Boladunia

Termasuk Spanyol, Berikut 16 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Euro 2020

Spanyol akhirnya berhasil menang di laga pamungkas. Berikut 16 negara yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2021

Irwan Febri Rialdi

Bek Timnas Spanyol, Aymeric Laporte (kiri) merayakan gol bersama rekan-rekannya saat menghadapi Slovakia dalam matchday terakhir Grup E Euro 2020 di Stadion La Cartuja, Seville, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB. MARCELO DEL POZO / POOL / AFP.
Bek Timnas Spanyol, Aymeric Laporte (kiri) merayakan gol bersama rekan-rekannya saat menghadapi Slovakia dalam matchday terakhir Grup E Euro 2020 di Stadion La Cartuja, Seville, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB. MARCELO DEL POZO / POOL / AFP.

Bolatimes.com - Babak penyisihan Euro 2020 telah selesai semalam, 16 tim yang melaju ke babak berikutnya pun sudah terlihat. Lantas, tim mana saja yang lolos ke babak 16 besar Euro 2020?

Kontestan 16 besar Euro 2020 tak hanya diisi oleh juara dan runner up grup saja, tapi ditambah empat slot tim yang duduk sebagai peringkat tiga terbaik.

Keempat tim peringkat tiga terbaik itu diisi oleh Swiss, Republik Ceko, Ukraina dan terakhir adalah Portugal. Portugal lolos dengan predikat peringkat tiga terbaik usai bermain imbang 2-2 melawan Jerman.

Sementara Ukraina di grup C berhak lolos setelah Slovakia di grup E dibantai Spanyol 5-0 tanpa balas pada pertandingan semalam. Otomatis, Ukraina yang berhak melaju karena selisih gol lebih baik dibanding Slovakia.

Sementara tim-tim juara grup dan runner up berhak lolos 16 besar Euro 2020 ada Prancis yang sukses menjadi juara grup F, disusul Jerman di peringkat kedua.

Di grup A bertengger Italia sebagai juara grup dengan nilai sempurna dari tiga kemenangan. Disusul Wales di peringkat kedua setelah unggul selisih gol dari Swiss yang sama-sama mengantongi nilai empat.

Di grup B, Belgia juga ada di peringkat pertama dengan hasil sempurna dari tiga kemenangan. Posisi runner up diambil oleh Denmark yang secara dramatis bisa lolos dari lubang jarum setelah mengalami dua kekalahan.

Di grup C, juara grup dipegang oleh Belanda dengan nilai sempura. Disusul Austria sebagai runner up dengan nilai enam. Di grup ini, Ukraina meraih satu tiket 16 besar dengan status peringkat tiga terbaik.

Di grup D, Inggri melaju sebagai juara grup dengan raihan tujuh poin. Disusul kemudian oleh Kroasia sebagai runner up. Lalu Ceko juga berhak lolos dengan status peringkat tiga terbaik dengan nilai 4.

Di grup E, Spanyol akhirnya bisa memastikan diri lolos 16 besar Euro 2020 dengan status runner up setelah menggayang Slovakia 5-0. Di grup ini, Swedia berhak lolos sebagai juara grup dengan raihan 7 poin, unggul dua poin dari Spanyol yang ada di peringkat dua.

Di grup F, Prancis lolos sebagai jawara grup dengan raihan lima poin. Disusul Jerman di peringkat dua dan Portugal sebagai peringkat tiga terbaik.

Berikut daftar lengkap 16 tim yang Lolos 16 besar Euro 2020:

  1. Italia
  2. Wales
  3. Swiss
  4. Belgia
  5. Denmark
  6. Belanda
  7. Austria
  8. Ukraina
  9. Inggris
  10. Kroasia
  11. Republik Ceko
  12. Swedia
  13. Spanyol
  14. Prancis
  15. Jerman
  16. Portugal

(Suara.com/Bangun Santoso)

Berita Terkait

Berita Terkini