Boladunia

Ini Alasan Nomor Punggung 10 Identik dengan Pemain Jago

Berikut ulasan mengapa nomor punggung 10 identik dengan pemain jago.

Rauhanda Riyantama

Ekspresi Lionel Messi saat kalah dari Prancis di Piala Dunia 2018 pada 30 Juni 2018 (Roman Kruchinin/AFP)
Ekspresi Lionel Messi saat kalah dari Prancis di Piala Dunia 2018 pada 30 Juni 2018 (Roman Kruchinin/AFP)

Bolatimes.com - Pesepak bola yang menggunakan nomor punggung 10 identik dengan pemain jago. Di balik itu, ada cerita mengenai anggapan tersebut.

Pada awalnya nomor punggung 10 identik sebagai penyerang bayangan. Pemain bernomor punggung 10 tidak harus sebagai posisi penyerang bisa digunakan oleh pemain dengan posisi gelandang serang maupun gelandang bertahan.

Nomor punggung 10 dianggap memiliki tanda penghormatan karena selalu digunakan oleh para pemain yang dianggap paling istimewa di antara para pemain lainnya. Bahkan dalam sebuah klub, pemain dengan nomor punggung 10 sebagai pemain penting dan utama dalam mencetak gol.

Banyak pemain sepak bola terbaik dunia yang mempengaruhi penggunaan nomor punggung 10 ini seperti Pele dan Diego Maradona. Keduanya sukses menjadi pesepak bola terbaik di generasinya. Keduanya juga berhasil membawa kejayaan sepak bola untuk negara mereka hingga dikenang sebagai legenda sepak bola yang menggunakan nomor punggung 10.

Pada era sepak bola selanjutnya muncul banyak pemain legendaris yang juga menggunakan nomor punggung 10 seperti Zinedine Zidane, Ronaldinho, Ronaldo, Kaka, Michael Owen, Roberto Baggio hingga Rivaldo.

Pesepak bola era selanjutnya muncul nama seperti Lionel Messi yang juga menggunakan nomor punggung 10. Lionel Messi hadir sebagai pemain terbaik dunia yang telah mencatatkan rekor 6 trofi Ballon d’Or sepanjang kariernya hingga kini.

Tidak dapat dipungkiri penyerang asal Argetina tersebut merupakan salah satu pesepak bola paling kreatif sepanjang masa. Saat ini Lionel Messi menjadi top skor Barcelona sepanjang masa melewati top skor sebelumnya Xavi Hernandez.

Namun pada beberapa tahun terakhir, tak banyak pemain yang menggunakan nomor punggung 10 yang berkualitas. Banyak di antara mereka yang gagal menunjukkan ciri khas nomor punggung 10 yang bermain secara kreatif di lapangan hijau. 

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terkait

Berita Terkini