Boladunia

Simak! Berikut Lima Fakta Menarik Seputar Euro 2020

Euro 2020 akan bergulir pada 12 Juni.

Rauhanda Riyantama

Logo Piala Eropa 2020. (JUSTIN TALLIS / AFP)
Logo Piala Eropa 2020. (JUSTIN TALLIS / AFP)

Bolatimes.com - Euro 2020 akan segera bergulir dalam hitungan hari, tepatnya pada 12 Juni mendatang. Tim papan atas Eropa telah masuk ke dalam enam grup berbeda, namun  tidak sedikit pula tim debutan yang masuk dalam turnamen kali ini.

Serangkaian fakta menarik Euro 2020 mengiringi bergulirnya turnamen akbar untuk wilayah Eropa tersebut. Berikut lima fakta uniknya.

1. Bertajuk Euro 2020 namun Diadakan 2021

Jadwal sebenarnya penyelenggaraan Euro adalah pertengahan tahun lalu, maka nama turnamen ini masih Euro 2020. Namun karena terkendala pandemi yang melanda seluruh dunia, maka gelaran harus diundur satu tahun dan baru bisa diadakan pada bulan Juni tahun 2021 ini. Itupun dengan banyak catatan dan penerapan protokol kesehatan ketat.

2. Edisi Ke-16 Sekaligus Peringatan 60 Tahun Euro

Menjadi edisi ke-16 dari total Euro yang sudah berjalan, turnamen tahun ini juga merupakan peringatan atas 60 tahun berjalannya event 4 tahunan tersebut. Pertama digelar di Perancis pada tahun 1960 lalu, hanya terdapat dua negara besar yang mampu meraih capaian juara hingga tiga kali, yakni Jerman dan Spanyol.

3. Diadakan di Belasan Lokasi

Untuk memecah kerumunan suporter yang pasti akan berdatangan, gelaran Euro 2020 ini akan diadakan di 11 kota berbeda di 11 negara. Ini juga kali pertama Euro memiliki tuan rumah lebih dari dua negara.

Sebelumnya, Euro yang digelar di dua negara tuan rumah adalah Belanda dan Belgia tahun 2000, Austria dan Swiss tahun 2008, dan Polandia dan Ukraina tahun 2012 lalu.

4. Dimeriahkan dengan 2 Tim Debutan

Fakta menarik Euro 2020 selanjutnya adalah gelaran kali ini diramaikan dengan dua tim debutan yang bisa dikatakan sebagai kejutan. Pertama adalah Finlandia, dan kedua adalah Makedonia Utara.

Finlandia akan berjuang di Grup B bersama dengan Denmark, Belgia, dan Rusia. Sementara Makedonia Utara akan berjuang melawan Belanda, Ukraina, dan Austria di Grup C.

5. Misi Utama Timnas Portugal

Setiap negara tentu mengincar gelar juara yang akan dikaruniai oleh trofi Henri Delaunay. Namun untuk Portugal, gelar juara yang diincar kali ini adalah gelar juara bertahan karena mereka merupakan pemuncak di gelaran sebelumnya. Namun hal ini diprediksi akan mendapat perlawanan kuat, bahkan sejak fase grup karena Portugal berada di grup yang sama dengan Perancis, Jerman, dan Hungaria.

(I Made Rendika Ardian)

Berita Terkait

Berita Terkini