Boladunia

5 Pencapaian Fantastis Cristiano Ronaldo di Fase Grup Euro 2020

Berikut lima pencapaian Ronaldo di Euro 2020 yang mungkin tak bisa dipecahkan pemain lain.

Rauhanda Riyantama

Ekspresi striker Portugal, Cristiano Ronaldo usai membobol gawang Prancis lewat titik penalti di pertandingan terakhir grup F Euro 2020. (Foto: Bernadett SZABO/AFP)
Ekspresi striker Portugal, Cristiano Ronaldo usai membobol gawang Prancis lewat titik penalti di pertandingan terakhir grup F Euro 2020. (Foto: Bernadett SZABO/AFP)

Bolatimes.com - Sepanjang perhelatan fase grup Euro 2020, nama Cristiano Ronaldo menjadi perbincangan karena banyak memecahkan rekor, baik di ajang tersebut maupun di sepak bola internasional.

Megabintang asal Portugal tersebut mampu menjadi tulang punggung untuk negaranya di fase grup Euro 2020. Bergabung di grup neraka bersama Prancis, Jerman, dan Hungaria, Cristiano Ronaldo mampu membawa tim berjuluk Selecao das Quinas melangkah ke fase berikutnya.

Total 5 gol dilesakkan oleh pemain berusia 36 tahun tersebut. Torehannya sejauh ini membuatnya memuncaki daftar top skor Euro 2020.

Selain mampu merajai daftar top skorer dan membawa negaranya melenggang ke 16 besar, Cristiano Ronaldo juga menorehkan catatan-catatan mengagumkan lainnya.

Berikut 5 pencapaian Cristiano Ronaldo sepanjang fase grup Euro 2020.

1.       Menjadi Pemain Portugal Pertama yang Mencetak Gol di 3 Laga Grup Euro

Sematan sebagai tulang punggung Portugal bukanlah isapan jempol belaka. Sebab, di tiga laga fase grup Euro 2020, Cristiano Ronaldo selalu mencetak gol untuk timnya.

Gol pertama dan kedua ia buat saat Portugal membuka kampanyenya di Euro 2020 saat menghadapi Hungaria. Gol ketiganya hadir saat  ia dan koleganya tumbang di tangan Jerman di laga kedua.

Lalu, dua gol yang Cristiano Ronaldo lesakkan di laga terakhir grup F melawan Prancis menjadikannya pemain Portugal pertama yang mencetak gol di tiga laga awal Euro.

Cristiano Ronaldo saat memperkuat Timnas Portugal melawan Israel dalam laga uji coba. (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)
Cristiano Ronaldo saat memperkuat Timnas Portugal melawan Israel dalam laga uji coba. (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

2.       Menjadi Pemain Pertama yang Mencetak Gol di Lima Edisi Euro

Gol pertamanya di Euro 2020 ke gawang Hungaria menjadikan Cristiano Ronaldo sebagai pemain pertama yang mencetak gol di 5 edisi Euro.

Tercatat, berkat golnya ke gawang Hungaria, Cristiano Ronaldo telah mencetak gol di Euro 2004 (2 gol), 2008 (1 gol), 2012 (3 gol), 2016 (3 gol), dan 2020 (5 gol sejauh ini).

3.       Menjadi Top Skor Sepanjang Masa Euro

Berkat lima gol yang dicetaknya di fase grup Euro 2020, Cristiano Ronaldo menahbiskan diri sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Euro.

Sesaat sebelum tampil di ajang Euro 2020, Cristiano Ronaldo baru mencetak 9 gol sepanjang edisi Euro. Jumlah tersebut sama dengan torehan Michael Platini.

Namun, mantan penggawa Real Madrid ini berhasil menambah torehan gol di gelaran Euro menjadi 14 gol berkat 5 golnya di fase grup Euro 2020.

4.       Pemain Eropa dengan Jumlah Gol Terbanyak di Euro dan Piala Dunia

Saat mencetak gol pertama di laga Portugal vs Prancis, Cristiano Ronaldo menyamai rekor Miroslav Klose sebagai pemain Eropa dengan jumlah gol terbanyak di kompetisi mayor yakni Euro dan Piala Dunia.

Namun, satu gol tambahan yang ia lesakkan selanjutnya di laga Portugal vs Prancis, sah menahbiskannya sebagai pemain Eropa dengan gol terbanyak di Euro dan Piala Dunia yakni mencapai 20 gol.

5.       Menyamai Torehan Gol Ali Daei

2 golnya ke gawang Prancis di partai pamungkas grup F Euro 2020 juga turut menahbiskan Cristiano Ronaldo sebagai salah satu pencetak gol terbanyak di laga internasional bersama Ali Daei (Iran) dengan 109 gol.

Pria kelahiran Madeira ini masih berpotensi melewati pencapaian tersebut dan menjadikannya pencetak gol terbanyak bagi satu negara di laga internasional.

Pasca menyamai rekor tersebut, Ali Daei sempat melayangkan pesan dan memberikan selamat melalui akun Instagram-nya kepada top skorer sepanjang masa Real Madrid tersebut.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini