Boladunia

Jadwal Final Euro 2020 Italia vs Inggris, Catat Tanggal Mainnya!

Final Euro 2020 mempertemukan Italia vs Inggris.

Rauhanda Riyantama

Momen pertandingan Italia vs Inggris di Piala Dunia 2014. (BEN STANSALL / AFP)
Momen pertandingan Italia vs Inggris di Piala Dunia 2014. (BEN STANSALL / AFP)

Bolatimes.com - Jadwal final Euro 2020 yang mempertemukan Italia vs Inggris akan digelar Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Laga tersebut akan tersaji di Stadion Wembley, London.

Timnas Italia lolos ke final dengan susah payah usai mengalahkan Spanyol. Tim besutan Roberto Mancini menang 4-2 lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Gli Azzurri membuka keunggulan lebih dulu lewat Federico Chiesa pada menit ke-60, sebelum dibalas Alvaro Morata 10 menit jelang waktu normal berakhir.

Di babak perpanjangan waktu, skor 1-1 tak berubah kendati Spanyol lebih banyak membuat peluang dan mengendalikan permainan. Laga pun harus ditentukan hingga babak adu penalti.

Empat penendang Italia berhasil menjalankan tugasnya dalam drama adu penalti ini, sedangkan hanya dua dari empat penendang Spanyol yang berhasil.

Keempat penendang Italia yang berhasil adalah Andrea Belotti, Leonardo Bonucci, Federico Bernardeschi dan Jorginho, sedangkan penendang pertama mereka Manuel Locatelli gagal karena bola diselamatkan kiper Spanyol Unai Simon.

Sebaliknya Spanyol hanya berhasil dari dua penendang, yakni Gerard Moreno dan Thiago Alcantara, sedangkan Dani Olmo melebar dia atas gawang dan Morata dimentahkan oleh kiper Gianluigi Donnarumma.

Di partai lain, Inggris juga tak kalah susahnya untuk melaju ke final. Harry Kane dan kawan-kawan butuh memainkan babak perpanjangan waktu sebelum menang 2-1.

Inggris kebobolan lebih dulu di laga ini. Publik tuan rumah dikagetkan oleh tendangan bebas Mikkel Damsgaard pada menit ke-30 yang sukses merobek jala kiper Jordan Pickford.

Tim Tiga Singa baru berhasil menyamakan sembilan menit kemudian. Bukayo Saka menusuk dari sisi kiri pertahanan Denmark sebelum melepaskan umpan ke tengah kotak penalti.

Bola kemudian bergulir ke arah Raheem Sterling yang mendapat pengawalan ketat Simon Kjaer. Namun alih-alih mengamankan gawang, Kjaer justru menceploskan bola ke gawangnya sendiri.

Selepas gol itu, Inggris kemudian lebih banyak menguasai bola, tetapi tak kunjung mampu memecahkan kebuntuan dan skor 1-1 bertahan sampai waktu normal, memaksa laga dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit.

Sejak babak tambahan pertama dimulai bola nyaris selalu berada di paruh lapangan Denmark dan Inggris memaksa Schmeichel melakukan dua penyelamatan sigap atas tembakan Kane dan Jack Grealish.

Pada menit ke-102, wasit menunjuk titik putih setelah Sterling dijatuhkan oleh Joakim Maehle dan kendati para pemain Denmark melancarkan protes, masukan dari VAR membuat Danny Makkelie tetap menghadiahi tendangan penalti bagi Inggris.

Kane yang jadi algojo awalnya mendapati eksekusi penaltinya bisa ditebak dan dimentahkan oleh Schmeichel.

Beruntung bagi Inggris bola muntah tidak jauh dari sang kapten yang langsung menyambarnya ke dalam gawang untuk membawa The Three Lions memimpin 2-1 pada menit ke-104.

Keunggulan 2-1 bagi Inggris tetap bertahan ketika peluit tanda bubaran terdengar memastikan langkah The Three Lions ke final Euro 2020 menghadapi Italia di Wembley.

Berikut jadwal final Euro 2020 beserta link live streaming

Pertandingan: Italia vs Inggris
Waktu: Senin 12 Juli, pukul 02.00 WIB.
Live: RCTI
Link live streaming: Mola TV.

Berita Terkait

Berita Terkini