Boladunia

Awal Mula Fans Inggris Serukan Slogan Footballs Coming Home

Begini sejarah fans Inggris serukan slogan 'football's coming home'.

Rauhanda Riyantama

Fans Inggris serukan slogan Football’s Coming Home. (PAUL ELLIS / POOL / AFP)
Fans Inggris serukan slogan Football’s Coming Home. (PAUL ELLIS / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Ungkapan 'Football’s Coming Home' menjadi slogan yang dikumandangkan seluruh fans Timnas Inggris selama gelaran Euro 2020 berlangsung. Terlebih ketika akhirnya Tim Tiga Singa berhasil mencapai babak final melawan Italia, maka kesempatan untuk menjadi juara semakin besar.

Tapi sebenarnya bagaimana awal mula fans Timnas Inggris serukan slogan ‘football’s coming home’. Begini kisahnya.

Berbeda dengan Pemahaman Publik

Jika mungkin publik secara umum mengira slogan ini adalah penyemangat untuk Inggris dalam menyambut kemenangan, justru sebenarnya asal dari slogan ini dapat dikatakan berbanding terbalik. Slogan ini berasal dari lagu berjudul 'Three Lions' yang dibawakan The Lightning Seeds bersama dengan David Baddiel dan Frank Skinner, dan menceritakan mengenai kekecewaan fans atas kegagalan Inggris membawa pulang piala.

Mulai dinyanyikan sejak tahun 1996, slogan ini kemudian jadi pelecut semangat dan bukti kesetiaan fans Timnas Inggris dalam mendukung tim kesayangannya dalam laga sepak bola kelas dunia. Sebab jika dilihat di catatan sejarah, Inggris terakhir kali membawa pulang gelar juara adalah Piala Dunia 1966.

Pelecut Agar Timnas Inggris Kembali Membawa Pulang Piala

Slogan 'Football’s Coming Home' kemudian diadaptasi jadi satu penyemangat kepada pemain dan fans setia, untuk terus berjuang memenangkan pertandingan dan membawa pulang piala, khususnya Euro 2020. Kesempatan besar kali ini tidak boleh dilewatkan, dan tim asuhan Gareth Southgate juga diharapkan tak mengulangi kekecewaan fans atas kegagalan tim tersebut.

Dengan kesetiaan pendukung yang selalu bersabar, membeli tiket untuk menonton, dan meneriakkan dukungan tanpa henti, publik Inggris berharap agar negaranya bisa sekali lagi membawa kejayaan di bidang sepak bola. Tak hanya Premier League yang jadi kiblat sepak bola internasional, namun juga Inggris sebagai tim yang memegang gelar juara besar seperti gelaran Euro.

Itulah sejarah singkat awal fans Timnas Inggris serukan slogan ‘football’s coming home’. Semoga bisa memberikan sedikit pengetahuan baru.

Apakah Anda juga pendukung setia Inggris? Jika ya, maka tak boleh melewatkan laga pamungkasnya melawan Italia di final Euro 2020 pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Berita Terkait

Berita Terkini