Boladunia

Profil Mbappe, Eksekutor Terakhir Drama Adu Penalti Prancis vs Swiss

Nama Kylian Mbappe banyak dibicarakan setelah gagal mengeksekusi penalti. Simak profil bintang PSG itu

Irwan Febri Rialdi

Kylian Mbappe kecewa Prancis kalah dari Swiss di Euro 2020. (AFP/Franck Fife/Pool)
Kylian Mbappe kecewa Prancis kalah dari Swiss di Euro 2020. (AFP/Franck Fife/Pool)

Bolatimes.com - Sempat meraih keunggulan 3-1 atas Swiss, Prancis tergilas di babak adu penalti dengan kedudukan akhir 4-5. Kylian Mbappe yang menjadi eksekutor akhir Les Blues, gagal membobol tembok kokoh Yann Sommer. Melalui drama adu penalti ini, Prancis gagal tembus ke perempat final Euro 2020 untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia 2010. Lalu seperti apa profil Mbappe selengkapnya?

Profil Kylian Mbappe

Kylian Sanmi Mbappe Lottin merupakan seorang pemain sepak bola profesional asal Prancis yang lahir di Bondy, Prancis pada 20 Desember 1998. Mbappe berasal dari keluarga migran. Ayahnya Wilfried berasal dari Kamerun dan ibunya Fayza, berkebangsaan Aljazair merupakan mantai pemain handball profesional. Kylian Mbappe memiliki saudara angkat bernama Jires Kembo Ekoko yang juga pemain sepak bola profesional dan adik kandung bernama Adeyemi Mbappe.

Bakat Mbappe sudah terlihat sejak usia dini. Pria berusia 22 tahun itu pernah menjadi bintang bagi akademi remaja di AS Bondy yang dilatih oleh ayahnya. Ia kemudian pindah ke INF Clairefontaine, dimana saat itu Mbappe banjir tawaran dari banyak klub Prancis serta Klub Spanyol Real Madrid dan Valencia.

Tahun 2015, Mbappe menjadi bagian dari tim AS Monaco. Klub Monaco mengantarkan Mbappe menjadi starter regular dan pencetak gol untuk tinya di musim 2016/2017. Mbappe juga mengantar gelar pertama Monaco di Ligue 1 saat ia berusia 17 tahun.Mbappe mencetak 5 gol untuk Prancis saat memenangkan 2016 European Under 19 di semifinal.

Mbappe menciptakan debut internasional tim senior Prancis pada Maret 2017, setelah sebelumnya bermain di tingkat U-17 dan U-19 di tahun 2015. Mbappe kemudian dipanggil ke skuad timnas senior Prancis untuk menghadapi Luxemburg dan Spanyol pada 2017.

Mbappe melakoni debut internasional pertama untuk membela negaranya pada 25 Maret 2017 untuk menggantikan Dimitri Payet di menit 78 saat unggul 3-1 di 2018 FIFA di kualifikasi Piala Dunia. Sehingga Mbappe dinobatkan sebagai pemain termuda kedua (setelah Maryan Wisniewski) yang pernah membela timnas Prancis pada usia 18 tahun. Kala itu, Kylian Mbappe mencetak 4 gol dan membawa Prancis merajai Final Piala Dunia 2018.                                                                                                                                                                      

Karir Mbappe saat ini bermain sebagai penyerang untuk Paris Saint-Germain dan tim nasional Prancis. Ia bergabung bersama Paris Saint-Germain dengan ikatan kontrak pinjaman hingga pertengahan 2022. Nilai transfernya cukup fantastis mencapai 180 juta Euro.

Gagal Eksekusi Gol Adu Penalti Lawan Swiss

"Saya minta maaf atas penalti ini. Saya ingin membantu tim tetapi saya gagal. Akan sulit untuk tidur tetapi sayangnya ini adalah risiko dari olahraga yang sangat saya cintai ini.

"Saya tahu bahwa Anda para penggemar kecewa, tetapi saya tetap ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan Anda dan karena selalu percaya pada kami.

"Yang paling penting adalah bangkit lebih kuat untuk tantangan yang akan datang. Selamat dan semoga sukses untuk Swiss."

Demikian profil singkat Kylian Mbappe, sang penyerang andalan timnas Prancis dan PSG.

Kontributor: Yulia Kartika Dewi

Berita Terkait

Berita Terkini