Boladunia

Profil Lorenzo Insigne, Sang Pahlawan Italia yang Mengoyak Gawang Belgia

Insigne jadi penentu kemenangan Italia atas Belgia dengan skor 2-1.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi striker Italia, Lorenzo Insigne usai membobol gawang Belgia. (CHRISTOF STACHE / POOL / AFP)
Selebrasi striker Italia, Lorenzo Insigne usai membobol gawang Belgia. (CHRISTOF STACHE / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Italia melenggang ke babak semifinal Euro 2020 usai menang 2-1 atas Timnas Belgia. Gli Azzurri mencetak gol ciamik lewat Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne.

Insigne jadi pahlawan kemenangan Italia. Ia mencetak gol penting pada menit ke-44. Seperti apa profil Lorenzo Insigne, sang pahlawan Italia ini? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Profil Lorenzo Insigne

Lorenzo Insigne terpilih sebagai pemain terbaik di laga Italia vs Belgia pada babak perempatfinal Euro 2020, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. Insigne sukses mencetak gol kedua Italia dalam laga yang berlangsung di Allianz Arena. Hasil ini adalah kemenangan ke-15 Italia sepanjang gelaran Piala Eropa dan mengantarkan Italia meladeni Spanyol pada partai semifinal Euro 2020.

Will Ruthensteiner, Tim Teknik UEFA, dikutip dari laman UEFA menjelaskan peran pemain Napoli tersebut, “DIa menjadi penentu laga tersebut, memainkan umpan-umpan cemerlang, menunjukkan kecerdasan dan teknik sepak bola pada level tertinggi”

Insigne yang  memiliki tinggi 163 disebut sebagai pahlawan Italia dan cukup merepotkan bagi lawan-lawannya. Insigne bertugas sebagai penyerang sayap kiri bekerja sama dengan Ciro Immobile dan Federico hingga menit ke-79 sebelum digantikan oleh Domenico Berardi.

Pria kelahiran Frattamaggiore, Napoli, Italia ini menjadi andalan pelatih Roberto Mancini dalam gelaran Euro 2020 kali ini. Sang pelatih menempatkannya di sektor sayap kiri, “posisi alami” Insigne. Dalam 5 kesempatan bermain, Insigne telah membalas lewat dua gol untuk skuadnya. Termasuk satu gol yang menembus gawang Belgia di perempat final.

Lawan Stigma Pemain Berpostur Pendek

Postur tubuh Insigne memang berbeda dengan rekan-rekannya di klub Napoli maupun timnas Italia. Kapten Napoli tersebut juga mengaku sempat tidak percaya diri dengan tinggi badan 163 cm.

Dikutip dari laman resmi UEFA pada 2017 silam, Insigne pernah berujar, “Mereka dulu mengatakan saya memiliki beberapa bakat, tetapi terlalu pendek,”

“Pada satu titik, saya ingin berhenti dari sepakbola karena semua orang mengatakan hal yang sama dan saya pikir mungkin sia-sia untuk melanjutkan. Lalu saya menjalani uji coba dengan Napoli dan itu berjalan dengan baik,”

Insigne kemudian berani mengambil langkah melawan stigma sepak bola Eropa hanya milik orang-orang berpostur tinggi. Penyerang lincah ini memiliki kecepatan gesit yang tak dimiliki semua pemain tinggi. Terbukti Insigne tangguh ketika beradu lari berhadapan dengan bek lawan. Ia juga memanfaatkan kemampuannya itu untuk mencari celah lawan.

Pada laga melawan Belgia di perempat final Euro 2020, Insigne dielu-elukan sebagai pahlawan Italia yang mempertahankan keunggulan hingga akhir laga. Satu gol indahnya tercipta dari sepakan kaki kanannya dari luar penalti dan membentuk lengkungan indah hingga mengoyak gawang lawan di pojok kanan.

Biodata Lorenzo Insigne

Nama: Lorenzo Insigne

Tempat tanggal lahir: Frattamaggiore, 4 Juni 1991

Tinggi badan: 163 cm

Posisi: sayap kiri

Kaki dominan: kanan

Karir Klub & Timnas

-          Napoli (2010-sekarang)

-          Cavese (2010/pinjaman)

-          Foggia (2010-2011/pinjaman)

-          Pescara (2011-1012/pinjaman)

-          Italia U-20 (2010-2011)

-          Italia U-21 (2011-2013)

Prestasi Individu

-          Top Scorrer Coppa Italia Serie C 2010-2011 – 7 gol

-          Top Scorer Coppa Italia 2013-2014 – 3 gol

 Demikian profil Lorenzo Insigne, sang pahlawan Timnas Italia di Euro 2020 yang perlu diketahui.

Berita Terkait

Berita Terkini