Boladunia

Profil Patrick Vieira, Legenda Arsenal Pelatih Baru Crystal Palace

Patrick Vieira baru saja ditunjuk jadi pelatih Crystal Palace.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Prancis, Patrick Vieira (kanan) mencoba menekel pemain timnas Denmark Michael Laudrup (kiri) pada babak penyisihan grup C Piala Dunia 1998 (AFP)
Pemain Timnas Prancis, Patrick Vieira (kanan) mencoba menekel pemain timnas Denmark Michael Laudrup (kiri) pada babak penyisihan grup C Piala Dunia 1998 (AFP)

Bolatimes.com - Siapa tak kenal nama Patrick Vieira? Legenda yang pernah membawa Arsenal ke era keemasannya tersebut kembali ke Premier League. Namun bukan sebagai pemain, ia kembali sebagai pelatih di Crystal Palace. Profil Patrick Vieira, legenda Arsenal pelatih baru Crystal Palace kemudian banyak dicari orang di jagat dunia maya saat ini.

Sebelumnya, karier kepelatihan Vieira sendiri sudah dimulai di Nice, namun tidak membawa kabar gembira, dan resmi diberhentikan pada Desember lalu. Ia juga pernah menukangi New York City FC, namun berakhir serupa. Kini, ia kembali untuk menjawab tantangan Premiere League yang keras, cepat, dan penuh tensi.

Profil Patrick Viera, Legend Arsenal Pelatih Baru Crystal Palace

Lahir pada 23 Juni 1976 di Senegal, pemain gelandang jangkung ini pernah membela Arsenal setidaknya selama 10 musim. Sejak tahun 1996 hingga tahun 2005, ia kemudian berpindah ke Juventus, lalu ke Inter Milan, dan terakhir di Manchester City. Tentu saja, tim yang membesarkan namanya adalah Arsenal, dengan lebih dari 270 kali caps.

Ia kemudian memilih kewarganegaraan Prancis, dan diangkut dalam tim nasional Prancis untuk segmen U21 di tahun 1995. Tahun 1997, ia sudah masuk daam skuad senior dan membela Prancis hingga tahun 2009. Dengan 107 caps penampilan dan 6 gol yang disarangkannya, ia juga cukup sukses ketika membela tim nasional Prancis ini.

Pensiun secara Profesional

Per tanggal 14 Juli 2011, ia resmi gantung sepatu dan berhenti dari karirr persepakbolaan. Selama ia berkarier di Liga Inggris ia juga membuat beberapa kontroversi. Pertama pada tahun 1999 ketika ia baku hantam dengan Roy Keane, legenda lain di Premier League. Kemudian di tahun yang sama, ia saling meludah dengan Neil Ruddock, yang merupakan pemain West Ham United. Akibat tingkahnya, ia diultimatum oleh Arsene Wenger dan diminta untuk tak tampil lagi di Arsenal.

Kembalinya Vieira ke Liga Inggris ini kemudian mendapat sambutan hangat dari mantan pelatihnya, Arsene Wenger. Ia menyatakan bahwa Vieira memiliki potensi bagus untuk menjadi pelatih, dan Crystal Palace akan jadi tempat memulai yang baik untuknya.

Demikian tadi profil Patrick Vieira, legend Arsenal pelatih baru Crystal Palace.

Kontributor: I Made Rendika Ardian

Berita Terkait

Berita Terkini