Boladunia

Copa America 2019: Imbang Kontra Paraguay, Perjuangan Argentina Makin Berat

Argentina berada di posisi buncit Grup A lantaran baru mengumpulkan satu poin dari dua laga.

Rauhanda Riyantama

Bintang Argentina, Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Paraguay dari titik putih di Copa America 2019. (Luis ACOSTA / AFP)
Bintang Argentina, Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Paraguay dari titik putih di Copa America 2019. (Luis ACOSTA / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Argentina melakoni laga kedua fase Grup B Copa America 2019 dengan hasil yang cukup mengecewakan. Mengincar kemenangan, La Albiceleste justru hanya bermain imbang 1-1 kontra Paraguay.

Bertanding di Mineirao Stadium, Belo Horizonte, Brasil, Kamis (20/6/2019) pagi WIB, Argentina lebih dulu tertinggal satu gol lewat sepakan keras Richard Sanchez di babak pertama. Kemudian Lionel Messi sanggup menyamakan kedudukan lewat penalti di babak kedua. 

Dengan hasil imbang tersebut, kans Argentina untuk lolos ke perempatfinal semakin menipis. Pasalnya, pasukan Lionel Scaloni itu berada di posisi buncit Grup A lantaran baru mengumpulkan satu poin dari dua laga. 

Sedangkan Paraguay berada di posisi kedua dengan koleksi dua poin. Sementara Kolombia telah memastikan lolos ke babak perempat final setelah mengantongi enam poin usai menaklukkan Qatar 1-0.

Di laga terakhir penyisihan grup B, Argentina harus mengalahkan Qatar pada Senin (24/6/2019) dini hari WIB. Sementara Paraguay akan menghadapi Kolombia.

Ekspresi Lionel Messi usai mencetak gol untuk Argentina ke gawang Paraguay di Copa America 2019. (DOUGLAS MAGNO / AFP)
Ekspresi Lionel Messi usai mencetak gol untuk Argentina ke gawang Paraguay di Copa America 2019. (DOUGLAS MAGNO / AFP)



Jalannya Pertandingan

Kedua tim sama sama mencoba membuka peluang di awal pertandingan. Meski Argentina unggul dalam penguasaaan bola namun belum ada serangan berbahaya dilakukan oleh Lionel Messi dan kawan - kawan di 15 menit pertama.

Sementara Paraguay melakukan ancaman lewat Derlis González dari sudut sempit namun masih dapat diblok di menit ke-29. Satu menit berselang sepakan dari Gustavo Gómez masih melenceng dari target.

Pada menit ke-34, peluang Argentina lewat tendangan bebas Messi yang sudah mengarah ke gawang masih dapat dengan mudah diamankan kiper Paraguay Roberto Fernández.

Paraguay akhirnya memimpin lebih dulu 1-0 di menit ke-37. Berawal dari usaha Miguel Almirón bergerak daru sayap dan melepaskan crossing sebelum disambut Richard Sánchez lewat sepakan kaki kanannya.

Sudah unggul, Paraguay masih melakukan tekanan. Pada menit ke-41, usaha Santiago Arzamendia lewat sepakan kaki kanannya masih melambung di atas gawang Argentina.

Hingga turun minum, skor masih tetap 1-0 bagi keunggulan Paraguay atas Argentina. Di babak kedua, Paraguay lebih dulu menekan lewat sundulan Júnior Alonso yang masih melenceng di samping gawang di menit ke-47.

Pada menit ke-51, Argentina balik menekan tendangan Lautaro Martinez masih membentur mistar gawang, sedangkan bola rebound yang disambut Messi masih dapat diblok kiper Roberto Fernandez.

Namun wasit mengentikan laga sementara untuk melihat tayangan ulang VAR dan hasilnya wasit menunjuk titik putih setelah Ivan Piris dinyatakan hands ball di kotak terlarang.

Lionel Messi yang menjadi eksekutor melakukan tugasnya dengan baik setelah sepakan kaki kirinya mulus masuk ke gawang Paraguay. Skor pun menjadi imbang 1-1 di menit ke-58.

Pada menit ke-62, memberikan hadiah penalti pada Paraguay. Wasit menunjuk titik putih setelah Nicolas Otamendi melakukan pelanggaran kepada Derlis Gonzalez di kotak terlarang.

Kiper Argentina, Franco Armani, sukses menghalau sepakan penalti pemain Paraguay di Copa America 2019. (LUIS ACOSTA / AFP)
Kiper Argentina, Franco Armani, sukses menghalau sepakan penalti pemain Paraguay di Copa America 2019. (LUIS ACOSTA / AFP)

 

Namun, Derlis Gonzalez yang menjadi eksekutor gagal melakukan tugasnya dengan baik setelah kiper Franco Armani memblok tendangannya. Skor tetap tak berubah 1-1.

Sementara Argentina masih mencoba membuka peluang. Pada menit ke-65, sundulan Martinez menyambut sepak pojok Giovani Lo Celso masih melambung di atas gawang Paraguay.

Peluang Messi di menit ke-76 lewat sepakannya juga masih terlalu tinggi. Sementara gawang Argentina sempat mendapat ancaman lewat tendangan bebas Matías Rojas namun bola masih dapat diblok kiper Armani.

Di saat injury time, Paraguay memiliki peluang lewat Matías Rojas namun sepakan kaki kirinya masih melenceng. Sementara peluang Argentina lewat Nicolas Tagliafico masih dapat diblok. Hingga laga usai, skor tetap 1-1 bagi kedua tim.

Susunan pemain:

Timnas Argentina: Franco Armani; Nicolas Tagliafico, Nicolas Otamendi, German Pezzella, Milton Casco; Rodrigo De Paul (Matias Suarez 87'), Leandro Paredes, Giovani Lo Celso, Roberto Pereyra (Aguero 46'); Lautaro Martinez (Di Maria 67'), Lionel Messi.

Pelatih: Lionel Scaloni

Timnas Paraguay: Roberto Fernandez; Ivan Piris, Gustavo Gomez, Junior Alonso, Santiago Arzamendia; Derlis Gonzalez (Escobar 90'), Richard Sanchez, Rodrigo Rojas, Matias Rojas; Miguel Almiron (Ortiz 86'); Federico Santander (Romero 72').

Pelatih: Eduardo Berizzo

Berita Terkait

Berita Terkini