Preview Liverpool vs Tottenham Hotspur di Final Liga Champions,

Liverpool punya catatan apik selama bersua Tottenham Hotspur.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Sabtu, 01 Juni 2019 | 10:48 WIB
Ekspresi para pemain Liverpool usai menang dari Porto dan berhasil tembus ke babak semifinal Liga Champions, Kamis (18/4/2019). [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Ekspresi para pemain Liverpool usai menang dari Porto dan berhasil tembus ke babak semifinal Liga Champions, Kamis (18/4/2019). [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Bolatimes.com - Estadio Wanda Metropolitano akan jadi saksi duel seru final Liga Champions antara Liverpool kontra Tottenham Hotspur. Minggu (2/6/2019).

Berdasarkan catatan pertemuan kedua tim, Liverpool lebih unggul. Dari lima pertemuan terakhir kedua tim di Liga Inggris, Liverpool unggul dengan empat kemenangan dan satu kali tumbang.

Kemenangan tersebut termasuk dua pertemuan di Liga Inggris musim 2018/19, di mana Liverpool mengantongi poin penuh dengan kemenangan 2-1 di Wembley dan Anfield.

Baca Juga: Pelatih Persipura Akui Penyelesaian Akhir Jadi Kendala saat Hadapi PSS

Namun catatan tersebut tidak menjadi jaminan, karena tak ada yang mustahil dalam sepak bola. Seperti yang terjadi di babak semifinal, di mana kedua tim melakoni aksi comeback luar biasa.

Pemain Liverpool merayakan gol ketiga mereka selama pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Liga Champions antara Liverpool melawan Barcelona di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (8/5) dini hari WIB.  [Paul ELLIS / AFP]
Pemain Liverpool merayakan gol ketiga mereka selama pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Liga Champions antara Liverpool melawan Barcelona di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (8/5) dini hari WIB. [Paul ELLIS / AFP]

Liverpool yang menelan kekalahan telak 3-0 di leg pertama, mampu mengejutkan dunia setelah mengalahkan Barcelona 4-0 di leg kedua yang berlangsung di Anfield.

Begitu pula dengan Tottenham Hotspur. Tim besutan Mauricio Pochettino dikalahkan Ajax 0-1 di leg pertama yang digelar di Tottenham Hotspur Stadium. Akan tetapi di leg kedua yang digelar di markas Ajax, Tottenham memastikan tiket final usai memetik kemenangan 3-2.

Baca Juga: Kalahkan Persija, Bali United Sodok ke Posisi Kedua Klasemen Liga 1 2019

Selain comeback spektakuler di semifinal, kedua tim juga memiliki motivasi tinggi yang memastikan duel di Wanda Metropolitano Minggu dini hari berlangsung sengit. Sebagaimana diketahui, bagi Tottenham, final Liga Champions ini merupakan yang pertama. Kemenangan akan mengukir sejarah tidak terlupakan bagi klub asal London tersebut.

Para pemain Tottenham merayakan kemenangan mereka di akhir pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions antara Ajax Amsterdam melawan Tottenham Hotspur di Stadion Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda, Kamis (9/5) dini hari WIB. [Adrian DENNIS / AFP]
Para pemain Tottenham merayakan kemenangan mereka di akhir pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions antara Ajax Amsterdam melawan Tottenham Hotspur di Stadion Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda, Kamis (9/5) dini hari WIB. [Adrian DENNIS / AFP]

Sedangkan bagi Liverpool, trofi Liga Champions musim ini menjadi satu-satunya 'obat penenang' bagi skuat asuhan Jurgen Klopp yang musim ini nyaris menjuarai Liga Premier Inggris. Plus, di musim lalu mimpi Liverpool untuk memenangi trofi Liga Champions keenamnya dikandaskan Real Madrid.

Mengingat pentingnya pertandingan ini, kedua manajer pastinya akan memutar otak dalam menetapkan strategi di final nanti. Di kubu Tottenham, Harry Kane yang absen sejak awal April diragukan tampil. Meski bomber tim nasional Inggris itu ikut ke Madrid, namun kondisi kebugarannya masih menjadi perhatian Pochettino.

