Boladunia

Profil Jordan Henderson, Cetak Gol Perdana untuk Inggris Setelah 11 Tahun

Jordan Henderson sukses mencetak satu gol dan membantu Timnas Inggris lolos ke semifinal Euro 2020. Simak profilnya

Irwan Febri Rialdi

Jordan Henderson/Instagram
Jordan Henderson/Instagram

Bolatimes.com - Jordan Henderson mencatatkan namanya pada papan skor Inggris vs Ukraina. Ia menyumbangkan 1 gol pamungkas setelah duo Harry (Kane dan Maguire. Menariknya, gol Henderson ini merupakan gol pertamanya untuk The Three Lions! SImak profil Jordan Henderson selengkapnya berikut ini.

Gol Perdana Jordan Henderson Bersama Timnas Inggris

Inggris melangkah maju ke babak semifinal Euro 2020 usai membantai Ukraina 4-0. Inggris membombardir gawang Ukraina dengan gol tak terbalas. Harry Kane sumbang 2 gol, serta Harry Maguire dan Jordan Henderson masing-masing cetak 1 gol.

Tepatnya pada babak kedua laga Inggris vs Ukraina Minggu (4/7/2021) dini hari WIB di Olimpico, Roma, Jordan Henderson sukses melambungkan skor Inggris 4-0 di menit 63 hasil sundulannya dari umpan tendangan sudut Mason Mount.

Gol Henderson ini sangat bersejarah bagi sang veteran karena menjadi gol perdananya untuk timnas Inggris usai debut pada tahun 2010 silam. Artinya perlu tunggu hingga 11 tahun bagi Henderson membobol gawang lawan saat tampil bersama The Three Lions. Di antara pemain lainnya, gol ini paling dinantikannya tepat pada penampilan ke-62 membela Inggris.

Dikutip dari BBC Sports, Henderson mengungkapkan kegembiraannya, “Sejujurnya hanya soal waktu (buat saya mencetak gol). Butuh waktu yang lama. Syukurlah saya berhasil mencetak gol, Saya senang untuk tim karena performanya luar biasa,”

Kontribusi Henderson sangat berarti untuk tim kebanggan Ratu Elizabeth II tersebut. Meskipun sempat diragukan publik Inggris usai pemanggilannya untuk membela Inggris pada gelaran Euro 2020, ia telah menunjukkan kebolehannya. Terbukti pada laga semifinal Euro 2020, Inggris akan meladeni Denmark yang akan digelar Kamis (8/7/2021) dini hari WIB di kandang sendiri, Stadion Wembley, London.

Sosok Jordan Henderson di Liverpool dan Timnas Inggris

Jordan Brian Henderson atau Jordan Henderson, lahir pada 17 Juni 1990 di Sunderland, Inggris. Saat ini pria 31 tahun ini berperan sebagai kapten dan gelandang untuk Liverpool serta memperkuat tim nasional Inggris. Meski posisi kapten timnas Inggris ditempati Harry Kane saat ini, Henderson disebut-sebut menjadi salah satu sosok anak asuh Gareth Southgate paling karismatik.

Southgate bahkan pernah menilai positif Henderson seperti dikutip dari laman The Athletic, “Faktor kepemimpinan dan keberadaannya dalam tim memberi pengaruh kepada rekan setim lain. Khususnya pada pemain yang lebih muda,”

Tak hanya di tim nasional, jiwa kepemimpinan Henderson juga nampak saat tampil bersama Liverpool di ajang Liga Inggris atau Premier League. Pada 2015 lalu, sang gelandang ditunjuk menggantikan Steven Gerrard sebagai kapten klub. Henderson mewarisi kesuksesan sang legenda Gerrard dengan menorehkan berbagai prestasi dalam kurun waktu lima tahun.

Sebut saja gelar juara Liga Champions 2018-2019, Piala Dunia Antarklub 2020, Piala Super UEFA 2020, hingga pemenang Premier League 2019-2020 yang berhasil digaet bersama Liverpool. Jordan Henderson telah membukukan 392 penampilan dan 30 gol untuk Liverpool hingga akhir musim 2020-2021.

Terbaru, Henderson bersama Raheem Sterling menerima penghargaan atas jasanya untuk amal dengan dianugerahi MBE dalam daftar penghargaan ulang tahun Ratu Inggris.

Biodata Jordan Henderson

Nama lengkap: Jordan Brian Henderson

Tempat lahir: Sunderland, Tyne and Wear, Inggris

Tanggal lahir : 17 Juni 1990

Kewarganegaraan: Inggris

Posisi bermain: gelandang tengah

Tinggi badan: 187 cm

Klub saat ini: Liverpool

Karir junior: Sunderland (1998-2008)

Karir senior: Sunderland (2008-2011), Coventry (2009/pinjaman), Liverpool (2011-sekarang)

Timnas: U-19 (2009), U-20 (2009), U-21 (2010-2013)

Demikian profil Jordan Henderson sang pemain Liverpool dan The Three Lions yang terkenal akan karismanya. Saksikan terus aksi Henderson dkk membela tim nasional kebanggan meraih gelar juara Piala Eropa 2020!

Kontributor: Yulia Kartika Dewi

Berita Terkait

Berita Terkini