Boladunia

Ahmad Al-ali, Wasit Asal Kuwait yang Punya 'Kedekatan' dengan Vietnam

Ahmad Al-ali pernah melakukan tur di Hanoi.

Arif Budi Setyanto

Ahmad Al-ali, wasit yang memimpin laga Vietnam vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (Zingnews.vn)
Ahmad Al-ali, wasit yang memimpin laga Vietnam vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (Zingnews.vn)

Bolatimes.com - Wasit pemimpin laga Vietnam vs Indonesia dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Senin (7/6/2021) malam WIB menjadi sorotan. Juru taktik Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menganggap wasit yang bernama Ahmad Al-ali telah merusak ritme permainannya.

Shin Tae-yong menyoroti keputusan Ahmad Al-ali yang mengesahkan gol kontroversial. Pelatih Korea Selatan itu menyebut gol pertama Vietnam tidak harus terjadi karena Nguyen Tien Linh diklaim lebih dulu handball.

"Para pemain sudah bekerja keras, dan saya mengucapkan selamat kepada pelatih park. Memang di babak pertama, skor imbang. Tetapi tiba-tiba diganti suasana oleh pihak wasit. Jadi kenapa bisa skornya lebih jauh dari yang seharusnya tidak," ucap Shin Tae-yong.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. Bongda.vn)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. Bongda.vn)

Disadur dari VN Express pada Selasa (8/6/2021), ternyata wasit Ahmad Al-ali punya 'kedekatan' dengan Vietnam. Dalam laporannya sebelum laga, media Vietnam itu sempat menyoroti Ahmad Al-ali yang memimpin laga melawan Indonesia.

Laporan itu menyebutkan bahwa Ahmad Al-ali adalah wasit kelahiran tahun 1984. Dia memang belum pernah memimpin laga Timnas Vietnam. Namun, dia pernah menjadi wasit pertandingan di Tanah Vietnam.

Ahmad Al-ali sempat menjadi wasit keempat ketika klub Hanoi FC mengalahkan Tampines Rovers dengan skor 2-0 di penyisihan grup Piala AFC 2019 lalu.

Setelah menjadi wasit di laga itu, Ahmad Al-ali melakukan tur di Hanoi. Disebutkan dalam laporan itu, wasit asal Kuwait ini tertarik dengan Benteng Imperial Thang Long yang merupakan destinasi wisata yang terletak di jantung Kota Hanoi.

Terlepas dari itu, Timnas Indonesia menyerah 0-4 dari Vietnam. Empat gol Vietnam masing-masing dilesakkan oleh Nguyen Tien Linh, Nguyen Quang Hai, Nguyen Cong Phuong, dan terakhir Van Thanh Vu.

Selepas menghadapi Vietnam, Timnas Indonesia akan memainkan laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia kontra UEA pada 11 Juni mendatang.

Berita Terkait

Berita Terkini