Boladunia

Profil Julian Nagelsmann, Usianya Lebih Muda dari Kapten Bayern Munchen

Julian Nagelsmann menjadi pelatih baru Bayern Munchen. Menariknya, usianya masih lebih muda dari kapten tim yang dilatihnya. Simak profilnya

Irwan Febri Rialdi

Manajer Hoffenheim, Julian Nagelsmann. (Daniel Roland/AFP).
Manajer Hoffenheim, Julian Nagelsmann. (Daniel Roland/AFP).

Bolatimes.com - Julian Nagelsmann telah meninggalkan RB Leipzig pada akhir musim lalu dan alih posisi Hansi Flick di Bayern Munchen. Hansi Flick digadang-gadang sebagai kandidat kuat pengganti Joachim Loew di timnas Jerman. Salah satu fakta menarik terkait kepindahannya ke Bayern Munich adalah, umur Nagelsmann yang lebih muda 2 tahun dari kapten Bayern Munchen, Manuel Neuer. Seperti apa profil Julian Nagelsmann yang dikenal akan kemampuan manajerialnya di dunia sepak bola?

Dikutip tweet dari akun Twitter @goal (27/04/2021) lalu, Bayern rela mengeluarkan dana 20 juta hingga 25 juta Euro atau setara Rp522 miliar kepada klub lama Nagelsmann, Leipzig, untuk menggaet pelatih muda yang hebat itu. Bahkan disebutkan, Nagelsmann tercatat sebagai pelatih termahal dunia di sepanjang sejarah sepak bola.

Awal karir sang pelatih yang akan berusia 34 tahun itu sebenarnya dimulai sebagai seorang pemain. Pada usia 20 tahun, Nagelsmann terpaksa harus gantung sepatu karena cedera yang membuatnya tak bisa aktif bermain bola lagi. Hal ini tak lantas Nagelsmann mundur dari dunia sepak bola.

Pada usia 28 tahun, anak dari Burgi Nagelsmann ini banting stir menjadi seorang pelatih. Tepat pada 2016, saat menjadi kepala pelatih TSG Hoffenheim, Nagelsmann dinobatkan sebagai pemain termuda yang pernah ada dalam sejarah Bundesliga.

Saat masih kanak-kanak, Nagelsmann pernah bernaung di bawah FC Bayern Munchen. Menjadi pelatih di klub terbesar di Jerman itu menjadi impian besarnya. Misi terbesarnya di Bayern adalah membawa gelar Bundesliga Jerman ke-10 di musim pertamanya. Hal ini untuk mempertahankan keberhasilan fenomenal Bayern berturut-turut membawa pulang trofi.

Perjalanan karir Julian Nagelsmann memang berinti di tanah kelahirannya, Jerman. Ia bahkan mampu membuktikan diri pada ajang bergengsi benua biru, Liga Champions. Ia berhasil mengantar RB Leipzig lolos 16 besar dalam dua tahun terakhir.

Sebelum di RB Leipzig, Nagelsmann menjadi kepala pelatih di Hoffenheim selama tiga tahun sejak 2016. Ia sebagai dijuluki ‘Baby Mourinho’. Hal ini karena ia sukses membawa timnya ke Liga Champions 2017-2018. Capaian di usia 29 tahunnya itu dinilai setara dengan Jose Mourinho yang sukses tangani Porto di usia relatif muda.

Lebih Muda dari Kapten Manuel Neuer

Dikutip dari laman Suara.com, sebagai manajer yang diikat kontrak 5 tahun ke depan, Nagelsmann kini disibukkan dengan persiapan masa pramusim Bayern jelang kampanye 2021/2022. Ia sempat mengkonfirmasi posisi Kapten Bayern untuk musim 2021/2022 tetap digenggam kiper gaek, Manuel Neurer.

Seperti dikutip Suara.com dari laman Bundesliga News, Nagelsmann berujar, “Untuk Manuel Neuer, sudah tentu dia akan tetap jadi kapten kami,”

Sang kapten yang akan berusia 36 tahun ini dipastikan tetap jadi penrilan Bayern di masa kepelatihan Nagelsmann. Uniknya, ternyata sang pelatih berusia dua tahun lebih muda dari pada Neuer.

Biodata Julian Nagelsmann

Nama: Julian Nagelsmann

Kelahiran Landsberg, am Lech, Jerman pada 23 Juli 1987

Tinggi: 1,9 m

Formasi andalan: 3-4-2-1

Karir Kepelatihan:

  • Bayern Munich (2021-)
  • RB Leipzig (sejak 2019-2021)
  • Hoffenheim (2016/pelatih kepala)
  • Hoffenheim U19 (2013/pelatih kepala)
  • Hoffenheim (2013/asisten manajer)
  • Hoffenheim U17 (2011/pelatih kepala)
  • Hoffenheim U17 (2010/asisten manajer)

Demikianlah profil Julian Nagelsmann yang dikenal akan kemampuan manajerial luar biasanya di usia yang masih relatif muda.

Kontributor: Yulia Kartika Dewi

Berita Terkait

Berita Terkini