Boladunia

Profil Qatar, Negara Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Qatar merupakan negara tuan rumah Piala Dunia 2022. Simak profilnya

Irwan Febri Rialdi

Logo Piala Dunia 2022. (Dok. FIFA)
Logo Piala Dunia 2022. (Dok. FIFA)

Bolatimes.com - Turnamen sepak bola internasional empat tahunan atau Piala Dunia akan segera dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang. Piala Dunia FIFA yang ke-22 ini akan berlangsung di Qatar. Ini akan menjadi kali pertama Qatar menyelenggarakan turnamen terbesar sedunia sekaligus pertama kali diadakan di Timur Tengah dengan mayoritas penduduk muslim.

Piala Dunia 2022 Qatar juga menjadi Piala Dunia yang sepenuhnya di Asia setelah Piala Dunia 2002 di Korea Selatan – Jepang. Piala Dunia 2022 Qatar akan diikuti oleh 32 tim yang telah lolos dari babak kualifikasi.

Piala Dunia 2022 Qatar akan dijadwalkan selama 28 hari yang dimulai pada akhir 21 November hingga 18 Desember 2022. Pertandingan final akan diadakan pada 18 Desember 2022 yang sekaligus perayaan Hari Nasional Qatar.

Profil Qatar

Qatar merupakan salah satu negara muslim terkaya dunia dengan jumlah penduduk 2,4 juta jiwa yang berlokasi di Timur Tengah. Bahasa Arab menjadi bahasa resmi Qatar dan bahasa Inggris menjadi bahasa kedua di negara tersebut. Tak hanya kedua bahasa resmi, ada beberapa bahaya yang diucapkan di negara penghasil minyak tersebut seperti Bahasa Urdu, Nepal, Sinhala, Tagalog, Malayalam, Pashto, dan masih banyak lainnya.

Negara Qatar terbagi atas 8 munisipalitas (baladiyah) antara lain Ad Dawhah, Al Khawr wa adh Dhakhira, Al Wakrah, Ar Rayyan, Ash Shamal, Ash Shihaniyah, Az Za’ayin, Umm Salal

Qatar juga memiliki berbagai lokasi bersejarah seperti Museum Seni Islam, The Pearl of Qatar, dan State Grand Mosque. Selain itu, Qatar juga dikenal sebagai negara yang menduduki posisi nomor 1 pada pendapatan perkapita. Masyarakat Qatar memiliki pendapatan perkapita sebesar 129.726 dollar atau setara dengan Rp 1,7 miliar.

Pemilihan Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2022 dilakukan sejak Januari 2009. Pemilihan ini juga sekaligus dilakukan untuk Piala Dunia 2018. Pada awal pemilihan terdapat 7 negara yang menawarkan diri sebagai tuan rumah namun seiring berjalannya waktu Meksiko kemudian mengundurkan diri.

Indonesia sempat menawarkan diri sebagai tuan rumah tetapi ditolak oleh FIFA karena tidak ada dukungan dari pemerintah. Pada akhirnya ada 5 negara kandidat sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, yakni Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Australia dan Qatar. Dari hasil pemungutan suara, Qatar menjadi negara terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. 

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terkait

Berita Terkini