Boladunia

5 Fakta Lionel Messi, Kisah Che Guevara hingga Jadi Ayah Anak Aguero

Lionel Messi resmi bukan lagi pemain Barcelona. Simak 5 fakta menarik dari pemain asal Argentina itu yang mungkin belum Anda tahu

Irwan Febri Rialdi

Striker Lionel Messi mengangkat trofi juara Liga Spanyol 2018/2019. (PAU BARRENA / AFP)
Striker Lionel Messi mengangkat trofi juara Liga Spanyol 2018/2019. (PAU BARRENA / AFP)

Bolatimes.com - Nama Lionel Messi menjadi perbincangan di jagat maya seiring berakhirnya kontrak yang ia miliki bersama Barcelona, per 1 Juli 2021.

Kontrak Lionel Messi sebagai pemain Barcelona resmi berakhir menyusul belum adanya kesepakatan anyar yang dibuat pemain berjuluk La Pulga tersebut dengan Blaugrana.

Dengan berakhirnya kontrak ini, untuk pertama kalinya Messi tak berhubungan dan tak terikat dengan Barcelona sejak tahun 2000.

Pembicaraan kontrak Messi sendiri tersendat karena pemain yang bersangkutan tengah fokus membela Argentina di Copa America 2021.

Dari sisi Barcelona, sang Presiden, Joan Laporta, masih menelaah beberapa detail sebelum memberikan kontrak yang sesuai dengan kemauan pihak sang megabintang.

Laporta bahkan menjamin bahwa perpanjangan kontrak Messi dan Barcelona berjalan lancar. Apalagi, raksasa Catalan tersebut mendatangkan beberapa pemain anyar untuk menunjukkan bukti keseriusannya membantu sang megabintang kembali menjadi yang terbaik.

Meski lancar, hanya ada satu permasalahan yang masih mengganjal soal perpanjangan kontrak ini. masalah tersebut adalah soal gaji.

Joan Laporta masih memiliki masalah soal besaran gaji Lionel Messi dikontrak anyarnya. Pasalnya, saat ini Barcelona tengah dilanda krisis finansial.

Perbincangan kontrak anyar tersebut juga masih terkendala aturan yakni Financial Fair Play (FFP) seperti yang dikutip dari cuitan Fabrizio Romano.

“Kami ingin Lionel Messi bertahan dan Leo pun ingin bertahan. Semuanya berada di jalurnya. Kami memiliki masalah soal Financial Fair Play, kami sedang mencari jalan terbaik untuk kedua pihak,” tutur Laporta.

Messi sendiri sejatinya sempat ingin hengkang di musim panas 2020 lalu. Akan tetapi, ia akhirnya memutuskan bertahan untuk menghormati kontraknya yang baru habis di 2021 ini.

Sebagai megabintang, Messi kerap menjadi sorotan. Beragam fakta menarik baik dari dalam dan luar lapangan kerap menjadi perbincangan.

Meski banyak diperbincangkan, tak banyak pula yang tahu mengenai sederet fakta di balik kehidupan Lionel Messi. Berikut ini ada beberapa fakta yang jarang diketahui, apa saja itu?

1. Hubungannya dengan Che Guevara

Lionel Messi nyatanya memiliki koneksi dengan Che Guevara, pemimpin revolusi Kuba. Koneksi itu berupa tempat dan bulan lahir.

Messi diketahui lahir di Rosario pada bulan Juni 1987. Sedangkan Che Guevara juga lahir di Rosario pada bulan Juni di tahun 1928.

2. Memiliki Garis Keturunan Italia

Banyak yang mengetahui bahwa Lionel Messi memiliki darah Spanyol dari sang kakek. Namun, diam-diam ternyata La Pulga punya garis keturunan Italia.

Jorge dan Celia Maria Cuccittini selaku orang tua Messi diketahui merupakan seorang imigran dari Italia. Saat itu, Jorge atau sang ayah bekerja di pabrik besi dan bekerja pula sebagai pelatih tim muda sebuah klub sepak bola.

3. ‘Ayah’ dari Anak Aguero

Lionel Messi merupakan figur ayah bagi Thiago Messi, Mateo Messi, dan Ciro Messi. Diketahui pula, La Pulga juga merupakan ‘ayah’ bagi anak Sergio Aguero.

Ayah di sini diartikan sebagai ayah baptis. Saat sang anak, Benjamin, telah lahir ke dunia, Aguero yang merupakan sahabat dekat Messi, memintanya menjadi ayah baptis bagi cucu Diego Maradona tersebut.

4. Debut Internasional Memalukan

Tak ada yang meragukan ketergantungan Argentina terhadap sosok Lionel Messi. Ia menjadi bintang sekaligus kapten yang tak tergantikan di skuad La Albiceleste.

Sebelum menjadi kapten, Messi harus menjalani pengalaman buruk di debutnya bersama tim senior Argentina saat berhadapan dengan Hungaria.

Saat debut internasionalnya di tahun 2005, Messi diusir oleh wasit setelah mendapat kartu merah. Padahal, saat itu ia baru masuk sebagai pemain pengganti dan baru berada di lapangan selama 47 detik.

5. Hampir Bermain di Skotlandia karena Football Manager

Lionel Messi bisa saja bermain di Skotlandia andai saat itu salah satu pelatih ternama Skotlandia, Alex McLeish, mau mendengarkan saran anaknya, John McLeish.

John McLeish menyarankan ayahnya untuk merekrut Messi, yang saat itu baru berusia 13 atau 14 tahun,  berdasarkan gim Football Manager yang ia mainkan.

Namun sang ayah mengindahkan ucapannya. Hasilnya pun dapat ditebak, ada sejumput penyesalan dari Alex McLeish yang mengabaikan rekomendasi putranya dari gim Football Manager.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini