Boladunia

Bawa Spurs ke Final UCL, Lucas Moura Samai Rekor Empat Striker Top Dunia

Prestasi yang dibukukan Lucas Moura bahkan belum pernah dicapai oleh seorang Lionel Messi.

Rauhanda Riyantama

Lucas Moura usai menjadi pahlawan kemenangan Tottenham atas Ajax. (Dok. UEFA)
Lucas Moura usai menjadi pahlawan kemenangan Tottenham atas Ajax. (Dok. UEFA)

Bolatimes.com - Lucas Moura sukses menjadi perbincangan publik pecinta sepak bola dunia. Pemain yang biasanya hanya duduk di bangku cadangan, menjadi buah bibir setelah keluar sebagai pahlawan kemenangan Tottenham Hotspur di Johan Cruijff Arena, Kamis (9/5/2019).

Dalam pertandingan itu, Tottenham tertinggal dua gol lebih dulu di babak pertama. Namun di babak kedua keadaan berbalik setelah Lucas Moura mencetak tiga gol di menit 55, 59 dan 90+6.

Tiga gol yang dilesakkan Moura ke gawang Ajax sangat berarti bagi tim besutan Mauricio Pochettino. Karena kalah 1-0 di leg pertama yang digelar di Tottenham Hotspur Stadium pekan lalu, skor 2-3 di leg kedua mengantar Spurs ke partai final Liga Champions untuk pertama kalinya.

Namun, ternyata bukan hanya Moura yang pernah membukukan hattrick di babak semifinal Liga Champions. Tercatat, ada empat pemain yang pernah membukukan tiga gol di semifinal.

Empat pemain tersebut adalah Alessandro Del Piero, Ivica Olic, Robert Lewandowski dan Cristiano Ronaldo.

1. Alessandro Del Piero, Juventus 4-1 Monaco, 1 April 1998.

Pemain legendari Juventus Alessandro Del Piero [AFP]
Pemain legendari Juventus Alessandro Del Piero [AFP]

 

Pemain terhebat Juventus sepanjang masa Alessandro Del Piero menjadi bintang di Turin setelah tiga golnya ke gawang AS Monaco membuka jalan bagi Si Nyonya Tua untuk tampil di partai final Liga Champions ketiga secara beruntun.

Del Piero mencetak gol pertamanya di leg pertama itu lewat tendangan bebas. Sedangkan dua gol lainnya ke gawang Monaco yang dikawal Fabian Barthez dicetak lewat titik penalti. Gol pengunci kemenangan Juventus dalam pertandingan tersebut dicetak oleh Zinedine Zidane.

Unggul 4-1 di leg pertama, Juventus dipaksa menyerah di leg kedua yang dimenangkan oleh Monaco 3-2. Meski demikian, Juventus yang unggul aggregat 6-4 tetap melaju ke final.

2. Ivica Olic, Lyon 0-3 Bayer Munchen, 27 April 2010.

Pemain asal Kroasia Ivica Olic saat memperkuat Bayern Munich [AFP]
Pemain asal Kroasia Ivica Olic saat memperkuat Bayern Munich [AFP]

 

Partai semifinal leg kedua Liga Champions musim 2009/10 menjadi pertandingan yang paling berkesan bagi pemain asal Kroasia, Ivica Olic. Menghadapi Lyon, Olic menjadi kunci keberhasilan Bayern melaju ke final.

Bayern datang ke markas Lyon dengan keunggulan agregat 1-0. Di Stade de Gerland, Bayern tampil mendominasi dan tidak memberi ruang bagi tim tuan rumah untuk bergerak.

Olic mencetak hattrick dalam pertandingan tersebut. Hattrick yang dinilai banyak orang saat itu sangat sempurna. Gol pertama dicetak Olic dengan sepakan kaki kanan, dan gol kedua dilesakkan dengan kaki kirinya.

Sedangkan gol pengunci kemenangan Bayern, dibukukan Olic lewat tandukkan keras.

3. Robert Lewandowski, Borussia Dortmund 4-1 Real Madrid, 24 April 2013.

Pemain asal Polandia Robert Lewandowski [AFP]
Pemain asal Polandia Robert Lewandowski [AFP]

 

Duel dua raksasa terjadi di semifinal Liga Champions musim 2012/13. Borussia Dortmund menjajal kekuatan Real Madrid di leg pertama.

Dalam laga itu, Madrid yang saat itu dilatih Jose Mourinho dibantai dengan empat gol berbalas satu. Empat gol Dortmund yang saat itu dilatih oleh manajer Liverpool saat ini, Jurgen Klopp, diborong oleh Robert Lewandowski.

4. Cristiano Ronaldo, Real Madrid 3-0 Atletico Madrid, 2 Mei 2017.

Eks pelatih Real Madrid yang kini menangani Manchester United, Jose Mourinho (kanan) dan Cristiano Ronaldo (AFP/JAVIER SORIANO)
Eks pelatih Real Madrid yang kini menangani Manchester United, Jose Mourinho (kanan) dan Cristiano Ronaldo (AFP/JAVIER SORIANO)

 

Aksi Cristiano Ronaldo di leg pertama babak semifinal Liga Champions musim 2016/17 menjadi salah satu pertandingan di kompetisi kasta tertinggi Eropa yang tidak terlupakan.

Dalam laga bertajuk derby Madrid itu, Ronaldo memborong tiga gol kemenangan Los Blancos di leg pertama. Tiga gol tersebut masing-masing dicetak CR7 di menit ke-10, 73 dan 86.

Meski di leg kedua Madrid tumbang 2-1, tim besutan Zinedine Zidane lolos ke final dengan agregat 4-2. Di partai puncak, Madrid membantai Juventus 4-1. Dua di antaranya dicetak oleh Ronaldo.

Berita Terkait

Berita Terkini