Boladunia

5 Fakta Menarik Usai Spanyol Singkirkan Kroasia dari Euro 2020

Ada sejumlah fakta menarik yang dicetak oleh Spanyol dan Kroasia di laga 16 besar Euro 2020.

Irwan Febri Rialdi

Penyerang Timnas Spanyol, Alvaro Morata, merayakan golnya yang dicetak pada babak tambahan waktu saat menghadapi Kroasia dalam babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Copenhagen, Selasa (29/6/2021) dini hari WIB. STUART FRANKLIN / POOL / AFP.
Penyerang Timnas Spanyol, Alvaro Morata, merayakan golnya yang dicetak pada babak tambahan waktu saat menghadapi Kroasia dalam babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Copenhagen, Selasa (29/6/2021) dini hari WIB. STUART FRANKLIN / POOL / AFP.

Bolatimes.com - Spanyol secara dramatis berhasil merebut satu tiket ke babak perempat final Euro 2020 usai mengalahkan Kroasia 5-3 pada Senin (28/6/2021) malam WIB. Laga ini berjalan dengan penuh drama hingga kedua tim harus bermain sampai babak tambahan waktu.

Spanyol sempat tertinggal lebih dulu berkat gol bunuh diri Pedri, lalu berbalik unggul 3-1. Kroasia menyamakan kedudukan 3-3 di akhir babak kedua sehingga laga berlanjut ke tambahan waktu. Spanyol mampu menambah dua gol lewat Alvaro Morata dan Mikel Oyarzabal di babak tambahan.

Ada sejumlah fakta menarik yang dicetak oleh La Furia Roja dan Kroasia di laga tadi malam. Berikut di antaranya:

1. Pedri Pemain Termuda yang Main di Fase Gugur Euro

Pemain milik Barcelona ini tercatat menjadi pemain termuda yang mentas di babak gugur Euro dengan usia 18 tahun 215 hari. Sebelumnya, rekor ini dipegang Wayne Rooney. Eks bomber Manchester United itu meraihnya di usia yang masih 18 tahun 244 hari saat membela Inggris kontra Portugal pada Euro 2004.

2. Pedri Pencetak Gol Bunuh Diri Terjauh di Euro

Selain tercatat sebagai pemain paling muda di babak gugur Euro, Pedri menorehkan catatan minor sebagai pemain yang melakukan gol bunuh diri paling jauh di pentas ini.  Opta mencatat bahwa sang pemain mencetak gol bunuh diri dari jarak 49 yard, gol bunuh diri terjauh yang pernah terjaring di Euro dan yang pertama dari luar kotak penalti.

3. Salah Satu Jumlah Gol Terbanyak di Laga Euro

Drama 8 gol yang terjadi di laga Spanyol vs Kroasia tercatat sebagai jumlah gol terbanyak kedua dalam sejarah Euro. Catatan jumlah gol paling banyak di kompetisi ini terjadi ketika Yugoslavia mengalahkan Prancis di semifinal Euro 1960 dengan skor 5-4.

4. Pencetak Gol Tertua dan Termuda Spanyol

Kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta tercatat sebagai pemain Spanyol tertua yang mencetak gol di Euro. Ia membobol gawang Kroasia ketika berusia 31 tahun 304 hari. Sementara itu, Ferran Torres menjadi pemain Spanyol termuda dalam sejarah Spanyol yang mencetak gol di Euro, yaitu 21 tahun 120 hari.

5. Mencetak 5 Gol Beruntun

Drama yang terjadi di Stadion Parken tadi malam membuat Spanyol menjadi tim pertama di Euro yang bisa mencetak 5 gol dalam dua pertandingan beruntun. Sebelumnya di matchday terakhir Grup E, Spanyol melumat Slovakia 5-0.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini