Boladunia

Sejarah Pencetak Hattrick Berhak Bawa Pulang Bola

Ini alasan pencetak hattrick bisa bawa pulang bola usai pertandingan.

Rauhanda Riyantama

Gareth Bale cetak hattrick saat Tottenham Hotspur melawan Sheffield United di Liga Inggris. (NICK POTTS / POOL / AFP)
Gareth Bale cetak hattrick saat Tottenham Hotspur melawan Sheffield United di Liga Inggris. (NICK POTTS / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Seorang pesepak bola yang bisa mencetak tiga gol alias hattrick dalam satu pertandingan punya hak istimewa yakni membawa pulang bola. Kebiasaan ini pun telah lama dipraktikkan.

Tentu banyak yang bertanya-tanya perihal alasan seorang pencetak hattrick bola membawa pulang bolanya. Dirangkum Instagram dari Spoortsy Football, berikut adalah alasan pencetak hattrick boleh bawa pulang bola.

Tidak ada aturan resmi atau tertulis

Biasanya pemain yang mencetak hattrick, akan menghampiri wasit di akhir laga untuk meminta match ball. Namun tidak jarang pula sang wasit yang menawarkan bola ke pemain. Meskipun hal tersebut bukan sebuah tanggung jawab yang harus dilakukan wasit.

Berhubung tidak ada peraturan tentang bola yang dibawa pemain hattrick, penerapannya tidak selalu konsisten. Intinya, jika pencetak hattrick ingin membawa pulang bola, diperbolehkan. Namun jika tidak bersedia membawa pulang bola juga tidak masalah. Tergantung pada keinginan dari sang pemain saja.

Bagaimana Jika ada Dua Pencetak Hattrick?

Terdapat dua kasus dalam pertandingan bola yang cukup menarik. Pada tahun 2004 lalu, dalam laga pertandingan antara Empoli melawan Juventus, Tommaso Rocchi dan David Trezeguet berhasil mencetak hattrick. Skor pertandingan saat itu adalah 3-3. Namun Rocchi-lah yang mencetak hattrick terlebih dahulu. Sehingga Rochi berhak mendapatkan bola.

Kasus kedua, yaitu pada saat kemenangan Barcelona 7-0 atas Valencia tahun 2016 silam. Luis Suarez sukses mencetak 4 gol dan Lionel Messi mencetak hattrick. Keduanya berhak meminta match ball meski bukan aturan yang resmi.

Bawa Pulang Matchball, Hal yang Umum dan Lumrah

Mencetak gol dalam sepak bola adalah hal yang wajar dan menjadi tujuan sebuah tim. Namun bisa mencetak hingga tiga gol atau lebih menjadi prestasi yang hebat. Penghargaan dengan diberikannya ola pertandingan untuk pemain hattrick sebenarnya tidak memiliki peraturan tertulis. Akan tetapi, sudah menjadi hal yang umum dan lumrah jika sang peraih hattrick berhak membawa pulang match ball.

Nah, demikian ulasan singkat mengenai ketentuan diberikannya match ball oleh pencetak hattrick si sebuah pertandingan. Sekali lagi, ketentuan ini tidak terikat aturan tertulis dan diserahkan sepenuhnya kepada pencetak hattrick.

Kontributor: Yulia Kartika Dewi

Berita Terkait

Berita Terkini