Boladunia

Profil Kaya FC-Iloilo, Kalah Lawan PSM tapi Main di Liga Champins Asia

Klub asal Filipina, Kaya FC-Iloilo, secara mengejutkan tampil di Liga Champions Asia 2021.

Rauhanda Riyantama

PSM Makassar vs Kaya FC Iloilo. (Dok. AFC).
PSM Makassar vs Kaya FC Iloilo. (Dok. AFC).

Bolatimes.com - Klub asal Filipina, Kaya FC-Iloilo telah berhasil membuat kejutan baru. Pasalnya klub asal Filipina itu kini tampil di Liga Champions Asia 2021 ini. Kaya FC-Iloilo menghadapi klub China, Shanghai Port FC pada babak kualifikasi Liga Champions Asia 2021 di Stadion Pathum Thani, Bangkok, Thailand pada Rabu (23/6/2021).

Dalam pertandingan tersebut Kaya FC-Iloilo sukses mengalahkan Shanghai Port FC lewat gol Audie Menzi pada menit ke-16. Kemenangannya membuat Kaya FC-Iloilo berhasil masuk ke Grup F Liga Champions Asia bersama BG Pathum (Thailand), Ulsan Hyundai (Korea Selatan), dan Viettel (Vietnam).

Lantas bagaimana kiprah Kaya FC-Iloilo sepanjang karier klub yang kini tengah permain di Liga Filipina tersebut? Simak profilnya berikut ini.

Profil Kaya FC-Iloilo

Kaya FC-Iloilo (Kaya Futbol Club-Iloilo) ini merupakan klub sepakbola profesional Filipina yang berbasis di Kota Iloilo. Kaya FC-Iloilo didirikan pada tahun 1996 yang menjadi salah satu tim tertua di Filipina. Tim yang bermarkas di Stadion Iloilo Sport Complex ini pernah bertengger pada posisi ke-86 Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) pada Maret 2019.

Sejarah dan Asal Usul Nama

Kaya FC-Iloilo pada awalnya tidak bermarkas di Kota Iloilo. Sebelumnya mereka berdomisili di kota Makati dengan nama Kaya FC-Makati. Pada tahun 2018, Mereka pindah ke Kota Iloilo dan kemudian berubah nama menjadi Kaya FC-Iloilo.

Nama Kaya dari Kaya FC-Iloilo tersebut diambil dari album pada lagu ke-10 Bob Marley yang berjudul Kaya. Oleh karena itu, Kaya FC-Iloilo memiliki logo yang bercorak khas Bob Marley.

Nama Kaya juga memiliki nama lain yang berarti “Kita Bisa” atau “Kita Bisa Melakukannya” dari bahasa tagalog.

Prestasi Kaya FC-Iloilo

Kaya FC-Iloilo tentunya merupakan tim hebat yang bertengger dalam Liga Champions Asia setelah berhasil mengalahkan Shanghai Port FC. Kaya FC-Iloilo pernah tampil dalam Piala AFC pada musim 2016 dan 2019.

Kaya FC-Iloilo menempati peringkat ke-86 terbaik asia yang mengalahkan Bangkok United, Chonburi FC dan Becamex Binh Duong. Kaya FC-Iloilo juga telah menjuarai Copa Paulino Alcantara 2018.

Kalah Melawan PSM Makassar

Nama Kaya FC-Iloilo tentu tidak asing bagi para pecinta sepakbola Indonesia sebab klub tersebut pernah bermain melawan PSM Makassar. Namun dari pertandingan melawan PSM Makassar, Kaya FC-Iloilo tidak pernah satu kalipun menang.

Skuad The Mighty Kaya (julukan Kaya FC-Iloilo) mengalami dua kali bermain imbang dan dua kali kekalahan. Namun terlepas dari fakta tersebut, Kaya FC-Iloilo kini dapat membuktikan kehebatannya dengan melaju ke Liga Champions Asia 2021 dan bermain melawan deretan tim terbaik di Asia.  

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terkait

Berita Terkini