Baca Juga: Valentino Rossi Jagokan Klub Ini Jadi Juara Liga Champions

Sejumlah pemain juga diragukan bisa bermain di partai bersejarah ini. Diantaranya Jan Vertonghen, Harry Winks, Davinson Sanchez, Victor Wanyama.

Striker Tottenham Hotspur Harry Kane sudah ikut mengambil bagian di sesi latihan bersama timnya menjelang menghadapi Liverpool di final Liga Champions. Daniel LEAL-OLIVAS / AFP
Striker Tottenham Hotspur Harry Kane sudah ikut mengambil bagian di sesi latihan bersama timnya menjelang menghadapi Liverpool di final Liga Champions. Daniel LEAL-OLIVAS / AFP

Dengan formasi 4-3-1-2, tugas berat menanti barisan belakang Tottenham untuk menghalau trisula maut Liverpool. Begitu pula dengan barisan depan yang dituntut untuk meruntuhkan kokohnya pertahanan Liverpool yang dimotori Virgil van Dijk.

Di kubu Liverpool, Naby Keita dipastikan menepi akibat cedera. Sedangkan peran Roberto Firmino, yang kabarnya belum fit 100 persen, diragukan.

Baca Juga: Begini Ekspresi Maurizio Sarri Saat Dapat Medali Juara Liga Europa

Absennya Keita dan peran Firmino yang diragukan, tidak berarti barisan belakang Tottenham bisa bernapas lega. Karena Liverpool masih memiliki pemain pengganti yang sama tajam, yang bisa mengisi posisi Keita dan Firmino.

Ditambah kepiawaian sang juru taktik asal Jerman yang mampu membuat keajaiban di leg kedua babak semifinal yang digelar di Anfield saat menyingkirkan Barcelona tanpa kehadiran Mohamed Salah dan Firmino.

Trisula maut Liverpool, Roberto Firmino (kiri), Mohamed Salah dan Sadio Mane. [Oli SCARFF / AFP]
Trisula maut Liverpool, Roberto Firmino (kiri), Mohamed Salah dan Sadio Mane. [Oli SCARFF / AFP]

Perkiraan Susunan Pemain partai final Liga Champions 2018/19 antara Tottenham Hotspur versus Liverpool.

Tottenham Hotspur (4-3-1-2): Lloris; Trippier, Vertonghen, Alderweireld, Rose; Eriksen, Wanyama, Sissoko; Alli; Son, Kane.
Pelatih: Mauricio Pochettino.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Van Dijk, Matip, Robertson; Wijnaldum, Fabinho, Henderson; Salah, Firmino, Mane.
Pelatih: Jurgen Klopp.

Statistik

Lima pertemuan terakhir kedua tim di Liga Inggris

31-03-2019 Liverpool 2-1 Tottenham
15-09-2018 Tottenham 1-2 Liverpool
04-02-2018 Liverpool 2-2 Tottenham
22-10-2017 Tottenham 4-1 Liverpool
12-02-2017 Liverpool 2-0 Tottenham

Lima pertandingan terakhir Tottenham Hotspur

27-04-2019 Tottenham 0-1 West Ham (EPL)
01-05-2019 Tottenham 0-1 Ajax (UCL)
04-05-2019 Bournemouth 1-0 Tottenham (EPL)
09-05-2019 Ajax 2-3 Tottenham (UCL)
12-05-2019 Tottenham 2-2 Everton (EPL)

Lima pertandingan terakhir Liverpool

27-04-2019 Liverpool 5-0 Huddersfield (EPL)
02-05-2019 Barcelona 3-0 Liverpool (UCL)
05-05-2019 Newcastle 2-3 Liverpool (EPL)
08-05-2019 Liverpool 4-0 Barcelona (UCL)
12-05-2019 Liverpool 2-0 Wolverhampton (EPL)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak