Ronaldo Jadi Starter, Inikah Akhir Petualangan Ajax di Liga Champions?

Jelang laga lawan Ajax Amsterdam, Cristiano Ronaldo dikonfirmasi bakal turun.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Rabu, 10 April 2019 | 21:15 WIB
Ilustrasi Ajax vs Juventus (suara.com)

Ilustrasi Ajax vs Juventus (suara.com)

Bolatimes.com - Ajax Amsterdam bakal menantang raksasa Italia, Juventus pada laga leg pertama babak perempatfinal Liga Champions 2018/2019 di Johan Cruijff Arena, Kamis (11/4/2019) dini hari WIB. Cristiano Ronaldo disebut masuk daftar starter hadapi wakil Belanda tersebut. 

So, inikah akhir fairytale Ajax, yang telah meniti jalan panjang hingga mencapai babak delapan besar ini? Terlebih lawan yang akan dihadapi di fase ini adalah Juventus, tim sarat pengalaman dalam kompetisi paling elite Benua Biru dan amat tangguh dalam beberapa musim terakhir.

Well nanti dulu, Juventus akan salah besar jika memandang sebelah mata Ajax. De Godenzonen --julukan Ajax-- sukses menyingkirkan juara Liga Champions dalam tiga edisi terakhir, yakni Real Madrid di babak 16 besar musim ini, dengan kemenangan sensasional 4-1 di Santiago Bernabeu menjadi highlight-nya.

Baca Juga: Unggah Liburan ke Bali, Andik Vermansah Dikomentari Eks Pemain La Liga

Di babak fase grup, yakni di Grup E, Ajax juga sukses dua kali menahan imbang raksasa Jerman Bayern Munich dan akhirnya lolos ke fase gugur dengan status runner-up grup.

Di kompetisi domestik, Ajax juga tengah memimpin klasemen sementara Eredivisie 2018/2019 dengan lima matchweek tersisa. Ajax sejauh ini bahkan telah sukses mengemas 100 gol dari 29 pertandingan Liga Belanda musim ini.

Selain itu, Ajax juga punya kartu AS yang tentu bakal sangat diwaspadai kubu Juventus pada laga dini hari nanti. Kartu AS tersebut adalah attacker Dusan Tadic, yang telah mengemas enam gol di Liga Champions musim ini.

Baca Juga: Syahrini vs Luna Maya Panaskan Laga Manchester United Kontra Barcelona

Bintang Ajax Amsterdam, Dusan Tadic. [laman resmi Ajax]
Bintang Ajax Amsterdam, Dusan Tadic. [laman resmi Ajax]

Tadic kini tengah berada di posisi kedua daftar top skor Liga Champions 2018/2019. Jumlah gol forward asal Serbia itu hanya kalah dari Lionel Messi (Barcelona) dan Robert Lewandowski (Bayern Munich), yang sama-sama telah mencetak delapan gol dan memimpin daftar top skor.

Namun demikian, ujian yang akan dihadapi Ajax dini hari nanti memang akan sangat berat. Juventus sangat superior di kompetisi domestik mereka musim ini, dan seperti biasa, Bianconeri --julukan Juventus-- juga tampil oke di Liga Champions.

Di babak fase grup, Juventus lolos ke fase gugur setelah memenangi persaingan juara Grup H dengan Manchester United.

Baca Juga: Ini 5 Fakta Tak Terbantahkan Usai Liverpool Bantai Porto di Liga Champions

Sementara di babak 16 besar lalu, sempat kalah 0-2 saat bertandang ke markas Atletico Madrid pada leg pertama, Bianconeri melakoni comeback fenomenal pada leg kedua dengan menang 3-0 di Allianz Stadium.

Cristiano Ronaldo memborong ketiga gol Juventus pada laga tersebut, dan kabar buruk untuk Ajax, CR7 --julukan Ronaldo-- siap comeback dini hari nanti setelah absen di beberapa laga terakhir Bianconeri karena cedera hamstring.

Kembalinya Ronaldo ini sudah dikonfirmasi pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, sebagaimana sang allenatore juga memastikan kalau penyerang berusia 34 tahun itu akan jadi starter pada laga dini hari nanti. Hal ini disampaikan Allegri pada konferensi pers jelang partai ini.

Baca Juga: Jelang Hadapi Ceres Negros, Persija Didenda 12 Ribu Dollar Gara-gara Ini

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo rayakan golnya ke gawang Atletico Madrid  di leg kedua babak 16 besar Liga Champions [AFP]
Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo. [AFP]

Sebagai informasi, meski sempat beberapa kali dibelit cedera pada musim ini, Ronaldo tetap mampu membukukan 24 gol plus 12 assist untuk Juventus dari 36 laga yang telah dijalaninya di semua kompetisi.

Torehan tersebut jelas fenomenal, mengingat usia sang megabintang kini sudah tak muda lagi.

Team News

Dari kubu Juventus, centre-back andalan, Giorgio Chiellini masih akan absen karena cedera betis. Gelandang serbabisa Emre Can juga belum bisa tampil karena cedera engkel.

Di sisi lain, Ajax bisa tampil dengan kekuatan penuh, sebagaimana seluruh pemain berada dalam kondisi fit tanpa cedera. Praktis hanya full-back Noussair Mazraoui yang akan absen lawan Juventus karena suspensi kartu.

Prakiraan Susunan Pemain

Ajax Amsterdam XI: Onana; Veltman, De Ligt, Blind, Tagliafico; Van de Beek, Schone, De Jong; Ziyech, Tadic, Neres.

Pelatih: Erik ten Hag (Belanda)

Juventus XI: Szczesny; De Sciglio, Bonucci, Rugani, Alex Sandro; Betancur, Pjanic, Matuidi; Bernardeschi; Mandzukic, Ronaldo.

Pelatih: Massimiliano Allegri (Italia)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak