Copa America 2019: Terlalu Perkasa, Chile Lumat Jepang 4-0

Eduardo Vargas sukses mencetak dua gol dalam kemenangan empat gol tanpa balas.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 18 Juni 2019 | 08:30 WIB
Pemain Chile, Eduardo Vargas merayakan gol keduanya ke gawang Jepang dalam laga perdana Grup C Copa America 2019. (Miguel SCHINCARIOL / AFP)

Pemain Chile, Eduardo Vargas merayakan gol keduanya ke gawang Jepang dalam laga perdana Grup C Copa America 2019. (Miguel SCHINCARIOL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Chile mengawali kiprahnya di Copa America 2019 dengan kemenangan besar atas Jepang. Pada laga tersebut, Eduardo Vargas sukses mencetak dua gol dalam kemenangan empat gol tanpa balas. 

Pada laga yang digelar di Cicero Pompeu de Toledo Stadium, Selasa (18/6/2019) pagi WIB, Erick Pulgar membuka keunggulan Chile 1-0 di babak pertama. Tiga gol lagi tercipta di babak kedua dicetal oleh Eduardo Vargas dua gol dan satu gol Alexis Sanchez.

Dengan kemenangan tersebut, Chile memimpin klasemen Grup C bersama dengan Uruguay setelah sama-sama mengumpulkan tiga poin. Sedangkan Jepang sebagai peserta undangan di turnamen ini berada di posisi buncit tanpa poin sama dengan Ekuador.

Baca Juga: Resmi Ditunjuk, Ini Sosok Manajer Baru PSS Sleman

Dalam pertandingan tersebut, Jepang lebih dulu mengambil inisiatif serangan di awal pertandingan. Ancaman pertama dilakukan oleh Takefusa Kubo lewat tendangan bebasnya dari sudut sempit namun bola masih melenceng di pojok kiri gawang Chile di menit ke-6

Tiga menit berselang, Jepang melakukan tekanan lewat Shoya Nakajima dari luar kotak penalti namun bola masih dapat diamankan kiper Chile Gabriel Arias. Kiper Chile ini juga menggagalkan peluang Naomichi Ueda di menit ke-12.

Pemain Chile, Eduardo Vargas (tengah) merayakan golnya ke gawang Jepang di laga penyisihan grup C Copa America 2019. Nelson Almeida / AFP
Pemain Chile, Eduardo Vargas (tengah) merayakan golnya ke gawang Jepang di laga penyisihan grup C Copa America 2019. Nelson Almeida / AFP

Chile pun mencoba lepas dari tekanan. Pada menit ke-14, Arturo Vidal mengancam lewat sepakan kaki kanannya setelah mencoba memanfaatkan umpan Alexis Sanchez namun masih belum tepat sasaran.

Baca Juga: Jadi Tumpuan di Lini Belakang West Ham, Bek Ini Masuk Radar Man United

Tekanan kembali dilakukan oleh Chile, dua peluang Alexis Sanchez masih belum membuahkan hasil di menit ke-35. Namun pada menit ke-41, Chile akhirnya unggul 1-0 lewat sundulan Erick Pulgar menyambut crossing Charles Aránguiz.

Sementara Jepang mencoba menyamakan kedudukan namun tembakan kaki kanan Ayase Ueda masih melenceng tipis di samping kanan gawang. Sedangkan Chile masih membuka peluang lewat sundulan Alexis Sánchez tapi bola dapat diamankan kiper Keisuke Osako.

Hingga turun minum Chile masih tetap memimpin dengan skor 1-0. Di babak kedua, Chile lebih dulu menekan lewat ancaman lewat sepakan kaki kanan Pulgar namun bola masih melambung di menit ke-48.

Baca Juga: Pos Penyerang Kosong, Cavani Disarankan Pindah ke Atletico Madrid

Kembali Pulgar mengancam lewat sundulannya yang masih berada tipis di samping kiri gawang di menit ke-50. Namun empat menit berselang Chile mampu memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 lewat tendangan Eduardo Vargas dari luar kotak penalti.

Chile masih melanjutkan tekanannya namun sundulan Guillermo Maripan masih terlalu tinggi. Jepang masih mencoba untuk bangkit namun usaha Kubo dan Ayase Ueda di menit ke-69 masih belum membuahkan hasil.

Pemain Chile Alexis Sanchez (tengah) merayakan golnya ke gawang Jepang dalam laga Grup C Copa America 2019. Nelson Almeida / AFP
Pemain Chile Alexis Sanchez (tengah) merayakan golnya ke gawang Jepang dalam laga Grup C Copa America 2019. Nelson Almeida / AFP

Tekanan makin gencar dilakukan oleh Chile ke pertahanan Jepang. Pada menit ke-82, Alexis Sánchez menjebol gawang Jepang lewat sundulannya memanfaatkan umpan Charles Aránguiz guna membuat Chile unggul 3-0.

Satu menit berselang, Eduardo Vargas mencetak gol keduanya guna membuat Chile unggil 4-0 lewat sepakan kaki kanannya dari luatr kotak penalti memanfaatkan umpan Alexis Sánchez.

Sementara Jepang masih mencoba menekan di sisa waktu pertandingan. Namun hingga wasit meniupkan peluit panjang di akhir laga skor tetap 4-0 bagi kemenangan Chile.

Susunan pemain:

Timnas Jepang: Keisuke Osako; Teruki Hara, Naomichi Ueda, Takehiro Tomiyasu, Daiki Sugiola; Yuta Nakayama, Gaku Shibasaki, Daizen Maeda (Hiroki Abe 66'), Shoya Nakajima (Koji Miyoshi 66'), Takefusa Kubo; Ayase Ueda (Shinji Okazaki 79')

Pelatih: Hajime Moriyasu

Timnas Chile: Gabriel Arias; Jean Beausejour, Guillermo Maripan, Gary Medel, Mauricio Isla; Arturo Vidal (Pablo Hernandez 78'), Erick Pulgar, Charles Araguiz; Alexis Sanchez (Junior Fernandes 87'), Eduardo Vargas, Jose Fuenzalida (Oscar Opazo (80')

Pelatih: Reinaldo Rueda

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak