5 Hal Tersembunyi Sosok Wasit Final Liga Champions Damir Skomina

Wasit yang satu ini selain tegas jadi sosok yang menakutkan baik untuk Liverpool maupun Tottenham Hotspur.

Kamis, 16 Mei 2019 | 17:15 WIB
Wasit Damir Skomina ditunjuk untuk memimpin laga final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham  Hotspur 2 Juni mendatang. [EMMANUEL DUNAND / AFP]

Wasit Damir Skomina ditunjuk untuk memimpin laga final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham Hotspur 2 Juni mendatang. [EMMANUEL DUNAND / AFP]

Bolatimes.com - Damir Skomina didapuk sebagai wasit yang akan memimpin laga final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham Hotspur. Penunjukan Skomina oleh Komite Wasit UEFA justru jadi ancaman bagi kedua tim finalis, kenapa? berikut fakta tentang sosok Damir Skomina.

1. Menjadi wasit saat usia 16 tahun

Skomina memulai karier wasitnya sejak usia 16 tahun. Dirinya juga jarang meloloskan insiden pelanggaran yang terjadi dilapangan. Dirinya resmi menjadi wasit FIFA pada 2002 dan menjadi wasit UEFA pada 2009.

Baca Juga: Dendam Tiga Tahun Silam Diduga Jadi Pemicu Kerusuhan di Laga PSS vs Arema

Pemain PSG memprotes keputusan Wasit, Damir Skomina (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)
Pemain PSG memprotes keputusan Wasit, Damir Skomina (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)

2. Pertama kali pimpin final Liga Champions

Skomina memiliki riwayat memimpin lima kali pertandingan Liga Champions yang bergulir pada musim ini. Pertandingan terakhirnya adalah saat Manchester United mengalahkan PSG 3-1 di Paris pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Namun ia diketahui baru kali ini memimpin pertandingan final Liga Champions. Sebelumnya ia juga pernah memimpin partai final di Liga Europa 2017 dan Piala Super UEFA 2012.

Wasit UEFA, Damir Skomina bakal memimpin fina Liga Champions. (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)
Wasit UEFA, Damir Skomina bakal memimpin fina Liga Champions. (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)

3. Dikenal tegas

Baca Juga: Faktor Ini yang Bikin Arema FC Takluk dari Tim Debutan PSS Sleman

Pria asal Slovenia itu dikenal tegas. Selain itu dirinya juga jarang memberi toleransi kepada pemain dan official klub mempertanyakan keputusannya. Pelatih Austria, Josef Hickersberg sempat menjadi korban dari ketegasan Skomina.

Wasit Damir Skomina, menolak protes yang dilemparkan pemain PSG, Marco Verrati. (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)
Wasit Damir Skomina, menolak protes yang dilemparkan pemain PSG, Marco Verrati. (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)

4. Ancaman bagi Liverpool dan Tottenham

Sejak memimpin laga di pertandingan Liga Eropa, Liverpool dan Tottenham selalu kesulitan saat dipimpin ayah dua anak itu. Skomina sudah tiga kali memimpin pertandingan Tottenham dan Liverpool lima kali. The Reds mengalami empat kekalahan saat dipimpinnya pada 2009/2010 lalu.

Baca Juga: Akhiri Puasa Gelar Hampir Seabad, Lazio Rebut Coppa Italia 2018/2019

Sedangkan Tottenham tak pernah sekalipun menang saat menghadapi laga yang dipimpin oleh Skomania.

Bek Manchester United Victor Lindelof bersaing dengan bek Tottenham Hotspur Kieran Trippier selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Tottenham Hotspur melawan Manchester United di Stadion Wembley, London,Inggris, Minggu (13/1). [AFP/Ian Kington]
Bek Manchester United Victor Lindelof bersaing dengan bek Tottenham Hotspur Kieran Trippier selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Tottenham Hotspur melawan Manchester United di Stadion Wembley, London,Inggris, Minggu (13/1). [AFP/Ian Kington]

5. Memiliki bisnis travel wisata dan agen properti

Dilansir dari Goal.com dalam keseharian Skomina ternyata juga mahir berbisnis. Ia menjalankan bisnis perjalanan wisata dan juga agen bisnis properti, real estate.

Baca Juga: Ratu Tisha: PSSI Bakal Tindak Tegas Kericuhan di Laga PSS vs Arema FC

Wasit asal Slovenia, Damir Skomina memperhatikan VAR (Martin BUREAU / AFP)
Wasit asal Slovenia, Damir Skomina memperhatikan VAR (Martin BUREAU / AFP)

 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak