Boladunia

Sebelum Alisson Becker, Ini 5 Kiper yang Pernah Cetak Gol di Premier League

Intip gol-gol yang dicetak para kiper di kompetisi Liga Inggris.

Arif Budi Setyanto

Kiper Liverpool Alisson Becker (kedua kiri) menyundul bola untuk mencetak gol penentu kemenangan atas West Bromwich Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Inggris, Minggu (16/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Tim Keeton)
Kiper Liverpool Alisson Becker (kedua kiri) menyundul bola untuk mencetak gol penentu kemenangan atas West Bromwich Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Inggris, Minggu (16/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Tim Keeton)

Bolatimes.com - Alisson Becker menjadi pahlawan Liverpool saat mencetak gol di menit akhir ketika melawan West Bromwich Albion. Alisson ternyata bukan kiper pertama yang mencetak gol di Liga Inggris, sebelumnya ada lima kiper lainnya yang pernah menceploskan bola ke gawang lawan.

Liverpool menang dramatis atas West Brom dengan skor 2-1 untuk menjaga asa lolos ke Liga Champions musim depan. Pada laga ini, The Reds tertinggal lebih dulu berkat gol Robson-Kanu (15').

Beruntung Mohamed Salah mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-33. Sepanjang pertandingan, Liverpool berhasil mendominasi, tapi lini serangnya buntu.

Keajaiban pun terjadi di menit-menit akhir ketika tim asuhan Jurgen Klopp mendapatkan tendangan corner. Di kesempatan terakhir itu, Alisson ikut maju dan hal itu berbuah manis.

Alisson mampu menanduk bola kiriman Trent Alexander-Arnold dari sepak pojok. Alisson menempatkan bola ke tiang jauh yang membuat kiper West Brom mati langkah. Skor pun berakhir 2-1 untuk kemenangan dramatis Liverpool.

Nah, bicara gol Alisson ini tentu menarik karena sosok kiper memang langka menjadi pencetak skor. Akan tetapi, Alisson ternyata bukan kiper pertama yang berhasil membuat gol di Liga Inggris.

Sebelum Alisson, ada lima kiper lain yang pernah mencetak gol di ajang Liga Inggris era Premier League, berikut rangkumannya:

1. Peter Schmeichel

Kiper legendaris Manchester United, Peter Schmeichel, merupakan penjaga gawang pertama yang pernah mencetak gol di Liga Inggris era Premier League. Namun, gol tersebut dicetak ketika Schmeichel berseragam Aston Villa pada musim 2001/2002.

Mirip seperti Alisson, Schmeichel membantu timnya saat tendangan sepak pojok. Kiper asal Denmark yang mendapatkan bola langsung menendang dan berhasil menembus lawannya.

2. Brad Friedel

Kiper yang pernah membela Tottenham Hotspur, Brad Friedel juga pernah mencetak gol di Liga Inggris. Friedel membuat gol ketika dirinya masih jadi pemain Blackburn Rovers.

Momen ini terjadi 21 Februari 2004 silam ketika Blacburn melawan Charlton Athletic. Friedel mencetak gol di penghujung laga lewat tendangan pojok dan membuat skor menadi 2-2.

Akan tetapi, Blackburn tetap kalah karena lawannya kembali mencetak gol dalam waktu singkat jelang berakhirnya pertandingan.

3. Paul Robinson

Kiper berpaspor Inggris, Paul Robinson, mencetak gol pada Liga Inggris musim 2006/2007 saat dirinya bermain untuk Tottenham Hotspur. Robinson membuat satu gol ketika Tottenham menang melawan Watford.

Nah, gol Robinson ini seakan tidak disengaja. Prosesnya, dia menendang bola mati dari daerahnya sendiri. Kemudian bola melambung jauh ke depan dan memantul ke tanah. Kiper Watford tak bisa mengantisipasinya dan akhirnya terciptalah gol.

4. Tim Howard

Eks kiper Everton, Tim Howard juga pernah mencetak gol di Liga Inggris. Momen ini terjadi ketika Everton menghadapi Bolwon Wanderers di Liga Inggris musim 2011/2012.

Howard juga seakan tak sengaja mencetak gol karena dia hanya melakukan sapuan bola dari kotak penalti. Akan tetapi, bola tendangannya melaju kencang dan malah berbuah gol. Sayang di laga itu Everton kalah 1-2 dari Bolton.

5. Asmir Begovic

Kiper terakhir sebelum Alisson yang mencetak gol di Liga Inggris adalah Asmir Begovic. Saat itu, Begovic masih muda serta membela panji Stoke City.

Begovic mencetak gol ketika Stoke menghadapi Southampton pada Liga Inggris musim 2013/2014. Begovic mencetak gol dari tendangan dengan jarak yang jauh.

Dia menendang bola dari kotak penaltinya sendiri. Bola tendangannya melaju deras dan akhirnya memantul ke tanah, sehingga kiper lawan susah menebaknya lalu berujung gol.

Berita Terkait

Berita Terkini