur pramusim tim senior.

Bakat Sancho kemudian terendus oleh Dortmund, yang bergerak cepat untuk menawarkan nilai 10 juta poundsterling untuk transfer pemain muda ini. Sancho mengambil kesempatan tersebut, hingga akhirnya dia sukses berkembang di Dortmund dan Bundesliga.

Namanya cukup menjadi momok mengerikan bagi pemain bertahan lawan, karena tajam dan sangat produktif dari sisi gol atau assist.

Masuk Skuat Timnas Inggris di Euro 2020

Suksesnya penampilan Sancho di level klub kemudian menarik perhatian Gareth Southgate dan memutuskan untuk membawanya ke skuat utama Inggris di Euro 2020 ini.

Terbukti, ketajaman sang pemain tengah juga bisa muncul di level negara, dan membantu Inggris mendapatkan tempat di babak final gelaran sepak bola terbesar di Eropa itu.

Namun, performa Sancho di final Euro 2020 mendapat sorotan. Sebab ia gagal mengeksekusi penalti saat melawan Italia sehingga gagal membawa Inggris jadi juara Euro 2020.

Diburu dan Dikontrak oleh Man United

Kabar terbaru yang muncul adalah bahwa Sancho sudah menyepakati transfer untuk hijrah ke raksasa Premier League, Manchester United, dengan nilai 73 pounds atau setara Rp 1,46 triliun. Uang tersebut akan dicicil pihak Setan Merah selama lima tahun.

Nilai ini termasuk salah satu yang terbesar dalam catatan Manchester United dalam membeli pemain. Dengan bakat yang dimilikinya, nilai ini diprediksi akan jadi hal paling menguntungkan untuk MU pada bursa transfer musim ini.

Jadon Sancho dibuang Manchester City, kini jadi rekor transfer termahal kedua di Manchester United. Masa depannya akan kembali diukir di tanah kelahirannya, sehingga Inggris secara langsung bisa memonitor perkembangan yang terjadi pada pemain berusia 21 tahun ini.

Kontributor: I Made Rendika Ardian

Berita Terkait

Berita Terkini