Boladunia

Gaji Loris Karius Ditunggak Empat Bulan, Besiktas Terancam Sanksi FIFA

Besiktas menunggak gaji sang pemain selama empat bulan senilai lebih dari satu juta euro atau sekitar Rp 16 miliar.

Rauhanda Riyantama

Kiper Besiktas, Loris Karius. (twitter/besiktas)
Kiper Besiktas, Loris Karius. (twitter/besiktas)

Bolatimes.com - Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Begitulah kira-kira ungkapan yang pas untuk menggambarkan kondisi penjaga gawang Liverpool yang kini dipinjamkan ke Besiktas, Loris Karius.

Bagaimana tidak, alih-alih tampil apik di klub Turki tersebut, Loris Karius justru makin melempem. Alhasil, Besiktas menunggak gaji sang pemain selama empat bulan senilai lebih dari satu juta euro atau sekitar Rp 16 miliar.

Menurut statistik, sejak datang ke Besiktas, kiper 25 tahun itu telah kebobolan 37 kali dari 26 laga di semua kompetisi. Jadi jika dihitung-hitung, Karius kebobolan 1,4 gol per laga. Nahasnya, ia baru mengemas lima kali clean sheet.

Kasus terbaru, kiper asal Jerman itu melakukan blunder saat Kara Kartallar - julukan Besiktas - menjamu Konyaspor dalam laga lanjutan Liga Super Turki pekan lalu. Karius diketahui gagal membendung bola hasil sepakan lawan yang konon sangat tak berbahaya, dan gol tercipta.

Melihat ulah Karius, pelatih Besiktas, Senol Gunes pun dibuat gemas. Gunes mengklaim bahwa ada sesuatu yang tak beres dalam diri Karius. Padahal, secara kualitas Karius merupakan kiper muda yang memiliki bakat luar biasa.

''Entah semangat, motivasi, atau fokusnya saat bermain bersama kami. Sejak awal ia seperti tidak menyatu dengan tim kami. Saya sendiri bingung dengan kondisi Karius, mungkin juga karena faktor ketidakberuntungan,'' ungkap pelatih 66 tahun itu, seperti dikutip dari Mirror Football.

Di sisi lain, akibat penunggakan gaji tersebut, Loris Karius dilaporkan telah mengadukan kasusnya ini ke Asosiasi Federasi Sepak Bola Dunia alias FIFA. Laporan tersebut resmi ia layangkan pada 20 Februari lalu.

Karius menuntut agar klub asal Kota Istanbul itu melunasi gajinya dalam waktu 10 hari. Namun hingga kini belum ada kejelasan dari pihak klub.

FIFA yang diberi laporan pun siap menjatuhkan hukuman lantaran mengabaikan kesejahteraan pemain. Jika masalah tersebut tak segera terselesaikan, maka Besiktas teracam sanksi berupa pengurangan poin atau diskualifikasi dari Liga Europa.

Akibat masalah ini, situasi Karius di Besiktas pun makin teracam. Sejumlah media menyebut jika kesepakatan antara Liverpool dan Besiktas terkait transfer sang pemain bisa batal.

Sebagai informasi, Besiktas memiliki opsi mempermanenkan mantan pemain Mainz 05 itu dengan mahar senilai 8,4 juta euro jika tampil mengesankan selama masa peminjaman.

Berita Terkait

Berita Terkini