Boladunia

Stadion Wembley: Tuan Rumah Sederet Laga Besar, Termasuk Final Euro 2020

Stadion Wembley pernah jadi tuan rumah sejumlah pertandingan besar, termasuk Euro 2020.

Rauhanda Riyantama

Potret Stadion Wembley. (MATT DUNHAM / POOL / AFP)
Potret Stadion Wembley. (MATT DUNHAM / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Pertandingan final Euro 2020 akan mempertemukan Italia vs Inggris. Laga tersebut akan digelar di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Stadion Wembley merupakan salah satu stadion tertua di dunia yang sudah beroperasi sejak 28 April 1923 yang diresmikan oleh Raja George V. Stadion tersebut berkapasitas 90.000 penonton.

Dengan jumlah kapasitas tersebut, Stadion Wembley menjadi stadion terbesar kedua di Eropa. Peringkat pertama adalah markas Barcelona, Camp Nou yang berkapasitas 99.354 tempat duduk.

Stadion Wembley telah menjadi tuan rumah penyelenggaran babak semifinal dan final ajang Euro 2020. Ini merupakan kedua kalinya kembali dipercaya sebagai tuan rumah untuk partai final Euro, sebelumnya pernah jadi venue final Euro 1996.

Selain itu, terdapat sederet pertandingan besar yang pernah dihelat di Stadion Wembley. Markas Timnas Inggris tersebut dipercaya menggelar final Liga Champions Eropa pada tahun 1963, 1968, 1978 dan 1992 silam. Pada tahun 2011 dan 2013, final Liga Champions juga dilaksanakan di Stadion Wembley saat Barcelona dan Bayern Munich keluar sebagai juara.

Piala Dunia 1966 menjadi ajang yang paling diingat oleh masyarakat Inggris. Slogan 'Football is coming home' tercipta saat Inggris menjadi tuan rumah Piala Dunia 1966 yang diselenggarakan di Stadion Wembley tersebut.

Pada laga final, Inggris keluar sebagai juara dengan mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2. Kemenangan itu mengantarkan The Three Lions menjadi juara dunia untuk pertama kalinya.

Pada tahun 2012, Stadion Wembley menjadi tuan rumah Olimpiade London 2012 dalam cabang olah raga sepak bola. Selain itu pernah dilaksanakan final Piala FA, Community Shield, final Liga Premier Inggris, Football League Championship, Piala Wembley, dan NFL International Series.

Stadion Wembley juga telah menyelenggarakan berbagai pertandingan olahraga selain sepak bola. Pertandingan olahraga yang pernah dilaksanakan di Stadion Wembley yakni Rugby, American Football dan Tinju.

Stadion Wembley juga jadi venue konser musik. Sederet artis ternama dunia juga pernah menyelenggarakan konser di Stadion Wembley seperti Green Day, Muse, Oasis, Metallica, U2, Madonna, dan masih banyak lainnya. 

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terkait

Berita Terkini