Boladunia

Profil Mikkel Damsgaard, Penyerang Denmark yang Bobol Gawang Inggris

Mikkel Damsgaard sukses bobol gawang Inggris di semifinal Euro 2020.

Rauhanda Riyantama

Aksi penyerang Timnas Denmark, Mikkel Damsgaard, saat membobol gawang Timnas Inggris di semifinal Euro 2020. (LAURENCE GRIFFITHS / POOL / AFP)
Aksi penyerang Timnas Denmark, Mikkel Damsgaard, saat membobol gawang Timnas Inggris di semifinal Euro 2020. (LAURENCE GRIFFITHS / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Rekor clean sheet yang ditorehkan Timnas Inggris di Euro 2020 harus rusak, selepas kemenangannya melawan Denmark. Memang Inggris berhasil melaju ke babak final, namun skor 2 - 1 yang tercetak pada pertandingan tersebut membuat rekor tanpa kebobolan Inggris harus berhenti.

Mendadak semua orang kemudian mencari profil Mikkel Damsgaard, penyerang Denmark yang bobol gawang Inggris pada laga dini hari lalu. Berikut ulasan selengkapnya.

Profil Mikkel Damsgaard

Lahir di Denmark, 3 Juli tahun 2000, pemain yang baru genap berusia 21 tahun tersebut terasa seperti jenderal lapangan tengah untuk Denmark. Sosoknya menjadi sorotan selepas Christian Eriksen harus menepi karena cedera berat yang dialaminya. Kesempatan tampil membela tim nasional kemudian tak disia-siakannya dengan tampil gemilang di beberapa pertandingan.

Damsgaard sendiri berduet dengan Hojbjerg di lini tengah, untuk mengatur serangan dan pertahanan tim Denmark. Tak heran jika lini depan dan belakang Denmark bisa bermain demikian solid, berkat duet keduanya di lapangan tengah.

Selebrasi penyerang Timnas Denmark, Mikkel Damsgaard, usai membobol gawang Timnas Inggris di semifinal Euro 2020. (LAURENCE GRIFFITHS / POOL / AFP)
Selebrasi penyerang Timnas Denmark, Mikkel Damsgaard, usai membobol gawang Timnas Inggris di semifinal Euro 2020. (LAURENCE GRIFFITHS / POOL / AFP)

Karier Sepak Bola

Jika dilihat, karier sepakbolanya sudah dimulai sejak Mikkel Damsgaard masa anak-anak. Ketika ia membela Jyllinge FC, klub kampung halaman di mana sang ayah berperan sebagai pelatih.

Tahun 2013 kemudian ia pindah ke FC Nordsjaelland sebagai pemain U12. Tahun 2017 ia resmi debut di tim senior, dan kemudian pada Februari 2020 lali ua resmi dikontrak Sampdoria, klub asal Italia selama 4 tahun.

Di level tim nasional sendiri ia baru bergabung pada tahun 2020 lalu. Pada laga melawan Rusia, ia membantu Denmark menang dengan skor 4 -1 dan menjadi pemain Denmark termuda yang membukukan gol di laga Euro 2020 ini.

Puncaknya, ia membuat gol luar biasa pada pertandingan melawan Inggris di semifinal dini hari tadi. Akurat mengarah ke ujung kanan gawang, membuat cleansheet Inggris harus berakhir.

Meski memang secara fakta Denmark tetap tidak dapat melaju ke babak final karena kalah 2 -1 dari Inggris, namun laju mereka di Euro sudah terbilang satu rekor tersendiri. Dengan materi pemain muda yang masih segar, Denmark diyakini akan jadi tim kuat di masa yang akan datang.

Berikut tadi sedikit penjelasan mengenai profil Mikkel Damsgaard, penyerang Denmark yang bobol gawang Inggris.

Kontributor: I Made Rendika Ardian

Berita Terkait

Berita Terkini