Boladunia

Penghargaan Individu Euro 2020: Ronaldo Top Skor, Donnarumma Pemain Terbaik

Berikut daftar lengkap penghargaan individu Euro 2020.

Rauhanda Riyantama

Aksi Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portuga di Euro 2020. (THANASSIS STAVRAKIS / POOL / AFP)
Aksi Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portuga di Euro 2020. (THANASSIS STAVRAKIS / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Euro 2020 telah rampung digelar dan Timnas Italia keluar sebagai juara. Gli Azzuri meraih trofi usai mengalahkan Timnas Inggris dalam laga final di Stadion Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Italia bukan satu-satunya yang meraih trofi. Beberapa pemain dari tim yang lain juga mendapat penghargaan individu atas performa mereka sepanjang Euro 2020.

Adalah kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, menyabel penghargaan Sepatu Emas setelah jadi top skor Euro 2020. Bintang Juventus itu mengemas lima gol.

Raihan lima gol Ronaldo memang bisa disamai oleh Patrik Schick. Namun penyerang Republik Ceko itu butuh lima pertandingan untuk mencapai jumlah yang sama, sedangkan Ronaldo hanya main di empat laga.

Terlebih lagi, Ronaldo juga menambahkan torehannya dengan catatan satu assist. Sebagai informasi, assist sejak Euro 2012 dihitung untuk penentuan Sepatu Emas, dalam total 360 menit penampilan dibandingkan Schick yang cuma lima gol tanpa assist dalam 404 menit.

Gianluigi Donnarumma meraih penghargaan Pemain Terbaik Euro 2020. (JOHN SIBLEY / POOL / AFP)
Gianluigi Donnarumma meraih penghargaan Pemain Terbaik Euro 2020. (JOHN SIBLEY / POOL / AFP)

Sementara itu, kiper Timnas Italia Gianluigi Donnarumma dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Euro 2020 seusai kontribusi pentingnya jadi pahlawan dalam adu penalti di partai final melawan Inggris.

Jajaran peninjau teknis dalam laman resmi UEFA, telah memilih Donnarumma, yang menjadi kiper pertama yang pernah memenangi penghargaan individual tersebut sejak mulai dianugerahkan pada Euro 1996.

Donnarumma selalu tampil dalam tujuh pertandingan Italia di Euro 2020 dengan total menit bermain 719 menit, jauh lebih banyak dari semua peserta ajang itu.

Satu-satunya momen Donnarumma tak berada di bawah mistar gawang Italia terjadi pada menit-menit akhir pertandingan terakhir penyisihan Grup A melawan Wales, ketika Roberto Mancini memberi kesempatan Salvatore Sirigu tampil.

Aksi Pedri saat laga Spanyol vs Italia di semifinal Euro 2020. (ANDY RAIN / POOL / AFP)
Aksi Pedri saat laga Spanyol vs Italia di semifinal Euro 2020. (ANDY RAIN / POOL / AFP)

Sedangkan penghargaan Pemain Muda Terbaik diberikan kepada gelandang Timnas Spanyol, Pedri. Dalam usia 18 tahun, Pedri jadi pilihan utama Luis Enrique untuk mengisi starting line-up di semua pertandingan Spanyol sepanjang Euro 2020.

Bahkan, ia tercatat hanya satu menit tidak bermain dari seluruh penampilan Spanyol saat ditarik keluar pada pengujung babak tambahan waktu perempat final melawan Swiss jelang adu penalti.

Statistik mencatat Pedri melahap jarak 76,1 km sepanjang penampilannya di Euro 2020 dengan akurasi umpan mencapai 92,3 persen serta bisa menggiring bola secara total sejauh 38,23 km dalam enam penampilan.

Penampilan paling menterengnya terjadi saat ia sukses melakukan 65 dari 66 percobaan umpan dalam laga semifinal melawan Italia.

Berikut daftar Pemain Terbaik Euro yang mulai dianugerahkan sejak edisi 1996.

2020 - Gianluigi Donnarumma (Italia)
2016 - Antoine Griezmann (Prancis)
2012 - Andres Iniesta (Spanyol)
2008 - Xavi Hernandez (Spanyol)
2004 - Theodoros Zagorakis (Yunani)
2000 - Zinedine Zidane (Prancis)
1996 - Matthias Sammer (Jerman)

Berita Terkait

Berita Terkini