Boladunia

Pria Inilah yang Paling Berjasa Bikin Pep Guardiola Jadi Sesukses Sekarang

Pep Guardiola disebut sebagai manajer tersukses di Eropa dalam kurun lima tahun belakangan.

Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi

Manajer Pep Guardiola diangkat para pemain Manchester City usai sukses mempertahankan gelar Liga Primer Inggris musim ini. [GLYN KIRK / AFP]
Manajer Pep Guardiola diangkat para pemain Manchester City usai sukses mempertahankan gelar Liga Primer Inggris musim ini. [GLYN KIRK / AFP]

Bolatimes.com - Dikenal sebagai manajer tersukses di Eropa dalam beberapa kurun waktu lima tahun belakangan, ternyata ini sosok yang paling berjasa bagi Pep Guardiola.

Tercatat, ia sudah pernah memenangkan trofi Liga Champions, La Liga Spanyol, Copa del Rey, Bundesliga Jerman, hingga kini Liga Primer Inggris. Prestasi apik itu membuat pelatih asal Spanyol itu selalu dirumorkan gabung klub top di bursa transfer.

Pep Guardiola pun memiliki sosok di balik karier kepelatihannya yang sukses. Dia adalah Txiki Begiristain yang bekerja sebagai direktur sepak bola Manchester City.

"Saya pikir Txiki adalah orang yang paling penting dalam karier saya sebagai manajer," kata Pep Guardiola di laman resmi Manchester City.

"Sekarang mungkin mudah untuk memercayai saya, tetapi sebelum saya menjadi orang dalam karier manajerial saya, dia memercayai saya. Tanpa itu saya tidak akan berada di sini, jadi saya akan selalu berhutang kepadanya," tuturnya menambahkan.

Txiki Begiristain adalah sosok yang menunjuk Pep Guardiola sebagai pelatih Barcelona pada beberapa tahun silam. Ketika itu, ia masih menjadi direktur sepak bola Blaugrana, sementara Pep adalah pelatih Barcelona B.

Karena kejeliannya dalam melihat bakat Pep Guardiola, Txiki Begiristain langsung diboyong oleh Manchester City untuk menjadi direktur sepak bola The Citizens sejak 2012.

Keputusan Manchester City dalam menggaet Txiki terbilang tepat. Kehadirannya di Kota Manchester berhasil menarik minat Pep Guardiola untuk bergabung pada Juli 2016. Dalam rentang dua tahun, kombinasi keduanya langsung mempersembahkan lima trofi, di antaranya adalah Liga Primer Inggris.

Berita Terkait

Berita Terkini