Boladunia

Mengenal Lee Woon-Jae, Kiper Legendaris Korea Selatan yang Jadi Mualaf

Lee Woon-jae merupakan kiper Timnas Korea Selatan kala melenggang ke semifinal Piala Dunia 2002. Ia kini seorang mualaf, simak kisahnya

Irwan Febri Rialdi

Kiper legendaris Korea Sellatan, Lee Woon-Jae. (AFP)
Kiper legendaris Korea Sellatan, Lee Woon-Jae. (AFP)

Bolatimes.com - Lee Woon-jae merupakan seorang pesepak bola asal Korea Selatan dengan berposisi sebagai kiper. Bagi sebagian orang, nama Lee Woon-jae terdengar asing didengar namun bagi para penggemar sepak bola khususnya Asia pasti mengenal sosok ini.

Lee Woon-jae lahir di Cheongju, Chungbuk, Korea Selatan pada 26 April 1973 telah sukses menjadi kiper legendaris Korea Selatan. Salah satu aksi memukau Lee Woon-jae adalah saat ia berhasil menangkis tendangan penalti pemain Timnas Spanyol, Joaquin Sanchez pada babak perempat final Piala Dunia 2002. Hal itu membuat dirinya beserta Timnas Korea Selatan berhasil lolos ke babak semifinal.

Sayangnya pada pertandingan semifinal Piala Dunia 2002, Korea Selatan harus takluk dari Timnas Jerman dengan skor 0-1. Dalam pertandingan perebutan juara ketiga, Korea Selatan juga tumbang melawan Turki dengan skor 2-3.

Aksi Lee Woon-Jae ketika membela Timnas Korsel di Piala Dunia 2002. Ia berhadapan dengan bintang Turki, Hasan Sukur. (AFP)
Aksi Lee Woon-Jae ketika membela Timnas Korsel di Piala Dunia 2002. Ia berhadapan dengan bintang Turki, Hasan Sukur. (AFP)

Lee Woon-jae tercatat telah melakoni empat kali membela Timnas Korea Selatan pada ajang Piala Dunia yakni pada tahun 1994, 2002, 2006 dan 2010.

Sekitar 2 tahun setelah ajang Piala Dunia 2002 yang melambungkan namanya, ada satu hal dari Lee Woon-jae yang menarik untuk dibahas. Sebab pria kelahiran tahun 1973 tersebut memutuskan untuk menjadi seorang mualaf dan memeluk agama Islam.

Lee Woon-jae tertarik dengan ajaran agama Islam. Sejak menjadi mualaf, Lee Woon-jae menjalankan shalat dan puasa di bulan Ramadhan. Lee Woon-jae telah mengenal agama Islam sejak tahun 2004. P

erkembangan ajaran agama Islam yang pesat membuat Lee Woon-jae tertarik untuk mendalami Islam dan memutuskan menjadi mualaf. Meski demikian, dilansir dari islamicmovement.org, Lee Woon-jae tidak langsung mengumumkan kepada publik karena Korea Selatan diyakini tidak mengedepankan agama dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu dirinya tidak mengekspos identitas dirinya menjadi seorang mualaf.

Pada tahun 2012, Lee Woon-jae memutuskan untuk gantung sepatu dan mengakhiri kariernya di klub Jeonnam Dragons.

Demikian adalah sosok Lee Woon-jae, seorang kiper legendaris Korea Selatan yang memutuskan untuk menjadi mualaf dan memeluk agama Islam.

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terkait

Berita Terkini