Boladunia

Profil Ousmane Dembele, Dituduh Rasis kepada Orang Asia

Dembele terciduk rasis bersama kompatriotnya Antoine Griezmann.

Rauhanda Riyantama

Penyerang muda Barcelona, Ousmane Dembele (Lluis Gene/AFP)
Penyerang muda Barcelona, Ousmane Dembele (Lluis Gene/AFP)

Bolatimes.com - Penyerang FC Barcelona dan Timnas Prancis, Ousmane Dembele tersandung kasus tuduhan rasisme yang juga menyeret rekannya Antoine Griezmann. Tudingan tersebut berasal dari video 42 detik yang viral di media sosial. 

Duduk perkarasanya, video tersebut menunjukkan Dembele berada di sebuah kamar hotel bersama Antoine Griezmann. Keduanya sedang menyaksikan tiga orang teknisi yang merupakan orang Asia yang memperbaiki televisi di kamar mereka.

Dalam video tersebut Dembele mengucapkan perkataan bernada rasisme kepada teknisi tersebut. Griezmann yang berada didekatnya hanya tertawa mendengar perkataan Dembele tersebut. Diketahui bahwa video tersebut dibuat pada tur pramusim FC Barcelona ke Asia pada tahun 2019.

Ousmane Dembele klarifikasi video rasis yang menyeret namanya. (Instagram/o.dembele7)
Ousmane Dembele klarifikasi video rasis yang menyeret namanya. (Instagram/o.dembele7)

Melihat video tersebut lantas Dembele memberikan klarifikasi dan pengakuan melalui Instagram Stories. "Halo semuanya, dalam beberapa terakhir video dari 2019 viral di media sosial. Momen itu terjadi di Jepang, tapi bisa terjadi dimanapun di belahan dunia lain. Saya menggunakan bahasa serupa, terlepas di mana lokasinya," tulis Dembele.

"Saya tidak bermaksud menyerang komunitas tertentu. Saya biasa menggunakan bahasa itu secara pribadi bersama teman tidak peduli dari mana mereka berasal."

"Video ini sudah viral di publik. Saya menyadari mungkin itu menyakiti orang di dalamnya. Maka dari itu, saya ingin meminta maaf sedalam-dalamnya kepada mereka," pungkasnya.

Profil Ousmane Dembele

Ousmane Dembele merupakan pesepak bola Prancis yang saat ini bermain untuk FC Barcelona dan Timnas Prancis. Dembele lahir di Verron Ture, Verron, Prancis pada 15 Mei 1997, saat ini berusia 24 tahun. Dembele lahir dari orangtua yang berdarah Mali dari sang ayah dan ibu yang keturunan Senegal dan Mauritania.

Dembele memulai karier sepak bola saat ia bergabung dengan Rennes II dan kemudian berhasil tampil di Ligue I pada tahun 2015 setelah dipromosikan pada tim utama Rennes. Ia berhasil mengoleksi 12 gol dan 5 assist pada 26 laga dalam satu musim sebelum dibawa Borussia Dortmund pada muis 2016/2017.

Dembele menandatangani kontrak lima tahun dengan Borussia Dortmund pada 12 Mei 2016. Dembele memulai debutnya pada pertandingan melawan Bayern Munich dengan kekalahan skor 2-0. Ia berhasil mengoleksi 6 gol dan tampil sebanyak 30 pertandingan dalam satu musim bersama Borussia Dortmund.

Karier Dembele yang bergulir dengan cepat, ia kemudian berlabuh ke klub raksasa Barcelona pada musim 2017/2018 dengan harga 105 juta Euro. Hingga saat ini ia telah menjalani 81 pertandingan dan mengoleksi 18 gol pada setiap kompetisi.

Dalam pertandingannya bersama Barcelona, Dembele kerap menepi karena cedera yang ia alami. Padahal para suporter berharap banyak terhadapnya karena umur yang relatif muda hingga digadang-gadang sebagai penerus Neymar yang hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG).

Dembele dikenal sebagai orang yang kurang disiplin sebagai seorang atlet. Pasalnya ia sering mengindahkan asupan makanan bergizi dan lebih menyukai makanan cepat saji serta sering bergadang untuk bermain game bersama teman-temannya.

Terlepas dari itu, Ousmane Dembele masih menjadi andalan klubnya Barcelona maupun Timnas Prancis dalam setiap pertandingan. Pertandingan terakhir yang ia lakoni pada saat Timnas Prancis berjumpa dengan Timnas Swiss pada ajang Euro 2020 membuatnya terkena cedera yang mengharuskannya menepi untuk beberapa minggu. 

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terkait

Berita Terkini